fbpx

Bagi para ibu hamil, menunggu hari kelahiran sang buah hati adalah saat-saat yang mendebarkan sekaligus menegangkan. Terlebih ketika telah muncul tanda-tanda seperti kontraksi saat mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir).

Sepenting apakah kontraksi jelang persalinan?

Ternyata kontraksi merupakan salah satu hal penting dalam persalinan.  Setiap perut Mama berkontraksi, maka otot-otot rahim akan meregang dan melebar sehingga memberi jalan keluar untuk bayi.

Namun, terkadang banyak ibu hamil yang mulai khawatir ketika tanda kontraksi tak juga muncul saat hari perkiraan lahir mulai dekat. Inilah mengapa diperlukan cara memancing kontraksi ketika belum ada tanda-tanda kontraksi yang muncul jelang HPL. Apa saja cara memancing kontraksi kehamilan? 

4 Cara Memancing Kontraksi Agar Bayi Cepat Lahir

  1. Berdiri dan jalan kaki ringan

Melansir dari VeryWell Family, cara memancing kontraksi bisa dilakukan dengan olahraga ringan seperti berdiri dan jalan kaki ringan yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan tekanan pada serviks dan mendorong bayi turun ke panggul. 

Faktanya, ibu hamil yang betah berdiri dan melakukan jalan kaki ringan maka proses persalinannya akan lebih singkat dan dapat mengurangi rasa sakit kontraksi ketika akan melahirkan.

  1. Stimulasi payudara

Cara memancing kontraksi yang kedua adalah dengan stimulasi payudara yang dapat melepaskan oksitosin ke dalam aliran darah Mama. Hal ini akan menyebabkan kontraksi pada rahim. Mama bisa memanfaatkan pompa ASI atau menstimulasi puting secara manual dengan jari.

Meski demikian, dokter menegaskan bahwa stimulasi payudara sebagai cara memancing kontraksi  sebaiknya dilakukan dengan pengawasan yang tepat agar kondisi bayi di dalam kandungan bisa dipantau dengan baik untuk menghindari kontraksi rahim berlebihan yang bisa membahayakan bayi.

  1. Memecahkan kantung ketuban

Dilansir dari Alodokter, ini merupakan salah satu cara memancing kontraksi, karena saat kantung ketuban pecah, hormon prostaglandin akan meningkat sehingga memicu terjadinya kontraksi. Untuk memecahkan kantung ketuban, dokter akan menggunakan kait plastik tipis yang bersih. Kait tersebut disapukan di selaput ketuban yang berada di bagian dalam leher rahim hingga kepala bayi turun ke leher rahim. Turunnya kepala bayi biasanya adalah induksi alami yang membuat rahim berkontraksi lebih kuat. 

  1. Berhubungan seks

Berhubungan seks dengan Papa bisa menjadi salah satu cara memancing kontraksi. Kandungan hormon prostaglandin pada sperma dapat merangsang leher rahim sehingga membuatnya berkontraksi. Namun, cara memancing kontraksi ini tidak disarankan pada ibu hamil yang air ketubannya sudah pecah. Selain itu, sebaiknya mengkonsultasikan hal ini pada dokter terlebih dahulu ya, Mam. 

Nah, itu dia cara memancing kontraksi jika belum ada tanda kelahiran saat HPL sudah dekat. Tetapi, jika baik Mama dan bayi dalam keadaan sehat, tidak ada salahnya menunggu sampai hPL tiba, dan berkonsultasi kembali dengan dokter kandungan. Mama yang sedang hamil, kapan nih HPL-nya?

Penulis: Fernika Windi

Editor: Mega Pratidina