fbpx

Moms, pasti sudah pernah mendengar tentang makanan pelancar asi kan? Di saat semua cara sudah dilakukan untuk meningkatkan produksi asi, tidak ada salahnya nih mencoba beberapa makanan atau minuman pelancar asi yang punya efektivitas tinggi. 

Faktanya, beberapa makanan pelancar asi berikut sudah menjadi tradisi turun temurun di berbagai belahan dunia. Selain itu, sudah tersedia banyak riset ilmiah yang mendukung keberadaan galactagogue atau penyubur asli alami. Langsung yuk, cek 5 jenis makanan pelancar asi yang wajib dicoba berikut ini:

1. FENUGREEK

Bijian alami dengan wangi aromatik ini sudah sering didapuk jadi makanan dan minuman pelancar asi. Sebagai salah satu galactagogue, tanaman ini mengandung sejenis komponen yang menyerupai hormon estrogen yang erat kaitan dengan produksi asi berlimpah. Sebuah studi juga menemukan peningkatan produksi asi pada ibu menyusui yang mengkonsumsi teh pelancar asi berbahan fenugreek sebanyak 3x sehari.
Kendati demikian, ibu menyusui disarankan untuk tetap mengikuti anjuran konsumsi atau berkonsultasi dulu dengan dokter. Atau, boleh juga mencoba teh pelancar asi dari Mamabear yang sudah diperkaya dengan Fenugreek dan berbagai bahan lain.

2. OATMEAL

Oatmeal atau bijian gandum mungkin paling dikenal sebagai alternatif sarapan sehat bagi keluarga Indonesia. Tapi tahukah moms? Oatmeal ternyata sudah sering digunakan sebagai makanan pelancar asi yang padat nutrisi dan mengenyangkan. Kandungan zat besi pada 170 gram oatmeal mencapai hingga 2 mg atau 20% dari kebutuhan ibu menyusui. 
Selain itu, oatmeal juga tidak banyak mengandung mineral berlebihan sehingga tidak mengganggu produksi asi. Untuk solusi praktis oatmeal sebagai pelancar asi alami cobain, Almond Oat Cookies.

3. ADAS MANIS

Dikenal dengan nama Fennel Seeds, biji- bijian Adas adalah salah satu bahan makanan dan minuman pelancar asi yang bersifat tradisional. Hampir sama dengan Fenugreek, Adas juga mengandung komponen menyerupai hormon estrogen. Beberapa studi ilmiah juga sudah sukses menemukan kaitan antara bijian ini dengan peningkatan volume ASI, termasuk dari segi lemak dan kualitasnya. Coba teh pelancar asi dari Mamabear yang sudah diperkaya dengan Adas manis yuk!

4. DAGING-DAGINGAN

Untuk ibu menyusui, jangan lupa tingkatkan asupan protein dan zat besi melalui konsumsi daging- daging yang rendah lemak. Pilihan seperti daging sapi, kambing dan ayam bisa membantu produksi asi yang lebih kaya dan lancar.

5. ANEKA SAYURAN

Pilih jenis sayuran yang berwarna- warni hijau seperti bayam, kale, ubi, labu, tomat, dan sejenisnya karena sangat kaya akan kandungan vitamin A zat besi, kalsium dan asam folat. Idealnya, menu sayuran harus menjadi pelengkap gizi sehari- hari ibu menyusui, supaya bisa menunjang kinerja tubuh dalam memproduksi asi. Pastinya, semua kebaikan sayuran tidak hanya bisa jadi makanan pelancar asi, tetapi juga menjamin kesehatan bayi yang disusui. 
Masih butuh ide makanan dan minuman pelancar asi lainnya yang aman, efektif dan bersifat alami? Kunjungi segera pilihan produk Mamabear sebagai alternatif penyubur asi terbaik Anda.

Source : 

https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/foods-that-increase-breast-milk-supply/

https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-increase-milk-supply https://www.medicalnewstoday.com/articles/322844

Chat with us via Whatsapp