fbpx

Mam disini apakah ada yang sedang menjalani masa kehamilan? Apakah selama hamil, Mama mengalami perubahan suasana hati alias mood swings? Mood swings selama kehamilan adalah hal yang alamiah terjadi ya, Mam, bisa disebabkan oleh tekanan fisik, kelelahan, perubahan metabolisme, atau oleh hormon estrogen dan progesteron. Perubahan signifikan pada tingkat hormon bisa mempengaruhi tingkat neurotransmiter, yaitu bahan kimia otak yang mengatur suasana hati Mama. Mood swings ketika hamil, sebagian besar, dialami selama trimester pertama antara 6 hingga 10 minggu dan kemudian terjadi lagi pada trimester ketiga dimana tubuh Mama sedang bersiap untuk melahirkan.

Meski hal yang normal, namun Mama juga bisa lo mengatasinya agar bisa lebih nyaman dan tenang beraktivitas sehari-hari. Lantas, gimana caranya mengatasi mood swings saat hamil? Cek info berikut ini, Mam.

Lakukan Hal-hal yang Mama Sukai

Melakukan hal-hal yang Mama sukai ternyata efektif mengatasi mood swings saat hamil, lho! Pasalnya, aktivitas ini bisa memberi Mama kesibukan selain memikirkan kehamilan. Mama bisa memasak, menonton film, menjahit, atau sekadar jalan-jalan keliling komplek untuk memperoleh suasana hati yang lebih baik. Ajak Papa juga untuk melakukannya bersama sehingga Mama bisa merasa lebih bahagia.

Perbanyak Waktu Istirahat

Kelelahan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya mood swings saat hamil. Oleh karenanya, Mama dianjurkan untuk memperbanyak waktu beristirahat. Pastikan Mama bisa tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika kebetulan Mama masih bekerja dan merasa lelah atau stres, pertimbangkan untuk mengambil cuti agar bisa rileks sejenak. Dengan begitu, Mama bisa meredakan mood swings saat hamil.

Yoga Bisa Jadi Alternatif Tepat

Berolahraga selama hamil tentu baik untuk kesehatan tubuh dan mental Mama. Salah satu olahraga yang dianjurkan, yaitu yoga. Olahraga ini bisa menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati Mama. Di samping itu, yoga juga bisa melatih pernafasan Mama menjelang persalinan. Mama bisa melakukan yoga di pagi atau sore hari secara rutin untuk memperoleh manfaatnya secara optimal.

Bila Perlu, Mintalah Bantuan Tenaga Ahli

Jika Mama merasa mood swings yang dialami semakin parah, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada terapis. Pasalnya, mood swings yang intens dan sering terjadi dapat mengindikasikan kondisi gangguan bipolar atau manic depression. Kondisi tersebut ditandai dengan perasaan akan berubah dari perasaan gembira yang ekstrem menjadi depresi yang intens.

Selagi menunggu kelahiran si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama. 

Source:

https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-mood-swings

Chat with us via Whatsapp