fbpx

ASI nggak keluar setelah melahirkan, payudaraku nggak ada ASI-nya?” Itu sih cuma mitos, Mam… Mama juga punya kesempatan yang sama agar ASI cepat keluar sesaat setelah melahirkan dan memberikan ASI eksklusif sejak bayi baru lahir. 

Kenapa ASI Belum Keluar?

Faktanya, ASI bahkan mulai produksi di payudara sejak usia kehamilan 5 bulan. Hormon kehamilan menahan ASI untuk tidak keluar sampai plasenta dikeluarkan dari rahim Mama. Setelah Melahirkan tubuh akan melakukan penyesuain antara hormon kehamilan dan menyusui. Perlahan-lahan ASI akan keluar, biasanya di hari ketiga setelah melahirkan.

BACA juga : Peran Lemak Coklat pada Bayi 

Jadi apa saja yang bisa Mama lakukan supaya ASI cepat keluar setelah melahirkan? Berikut lima cara efektif yang bisa Mama coba praktekkan.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) terbukti efektif membantu agar ASI cepat keluar setelah melahirkan. Proses IMD dilakukan dengan meletakkan bayi yang baru lahir dan masih telanjang (belum dimandikan / dibersihkan badannya) tepat di atas perut Mama. Bayi akan mulai merangkak sendiri untuk mencari puting Mama. Sentuhan kulit dengan kulit antara bayi dan Mama dalam proses IMD ini dapat meningkatkan hormon oksitosin Mama, yang berperan penting dalam pengeluaran ASI. Dengan begitu, si kecil pun akan mendapatkan kolostrum atau ASI pertamanya sesegera mungkin, yang mengandung tinggi antibodi untuk membantu melindungi bayi dari berbagai virus penyakit.

Bagaimana dengan Mama yang melahirkan secara Caesar? Mama tetap bisa melakukan IMD dengan mengkomunikasikannya ke dokter kandungan. Atau lakukan sesegera mungkin setelah Mama pulih dari pengaruh obat bius. 

Kontak Kulit ke Kulit 

Tidak perlu kuatir jika Mama tidak sempat melakukan IMD setelah melahirkan. Mama bisa tetap menstimulasi supaya ASI cepat keluar dengan melakukan kontak kulit ke kulit seintensif mungkin (24 jam dalam sehari) atau yang dikenal juga dengan kangaroo care. Sentuhan antar kulit dan kulit merangsang hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI dari payudara bekerja lebih cepat sehingga ASI lebih cepat keluar. 

BACA juga : Manfaat skin to skin yang penting untuk Mama ketahui / Manfaat luar biasa skin to skin 

Menyusui Secara Teratur dan Sering 

Hisapan bayi adalah stimulasi yang paling efektif agar ASI cepat keluar sesaat setelah melahirkan, dengan mengirimkan rangsangan ke otak yang akan memerintahkan untuk memproduksi hormon prolaktin dan oksitosin. Ketika bayi menghisap puting areola, maka ujung saraf sensoris yang terdapat pada puting susu terstimulasi, diteruskan ke bagian hipotalamus yang akan melepaskan hormon oksitosin. Oksitosin memicu sel-sel otot yang mengelilingi jaringan kelenjar dan salurannya untuk berkontraksi, mendorong ASI keluar dari payudara Mama. Oksitosin sangat dipengaruhi keadaan psikologis Mama, rasa kuatir atau sedih menghambat keluarnya ASI setelah melahirkan. 

Selain itu, hisapan bayi juga memicu keluarnya hormon prolaktin yang kemudian akan merangsang sel-sel kelenjar payudara untuk memproduksi ASI. Jumlah prolaktin yang akan diproduksi tersebut sangat bergantung dari seberapa sering dan lama bayi menyusu. 

Jadi bisa disimpulkan hisapan bayi selain memperlancar keluarnya ASI, hisapan bayi juga memperbanyak produksi ASI ya, Mam. 

Pijat Oksitosin

cara agar asi cepat keluar

Pijat oksitosin bertujuan untuk membuat Mama menjadi relax sehingga hormon oksitosin yang berperan penting dalam pengeluaran ASI meningkat. Mama bisa minta bantuan Papa atau orang lain yang menemani Mama untuk pijat ini, ya. 

KLIK DI SINI untuk video tutorial melakukan PIJAT OKSITOSIN

Nutrisi Seimbang & Pelancar ASI 

makanan agar asi cepat keluar

Penting bagi Mama mengatur pola makan yang sehat dan seimbag untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan. Pemulihan yang cepat membuat badan mama terasa lebih bugar dan suasana hati lebih bahagia agar ASI cepat keluar. Bila ASI belum kunjung keluar, cobalah minum-minuman hangat untuk relaksasi seperti teh pelancar ASI MamaBear yang membantu memperlancar ASI. 

BELI MamaBear Teh Pelancar ASI atau Almon Mix, minuman serbuk almond dengan daun katuk, vitamin & mineral. KLIK DI SINI untuk order.

Selamat menikmati masa-masa menyusui, Mama. Semoga sehat selalu & dimampukan menyusui si kecil hingga 2 tahun nanti. 

Selagi berupaya untuk terus menyusui si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama.

Source:

https://lactationnetwork.com/how-to-make-your-breast-milk-come-in-faster
https://www.verywellfamily.com/naturally-increase-your-breast-milk-supply-431842
https://www.alodokter.com/ini-daftar-makanan-pelancar-dan-penambah-kualitas-asi-yang-harus-anda-ketahui
Chat with us via Whatsapp