fbpx

Tahukah Mama apa itu hamil kebo? Di dalam istilah medis memang tidak ada istilah hamil kebo. Namun, istilah hamil kebo seringkali disebut untuk menyebut Mama yang sedang hamil, tetapi tidak menunjukkan gejala hamil seperti Mama hamil lainnya, misalnya mual, pusing, nyeri pinggang, dan lainnya.

Ada banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya hamil kebo, salah satunya adalah perbedaan perubahan hormon pada Mama hamil. Wah menarik ya, Ma, informasi tentang hamil kebo ini. Teruskan membaca artikel ini untuk tahu lebih banyak tentang hamil kebo ya, Ma!

Ini Dia Tanda Mama Alami Hamil Kebo

Ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau Mama sedang mengalami hamil kebo. Simak beberapa tanda berikut yuk, Mam!

1. Tidak Merasa Mual dan Muntah

Pada trimester pertama kehamilan, Mama biasanya menunjukkan gejala mual dan muntah. Dilansir dari Pregnancy Birth & Baby, mual muntah saat awal kehamilan belum diketahui pasti penyebabnya. Tetapi, adanya perubahan hormon selama kehamilan diyakini menjadi penyebab mual muntah pada Ibu hamil. Diperkuat juga dengan penjelasan dalam lama Kids Health, bahwa gejala mual muntah ini muncul ketika hormon HCG (Human chorionic gonadotropin) dalam tubuh mengalami peningkatan. 

Sedangkan pada Mama yang mengalami hamil kebo, Mama tidak menunjukkan gejala mual atau muntah. Apakah ini hal yang wajar? Melansir dari Healthline, sebanyak 70-80% Mama yang hamil mengalami mual dan muntah. Masih ada 20-30% Mama yang tidak mengalami mual muntah dan ini adalah hal yang nirmal.

2. Tidak Merasakan Nyeri Badan & Sakit Kepala

Biasanya, Mama hamil akan menunjukkan gejala nyeri pada bagian kepala dan tubuh karena adanya perubahan tubuh yang menimbulkan rasa nyeri. Seperti rahim yang membesar, peregangan jaringan ikat, serta aliran darah yang lebih banyak ditujukan ke janin. Ini membuat Mama lebih sering mengalami nyeri, utamanya pada bagian perut, punggung bawah dan kepala.

Uniknya, gejala ini justru tidak dialami oleh Mama yang mengalami hamil kebo. Mama yang mengalami hamil kebo dapat beraktivitas seperti biasa tanpa keluhan nyeri di beberapa bagian tubuh tersebut.

3. Tidak Mengalami Ngidam

Siapa di sini Mama yang sering ngidam saat hamil? Beberapa Mama mungkin pernah mengalami hal ini, ya. Ngidam menjadi salah satu hal yang identik dengan Mama hamil. Meski belum diketahui pasti penyebab ngidam, tetapi keinginan makan sesuatu bisa timbul karena tubuh sedang memberi sinyal kebutuhan suatu zat yang terkandung dalam makanan yang diinginkan. Misalnya, Mama sedang ngidam makan es krim. Bisa jadi hal ini karena tubuh Mama sedang membutuhkan kalsium dan gula lebih banyak.

Bahkan, gejala seperti ini juga bisa dialami siapa saja meski tidak sedang hamil. Pada Mama yang mengalami hamil kebo, Mama tidak merasakan ngidam sama sekali. Ini juga masih berkaitan dengan gejala mual dan muntah. Saat Mama tidak mengalami mual muntah, artinya Mama dapat makan dengan baik dan memenuhi kebutuhan nutrisi dengan maksimal. Sehingga tubuh juga tidak memberi sinyal ‘ngidam’ untuk memenuhi nutrisi yang kurang.

4. Tidak Kehilangan Nafsu Makan

Rasa mual yang terjadi pada Mama hamil di trisemester pertama, biasanya membuat banyak Mama hamil kehilangan nafsu makannya. Tapi pada Mama yang hamil kebo, Mama tidak kehilangan nafsu makannya, lho. Mama yang mengalami hamil kebo tetap dapat makan seperti biasa tanpa merasa mual atau muntah. Dengan demikian, nutrisi untuk Mama dan janin juga jadi lebih optimal.

5. Suka Tidur dan Malas Beraktivitas

Source : KlikDokter

Mama hamil biasanya mengalami gangguan sulit tidur karena tubuh terasa kurang nyaman di awal kehamilan, dan perut mulai membesar di usia kehamilan lebih lanjut, dimana ini membuat Mama kesulitan menentukan posisi tidur. Insomnia pada Mama hamil ini juga biasanya terjadi karena perut terasa mulas, adanya gerakan bayi di dalam perut, atau rasa nyeri pada badan.

Sedangkan Mama yang mengalami hamil kebo justru lebih suka tidur dan malas beraktivitas? Hal ini terjadi karena Mama yang sedang mengalami hamil kebo biasanya lebih mudah mengantuk dan hanya ingin berdiam diri saja. Berita baiknya, hal ini juga membawa manfaat untuk Mama, lho. Karena Mama jadi cukup tidur dan lebih banyak beristirahat.

Dari beberapa fakta tentang hamil kebo di atas, sebenarnya hamil kebo justru memberikan manfaat untuk Mama yang sedang hamil. Mama tampak lebih bugar dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Tetap perhatikan kondisi kesehatan kehamilan dengan rutin berkonsultasi pada Dokter, ya Ma.

Mama pernah atau sedang mengalami hamil kebo, nih?

Penulis: Nafisatul Umah

Editor: Mega Pratidina

Source :

https://www.kalcare.com/artikel/apa-itu-istilah-hamil-kebo