fbpx

Orang tua merupakan sekolah pertama anak sehingga Si Kecil akan belajar dan mengikuti orang tuanya dalam melakukan segala aktivitasnya. Nantinya, hal yang dipelajari dari orang tuanya akan terus memengaruhi sampai Si Kecil besar baik secara sadar maupun tidak. Nah, pada pembahasan kali ini, kita akan membahas hal apa saja yang dipengaruhi oleh hubungan orang tua.

Hal-Hal yang Dipengaruhi oleh Hubungan Orang Tua

  1. Cara Berkomunikasi

Hal pertama yang Si Kecil pahami dari hubungan orang tua adalah cara berkomunikasi. Yup! Ia akan meniru bagaimana cara berbicara dan mendengarkan lawan bicaranya dengan melihat Mama dan Papa berkomunikasi. Jika Mama dan Papa terbiasa berbicara dengan suara yang pelan, maka Si Kecil akan berkomunikasi dengan suara yang pelan juga begitu pun sebaliknya. Namun, cara berkomunikasi bukan hanya tentang tinggi dan rendahnya suara saja loh! Hal ini juga meliputi bagaimana mereka memperlakukan lawan bicaranya.

Oleh sebab itu, Mama dan Papa dianjurkan untuk melakukan komunikasi dua arah dengan baik. Pengaturan nada dan suara pun juga menjadi penting agar Si Kecil bisa belajar bahwa nada menjadi petunjuk untuk mengetahui emosi lawan bicaranya. Hal ini akan membantu untuk menstimulasi Si Kecil agar berkomunikasi dengan baik bersama teman atau lawan bicara lainnya.

  1. Cara Berpikir dan Menyelesaikan Masalah

Yup, hubungan orang tua untuk menyelesaikan masalah mempengaruhi Si Kecil dalam berpikir dan menyelesaikan masalah. Mungkin Si Kecil memang tidak terlibat secara langsung ketika Mama dan Papa berada dalam penyelesaian masalah, namun mereka melakukan observasi loh, Ma! Nantinya, hal itu akan direkam di otak Si Kecil dan menjadi database ketika menemukan permasalahan yang mirip. Penyelesaian masalah pun bukan berarti selalu masalah yang besar ya, Ma! Hal-hal seperti air galon habis atau gelas yang pecah pun bisa menjadi pembelajaran Si Kecil untuk memecahkan masalah.

Oleh sebab itu, Mama dan Papa perlu menunjukkan cara penyelesaian masalah yang baik pada Si Kecil. Ketika melihat Mama dan Papa, Si Kecil akan menganggap bahwa langkah tersebut adalah langkah yang tepat ketika menemukan masalah. Makanya, tidak jarang ditemukan kasus jika hubungan orang tua dalam menyelesaikan masalah tidak baik, maka cara anak untuk menyelesaikan masalah juga tidak baik karena Si Kecil akan menganggap itu adalah hal yang benar.

3. Cara Mengelola Emosi

Si Kecil rupanya juga belajar cara mengelola emosi dari hubungan orang tua, loh, Ma! Si Kecil akan meniru bagaimana kedua orang tuanya mengekspresikan emosi. Ada banyak hal-hal yang akan ia pelajari tentang emosi dari hubungan orang tua seperti rasa marah, sedih, maupun bahagia. Nantinya, ia akan belajar bagaimana menyalurkan emosi itu berdasarkan hubungan orang tua yang ia lihat. 

Jika hubungan orang tua kurang baik, maka kemungkinan Si Kecil pun akan kesulitan mengekspresikan emosi yang ia rasakan sehingga menunjukkan perilaku tantrum, marah, atau menangis yang tidak terkontrol. Terutama ketika Mama dan Papa sedang ada masalah, Si Kecil akan menyimpan memori tentang hal tersebut yang secara tidak sadar akan mempengaruhi karakter Si Kecil. 

