fbpx

Mam, sejak kecil anak-anak sangat suka dengan aktivitas bermain karena bagi anak-anak bermain adalah dunianya. Aktivitas bermain anak bisa dilakukan di mana dan kapan saja yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya baik secara fisik maupun psikis. 

Manfaat Aktivitas bersama Anak

Dengan aktivitas fisik, anak-anak akan terbiasa dalam menggerakkan dan meregangkan tubuhnya sehingga fleksibilitas mereka akan meningkat. Hal itu akan membuat anak-anak dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa hambatan rasa sakit pada otot dan persendiannya.

Sementara, aktivitas psikis akan membuat anak-anak akan secara aktif mengekspresikan minat dan kemampuannya melalui permainan yang dimainkannya. Bermain akan membuat kemampuan motorik, kognitif, afektif, dan imajinasinya semakin terasah dengan baik sehingga nantinya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang aktif dan kreatif. Selain itu, rasa percaya diri juga akan terbentuk dari dalam diri anak.

Aktivitas anak bisa dilakukan bersama siapapun termasuk bersama Mama dan Papa. Justru, jika Mama dan Papa mendampingi anak dalam beraktivitas, tentunya akan membuat banyak kenangan indah yang tersimpan dalam ingatan anak. Di samping itu, melalui aktivitas yang dikerjakan bersama anak, Mama dan Papa dapat mengajarkan ilmu-ilmu baru kepada mereka.

Melakukan aktivitas bersama anak bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Apalagi, quality time dengan anak tidak harus dengan mengajaknya ke tempat rekreasi yang mahal, loh. Mama dan Papa bisa menghabiskan waktu bersama anak  di rumah saja dengan melakukan ide aktivitas bersama anak. Quality time bersama Si Kecil tidak hanya akan membuat suasana hatinya menjadi bahagia, tetapi juga memperkuat bonding anak dengan orang tua. Banyak loh, ide aktivitas bersama anak yang bisa Mama dan Papa lakukan di rumah. Apa saja sih ide aktivitas bersama anak?

12 Ide Aktivitas Bersama Anak yang Bisa Dilakukan di Rumah

  1. Berolahraga Bersama

Melakukan ide aktivitas bersama anak pasti sangat menyenangkan. Mama dan Papa bisa mengajak Si Kecil untuk berolahraga bersama. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan pagi di sekitar rumah atau berenang bersama. Ini dapat membuat tubuh anak menjadi lebih segar dan bugar.

  1. Bermain Open Ended Toys

Open ended toys adalah permainan yang dapat dimainkan dalam berbagai cara dengan menghadirkan ruang kreasi yang bisa membantu anak mengeksplorasi berbagai hal guna mendorong kreativitas dan imajinasi tanpa batas.

Salah satu permainan open ended toys yang pasti akan selalu menjadi pilihan orang tua ketika mengajak anaknya bermain adalah permainan menyusun balok. Selain, karena seru, permainan menyusun balok dapat melatih kemampuan motorik dan koordinasi mata dan tangan anak-anak berkembang dengan baik.

  1. Menonton Film

Ide aktivitas bersama anak ini dapat dilakukan ketika malam hari setelah melakukan berbagai aktivitas seharian. Menonton film dapat dijadikan sebagai hiburan untuk Si Kecil.

Melansir dari Halodoc, menonton film adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk meningkatkan wawasan anak terhadap banyak hal. Pilihan film yang bisa ditonton pun beragam. Mulai dari film kartun animasi yang mengajarkan nilai moral, film bernuansa petualangan, atau film pengetahuan tentang alam.

  1. Memasak Bersama

Mengajak anak beraktivitas di dapur akan membuatnya merasa senang. Mama bisa meminta bantuan Si Kecil untuk melakukan hal-hal yang mudah, contohnya ketika mengajaknya membuat cupcakes, Mama bisa memintanya untuk menuangkan bahan, mengaduk, dan menghias cupcakes tersebut.

Tidak lupa Mama juga harus tetap mengawasi anak-anak untuk tidak mendekati zona berbahaya saat berada di dapur.

  1. Berkebun

Untuk Mama atau Papa yang suka berkebun, mengajak Si Kecil ikut serta pasti akan memberikan pengalaman baru untuknya. Mama dan Papa bisa menyiapkan peralatan berkebun dengan ukuran mini untuk Si Kecil lalu mengajaknya untuk ke halaman rumah.

Mama dan Papa bisa mengajarinya untuk menggali tanah, menanam benih, dan menyiram tanaman. Alternatif lain jika tidak memiliki halaman rumah, maka bisa mengajari Si Kecil menanam di pot.

