fbpx

Mama sering merasa cepat lapar dan ingin terus ngemil selama menyusui? Ini sangat wajar, karena tubuh Mama membutuhkan 500 kalori ekstra untuk memproduksi ASI. Daripada makan gorengan atau junk food, berikut adalah daftar cemilan untuk ibu menyusui yang pastinya lezat dan sehat . Psssttt… camilan ini juga bisa memperlancar ASI loh!

Telur rebus

Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga kaya akan asam lemak Omega 3. Lebih dari itu, terdapat pula asam amino esensial, vitamin, dan mineral penting lain dalam sebutir telur. Mama bisa menjadikan telur rebus sebagai cemilan lezat dan sehat selama menyusui. Dianjurkan untuk memilih telur yang diperkaya DHA guna meningkatkan kadar lemak esensial dalam ASI.

Jeruk

Buah jeruk adalah cemilan untuk ibu menyusui yang sangat baik. Tingginya kandungan vitamin C pada jeruk bisa mencukupi kebutuhan nutrisi selama menyusui. Kandungan air pada buah jeruk juga membantu memenuhi kebutuhan cairan selama menyusui. Jeruk dapat langsung di makan langsung atau diperas menjadi jus jeruk yang menyegarkan.

Kacang-kacangan

Mama pasti sudah familiar kalau kacang-kacangan adalah cemilan untuk ibu menyusui yang banyak manfaatnya. Berbagai jenis kacang, seperti kacang almond, kenari, dan mete juga akan membuat Mama merasa kenyang lebih lama. Kabar baiknya, Almond Oat Cookies Mama Bear bisa dijadikan alternatif camilan lezat dan sehat bagi busui. Terbuat dari bahan-bahan natural dan alami, kandungan almond dalam kukis ini bisa membantu memperlancar produksi ASI.

Baca juga : 5 Jenis Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dicoba Ibu Menyusui

Roti Gandum

Baik di dalam sebelum maupun setelah dilahirkan, bayi membutuhkan asupan asam folat yang cukup untuk mendukung perkembangan otaknya. Lebih dari itu, asam folat juga merupakan nutrisi penting dalam ASI. Roti gandum memiliki kandungan asam folat, zat besi, dan serat yang dibutuhkan ibu menyusui. Selain bisa memperlancar ASI, roti gandum juga memperlancar buang air besar.

Yogurt

Yogurt adalah makanan kaya probiotik yang baik untuk ibu menyusui. Bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt bisa menjaga kesehatan bayi sehingga tumbuh kembangnya tetap berlangsung optimal. Selain itu, risiko ruam dan gatal pada kulit bayi bisa diminimalisir jika terdapat bakteri baik dalam yogurt yang terkandung pada ASI.

Itulah tadi cemilan untuk ibu menyusui yang lezat nan sehat dan pastinya bisa Mama konsumsi selama menyusui si kecil. Kira-kira camilan mana nih yang jadi favorit Mama?

Selamat menikmati masa-masa menyusui, Mama. Semoga sehat selalu & dimampukan menyusui si kecil hingga 2 tahun nanti. 

Selagi berupaya untuk terus menyusui si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama.

Source :

https://www.parents.com/baby/breastfeeding/basics/breastfeeding-diet-the-best-foods-for-nursing-mothers/
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322844
https://www.webmd.com/parenting/baby/breast-feeding-diet#1
Chat with us via Whatsapp