fbpx

1. Memastikan Hidrasi & Asupan Gizi

ASI terdiri dari 87% air, sehingga tubuh sangat membutuhkan sumber air yang lancar untuk produksi ASI. Bukan saja dehidrasi tubuh bisa mengurangi suplai ASI, tetapi juga bisa menurunkan stamina ibu menyusui. Kebutuhan air setiap orang berbeda- beda, tetapi minimal ibu menyusui disarankan untuk minum 8 gelas air putih per hari.

Di sisi lain, gizi dan nutrisi juga adalah penyubur ASI alami yang sangat berpengaruh pada produksi ASI. Ibu menyusui butuh ekstra 500 kalori per hari, jadi pilihlah makanan yang memiliki efek galactagogue alias penyubur ASI, misalnya gandum, jahe, sayuran berdaun hijau, ikan laut, telur, ubi dan daging yang kaya protein.

2. Menyusui Eksklusif

Memberikan tambahan sufor atau donor ASI dikhawatirkan bisa mengganggu proses produksi ASI karena tubuh tidak lagi menciptakan ASI karena permintaan bayi sudah terpenuhi dengan cara lain.

Daripada terburu- buru memberikan asupan susu formula, lebih baik mencoba produk yang menawarkan jual ASI booster atau penyubur ASI alami. Selain itu, pertahankan juga rutinitas memompa ASI untuk menjaga suplai ASI yang lancar.

Akibatnya puting bisa terasa sakit, saluran asi tersumbat, dan bayi terasa gelisah/ tidak nyaman dengan suara menghisap yang ‘kosong’. Jika masalah ini berlanjut, ada baiknya ibu menyusui berkonsultasi dengan ahli laktasi untuk mendapat referensi cara menyusui yang tepat. Selain itu, cek juga apakah bayi memiliki kendala tongue tied atau lidah terlipat.

3. Mengurangi Stres

Manajemen stres adalah bagian penting supaya produksi ASI lancar. Stres berlebihan bisa mengurangi nutrisi dan mineral yang di dalam tubuh sehingga ASI tidak bisa terbentuk dengan sempurna. Moms bisa mencoba mengurangi stres dengan relaksasi, cukup istirahat, dan memperhatikan kesehatan mental untuk menghindari baby blues atau depresi paska melahirkan.

4. Hindari Empeng atau Botol Susu

Setidaknya untuk beberapa hari, tetap usahakan untuk menyusui langsung dan hindari penggunaan empeng atau botol susu. Tawarkan payudara ibu sebagai pengganti empeng dan terus menyusui supaya ini jadi cara penyubur asi alami untuk merangsang produksi asi.

Temukan produk Mamabear di mamabear.co.id dan follow akun IG MamaBear untuk informasi mengenai ASI dan menyusui di @mamabearid