fbpx

Banyak pasangan beranggapan, saat masuk ke 5 tahun pertama pernikahan mulai banyak tantangan dalam menjalani kehidupan pernikahan. Dilansir dari laman For Your Marriage, sebagian besar perceraian terjadi selama 5 tahun pernikahan dengan insiden perceraian tertinggi terjadi pada tahun ketiga.

Maka dari itu, ada baiknya Mama mengenal lebih lanjut apa saja masalah utama di awal pernikahan dan bagaimana cara mengatasinya.

Masalah Utama di 5 Tahun Pertama Pernikahan

Ada tiga sumber masalah utama yang sering terjadi di awal pernikahan, yaitu:

1. Waktu

Sebagian besar pasangan berpikiran bahwa dengan menikah bisa menghemat waktu dan merasa senang karena semua hal dilakukan bersama. Tapi, pada kenyataannya, dalam menjalani kehidupan pernikahan perlu memiliki toleransi yang tinggi dan menurunkan ego.

Hal ini karena masing-masing perlu menyesuaikan diri, baik dalam pekerjaan maupun dalam kepentingan pribadi masing-masing. Setiap orang pasti memiliki pekerjaan, pendidikan, dan waktu pribadi masing-masing yang mungkin bisa menjadi masalah setelah menjalani kehidupan pernikahan.

Mama dan Papa bisa menyepakati waktu bersama untuk sejenak tidak memikirkan pekerjaan sehingga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, penting juga Mama dan Papa mungkin memiliki waktu ‘me time‘ agar kehidupan rumah tangga dan kehidupan pribadi tetap seimbang.

Baca juga: 5 Tips Membangun Quality Time Bersama Keluarga

2. Seks

Seks seharusnya menjadi hal yang menyenangkan bagi kedua belah pihak, apalagi jika telah menikah. Namun, banyak pasangan mengeluhkan tentang frekuensi dan kualitas hubungan seksual pada 5 tahun pertama pernikahan.

Oleh karena itu, Mama dan Papa perlu untuk saling terbuka dalam berkomunikasi tentang keinginan masing-masing dalam hal seks agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

3. Uang

Sebagian besar pengantin baru berada pada masa awal finansial yang stabil. Meski begitu, Mama dan Papa perlu memahami dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasangan. Komunikasikan secara terbuka, seperti uang untuk dana darurat, orang tua dan mertua, cicilan, tagihan, dan kebutuhan untuk anak.

Terkadang sebelum menikah, pasangan sudah memiliki utang pribadi sehingga bisa menyebabkan masalah setelah menikah. Semua hal itu perlu dikomunikasikan antara Mama dan Papa.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Cara Mengatasi Masalah di 5 Tahun Pertama Pernikahan

Inilah beberapa cara yang bisa Mama dan Papa mengatasi masalah rumah tangga yang terjadi, antara lain:

1. Berbagi Cerita dengan Pasangan yang Memiliki Usia Pernikahan Sama

Mama dan Papa bisa menyadari bahwa sangat wajar terjadi masalah di 5 tahun pernikahan dengan berkumpul bersama sesama pasangan dengan usia pernikahan serupa. Selain itu, Mama dan Papa bisa saling sharing tentang kehidupan pernikahan juga.

2. Tetap Berkencan dengan Pasangan

Sebaiknya Mama dan Papa bisa meluangkan waktu untuk kencan bersama meskipun sudah menikah agar hubungan tetap awet. Mempertahankan rasa cinta, kasih sayang, dan kualitas hubungan antara pasangan sangat penting dilakukan agar pernikahan bisa langgeng dan awet.

Baca juga: 8 Tips Sederhana agar Keluarga Bahagia dan Langgeng

3. Sharing Pengalaman dengan Pasangan yang Lebih Dulu Menikah

Pasangan lainnya yang sudah berpengalaman sebelumnya bisa membantu Mama dan Papa untuk mencari jalan keluar dari masalah yang terjadi dalam 5 tahun pertama pernikahan.

Mencari bantuan dari pasangan lainnya yang telah berpengalaman juga tidak salah untuk dicoba karena mereka sudah melewati masa-masa sulit dalam pernikahan sehingga tau cara terbaik dalam mengatasinya.

4. Banyak Mencari Ilmu tentang Pernikahan

Dengan mencari banyak informasi, bisa membantu Mama dan Papa semakin bijak dalam menghadapi dan mengatasi masalah yang terjadi di 5 tahun pertama pernikahan.

Saat ini, sudah banyak buku, video, atau program tentang pernikahan yang dapat Mama dan Papa akses secara online sehingga bisa sangat memudahkan dalam mendapatkan informasi baru. Mama dan Papa juga bisa mengikuti kelas pernikahan.

5. Mencari Bantuan Profesional dalam Pernikahan

Jika masalah yang sedang terjadi dalam kehidupan 5 tahun pertama pernikahan Mama dan Papa sangat serius, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan profesional dalam pernikahan seperti konsultan pernikahan.

Hal ini bisa dilakukan agar Mama dan Papa bisa saling introspeksi diri dan mendapatkan solusi dari permasalahan rumah tangga yang dihadapi.

Nah, itulah penjelasan tentang masalah utama di 5 tahun pertama pernikahan. Kunci utama untuk mengatasi masalah adalah komunikasi dengan pasangan. Sempatkan waktu untuk bicara dengan pasangan apa yang dirasakan dalam diri, ya…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Newly Married. URL: https://www.foryourmarriage.org/newly-married/ (diakses 10/10/2023)

2. The 8 Top Reasons for Divorce: Why Marriages Fail After 5 Years. URL: https://www.fatherly.com/love-money/reasons-marriage-fail-first-five-years (diakses 10/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.