  1. Bermain Puzzle

Dilansir dari Verywell Family, salah satu ide aktivitas bersama anak yang dapat melatih keterampilan motorik dan membuatnya berpikir logis dan kritis adalah dengan mengajaknya bermain puzzle. Anak-anak yang bermain puzzle memiliki keterampilan spasial yang lebih baik.

  1. Menggambar dan Mewarnai

Dilansir dari Alodokter, mengajari anak untuk berkreasi lewat seni akan mengusir kejenuhan anak. Ide aktivitas bersama anak ini dapat Mama dan Papa coba di rumah karena selain dapat mengobati rasa bosan, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, melatih motorik halusnya dan membuatnya bahagia.

  1. Membaca Buku

Melalui kegiatan membaca buku yang dilakukan bersama, Mama dan Papa bisa mulai memperkenalkan berbagai buku bacaan dan cara membaca kepada anak. 

Jika anak masih belum bisa membaca, Mama dan Papa bisa membacakan buku untuknya. Cara ini bisa membantu memori anak untuk menangkap dan menyerap informasi dari buku tersebut. Selain itu, imajinasi anak akan terlatih untuk bereksplorasi dan membantu kemampuan berpikirnya.

  1. Membuat Kolase

Ide aktivitas bersama anak yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membuat kolase. Saat membuat kolase, secara tidak langsung akan mengajarkan anak untuk berpikir kreatif dalam membuat kreasi kolase yang bagus. Mama dan Papa bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, lalu memberikan contoh di awal cara berkreasi membuat kolase. Kemudian anak bisa membuat kreasi kolasenya sendiri.

  1. Latihan Menulis

Ketika pertama kali mengajari anak menulis, Mama perlu menyiapkan alat tulis dan kertas, kemudian ajari anak cara memegang pensil dengan benar. 

Setelah itu, mulailah tuntun anak untuk menulis di atas kertas. Mama bisa mencontohkan terlebih dahulu, misalkan cara membuat garis lurus kemudian mintalah anak untuk menuliskan seperti apa yang Mama ajarkan. Sebagai langkah awal, belajar tracing atau membuat garis lurus, vertikal, horizontal, diagonal, serta mengikuti garis putus-putus baik untuk stimulasi awal belajar menulis. Hal ini akan membantu memudahkan anak ketika akan belajar menulis karakter huruf dan angka nantinya.

  1. Bermain Playdough

Playdough sangat bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi anak dan melatih otot tangan anak melalui kegiatan memilin, menggulung, dan meremas sehingga kemampuan motorik halusnya akan berkembang dengan baik. Apabila kemampuan motorik halusnya berkembang dengan baik, maka hal itu akan berguna ketika anak mulai belajar menulis, memegang pensil, dan membentuk huruf.

  1. Melakukan Yoga dan Meditasi

Ide aktivitas bersama anak ini dapat membantu untuk mengatasi tekanan yang dialami anak sehari-hari. Maka dari itu, memperkenalkan yoga dan meditasi akan sangat berguna bagi anak karena dapat membangun konsentrasi, meningkatkan fleksibilitas, dan menjaga koordinasi serta keseimbangan. 

Dengan melakukan yoga atau meditasi, juga akan mendukung anak dalam pengelolaan emosi dan stres dengan baik.

Ma, Pa, itulah 12 ide aktivitas bersama anak yang dapat Mama dan Papa lakukan dengan Si Kecil di rumah. 12 ide aktivitas bersama anak tersebut bisa menjadi alternatif kegiatan untuk mengedukasi Si Kecil sambil bermain. Pastinya akan sangat menyenangkan, ya. Selamat bersenang-senang bersama Si Kecil ya, Ma, Pa!

Writer: Fernika Windi

Editor: Mega Pratidina

Source:

Fun Puzzles for Preschoolers (verywellfamily.com)

101 Absolutely Free Activities for Kids (verywellfamily.com)

23 Ide Aktivitas Seru Agar Si Kecil Tak Bosan Selama #diRumahSaja (parenting.co.id)

115 fun activities to do at home with kids | North Shore Mums (northshoremums.com.au)

15 Aktivitas Murah, Meriah, dan Menyenangkan Bersama Anak (ibupedia.com)

Tips agar Anak Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi COVID-19 (alodokter.com)

4 Kegiatan Sederhana yang Bisa Dilakukan bersama Keluarga (halodoc.com)

10+ Daftar Aktivitas Anak di Rumah Yang Menyenangkan | Cussons Kids

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.