4. Cara Menunjukkan Kasih Sayang

Hal lain yang dipengaruhi oleh hubungan orang tua adalah cara menunjukkan kasih sayang. Si Kecil akan melihat bagaimana orang tuanya mengekspresikan kasih sayang. Apakah dengan pelukan, ciuman, atau pujian. Nantinya, ia akan belajar untuk menunjukkan kasih sayang kepada teman atau pasangan Si Kecil sesuai dengan hal-hal yang ia pelajari dari hubungan orangtuanya. 

Tidak hanya itu, jika hubungan orang tua dalam mengekspresikan kasih sayang kurang baik, maka nantinya Si Kecil akan kesulitan dalam menunjukkan kasih sayangnya kepada pasangannya kelak. Meskipun mungkin Si Kecil bisa mengontrol dirinya saat sudah dewasa, namun memori pembelajaran pertamanya akan tetap tersimpan dan secara tidak sadar ia akan melakukan hal yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. 

Cara Menunjukkan Hubungan Orang Tua yang Baik

  1. Berbicara dengan baik kepada pasangan dan tidak meninggikan suara

Ketika berbicara dengan nada atau suara tinggi, maka Si Kecil akan menganggapnya sebagai ancaman. DIlansir dari BBC, anak yang terekspos oleh konflik orang tua memiliki respon hormon stress yang tinggi. Hal ini mengakibatkan munculnya gangguan perkembangan otak dini, gangguan tidur, gangguan kecemasan, hingga depresi. 

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Mama untuk memperlihatkan bahwa konflik bukanlah sesuatu yang mengancam dan bisa diselesaikan dengan cara damai.

  1. Menyelesaikan masalah sesuai dengan inti permasalahan yang ada

Ketika sedang emosi, tidak jarang kita membawa permasalahan lain yang sebetulnya tidak menyelesaikan permasalahan inti. Hal ini bisa mempengaruhi pemahaman anak bahwa cara menyelesaikan masalah adalah dengan membawa masalah lain. Oleh sebab itu, akan sangat disarankan untuk menyelesaikan permasalahan sesuai dengan intinya agar anak belajar cara penyelesaian masalah yang baik.

  1. Tidak ragu untuk meminta maaf apabila Mama dan Papa melakukan kesalahan

Meminta maaf terkadang memang membutuhkan keberanian besar. Agar Si Kecil mampu dan terbiasa untuk meminta maaf ketika melakukan kesalahan, Mama dan Papa perlu menunjukkan caranya terlebih dahulu. Hal ini akan menumbuhkan rasa berani untuk mengakui kesalahan yang dilakukan oleh Si Kecil.

  1. Mengekspresikan kasih sayang dengan cara yang baik

Untuk memahami cara menyalurkan kasih sayang yang baik, Mama dan Papa perlu untuk mengekspresikan kasih sayang dengan cara yang baik pula. Mama dan Papa bisa menggunakan cara yang memang sesuai dengan Mama dan Papa seperti pelukan, memberi hadiah, ataupun memberi motivasi. Dari sinilah Si Kecil akan belajar bagaimana mengekspresikan kasih sayangnya dengan baik.

Wah, ternyata hubungan orang tua sangat penting bagi Si Kecil dalam menjalani aktivitas sehari-harinya, ya, Ma. Sebagai sekolah pertama Si Kecil, tentu Mama dan Papa perlu memberikan yang terbaik agar Si Kecil bisa beraktivitas dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Writer: Wendy Belinda

Editor: Mega Pratidina

References:

How does your parents’ relationship influence your relationship? | Relate

Parents’ Relationship Quality and Children’s Behavior in Stable Married and Cohabiting Families (nih.gov)

How Your Relationship Impacts Your Kids | Psychology Today

How parents’ arguments really affect their children – BBC News

How Parental Conflict Hurts Kids | Institute for Family Studies (ifstudies.org)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.