fbpx

Moms, pasti banyak banget menerima informasi seputar menyusui dan terutama memompa ASI? Tidak perlu bingung sepanjang tetap mengingat prinsip ASI yaitu semakin banyak demand, maka supply juga akan meningkat. Nah, ini sebabnya memompa perlu dijadikan bagian dari rutinitas menyusui supaya tubuh tetap rajin menerima sinyal kebutuhan ASI setiap saat. 

Baik ibu bekerja maupun yang menyusui secara eksklusif, memompa ASI bisa lebih efektif menguras secara sempurna dan menjadi penyubur ASI alami karena stimulasi rutin. Yuk semua moms, cek dulu tips memompa berikut untuk meningkatkan produksi ASI berikut :

Selain mempersiapkan alat pompa, moms juga idealnya mempersiapkan payudara. Gunakan kompres hangat dengan handuk kecil dan letakkan di atas masing- masing payudara. Suhu hangat dipercaya bisa memperlancar aliran ASI dan meningkatkan kenyamanan sebelum memompa. 

2. Tingkatkan frekuensi memompa

Salah satu cara penyubur ASI melalui memompa adalah meningkatkan frekuensi memompa. Coba teknik memompa setiap jeda 5 menit untuk stimulasi berulang dimana ASI terkuras habis dan tubuh segera memproduksi lagi suplai ASI yang baru. 

Teknik memompa ini mungkin kurang ideal untuk ibu bekerja, tetapi tetap bisa dilakukan saat malam hari atau pada akhir pekan. Ulangi terus hingga merasakan hasil ASI yang lebih banyak. 

Selain itu, moms juga bisa mencoba menambahkan 1 sesi ekstra memompa sewaktu ada waktu luang, jadi frekuensi memompa yang biasanya 3 kali menjadi 4-5 kali dalam sehari. Pilih waktu di pagi hari sebelum bayi bangun atau sewaktu malam hari, pastikan banyak minum untuk menjaga hidrasi tubuh yah moms.

Selain frekuensi memompa, perhatikan juga durasi memompa yaitu sekitar 10-15 menit untuk setiap sisi payudara. Jika aliran ASI melambat atau berhenti, maka saatnya untuk mengganti ke payudara lainnya. 

Setelah selesai menyusui, sering payudara masih menyimpan ASI. Moms boleh mencoba memompa supaya ASI keluar lebih maksimal. Targetnya adalah mengosongkan payudara, sehingga tubuh menerima sinyal untuk memproduksi lebih banyak. Perlahan tapi pasti, tips ini pasti akan meningkatkan produksi ASI. 

Teknik hand express atau memijat payudara untuk menguras ASI akan sangat efektif jika dilakukan bersamaan atau setelah memompa ASI. Setelah payudara terasa kering setelah memompa, lanjutkan hand express untuk menstimulasi ASI. 

Untuk hasil pompa yang terbaik, moms boleh mencoba menggunakan double breast pump. Ada pula handsfree bra yang bisa membantu proses memompa yang lebih nyaman. Tips ini juga bisa dikombinasi dengan teknik memompa setiap 5 menit untuk menjaga stok ASI di freezer sambil meningkatkan produksi ASI. 

7. Gunakan alat pompa dengan benar

Penting untuk memastikan kondisi alat pompa ASI yang digunakan. Beberapa jenis dan fitur hisapan pompa ASi bisa mempengaruhi produksi ASI, terutama kecepatan dan kekuatan motor pada alat pompa ASI. Selain memastikan kualitas mesin pompa, ingat juga beberapa hal berikut : 

  • Menjaga kebersihan alat pompa
  • Mengganti bagian yang rusak
  • Menguasai pemakaian pompa secara maksimal.

Kukis Almond Oat dari Mamabear terbuat dari superfood yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI. Cemilan segala usia ini tidak hanya memperlancar ASI tetapi juga memperkaya kualitasnya. Selain itu, tersedia juga Teh Pelancar ASI, produk penyubur ASI favorit dari Mamabear yang terbuat dari 100% bahan alami pilihan. Semua produk Mamabear sudah terbukti membantu produksi ASI untuk ibu menyusui. 

9. Jaga asupan gizi

Yang namanya produksi ASI tetap tidak bisa dipisahkan dari kualitas gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Prioritaskan diet yang cukup kalori serta tetap menjaga asupan cairan tubuh. Ibu menyusui butuh sekitar 13 gelas air setiap harinya dan juga tambahan hingga 450-500 kalori per hari. Pilih makanan yang kaya vitamin dan nutrisi esensial. 

Bawa foto bayi saat harus memompa di kantor atau tetap dekat dengan bayi saat memompa di rumah. Hormon ASI akan secara otomatis terpicu untuk memproduksi ASI jika ada inspirasi berupa wajah bayi kesayangan. 

Siap untuk memompa untuk hasil produksi ASI terbaik? Tetap semangat dan jangan lupa cek juga artikel menarik lainnya dari Mamabear!

Source: 

https://www.mother.ly/child/10-ways-pumping-moms-can-increase-their-milk-supply

https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-milk-supply-when-pumping#confidence

https://www.verywellfamily.com/pumping-and-increasing-the-supply-of-breast-milk-431851

Chat with us via Whatsapp