fbpx
menyusui di malam hari
Source : www.freepik.com

Menjalani rutinitas setelah melahirkan rasanya cukup melelahkan ya, Mam. Apalagi saat harus bangun beberapa kali untuk menyusui di malam hari. Ini nih yang jadi godaan terbesar busui saat bayi minta menyusu malam hari. “Sigap bangun nyusuin langsung walau mata udah berkantung atau kasih ASIP aja deh biar Mama bisa bablas tidur sampe pagi?”

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa jadwal menyusui bayi baru lahir sebaiknya sekitar 8-12 kali dalam sehari. Sementara untuk rentang waktu dalam sekali menyusui, bayi biasanya membutuhkan kurang lebih 10-15 menit. Jeda waktu antara setiap jadwal menyusui bayi baru lahir biasanya berkisar 1,5-3 jam sekali.

Bayi baru lahir umumnya belum memiliki jam biologis yang teratur. Makanya seringkali bayi terbangun di malam hari untuk menyusu. Walaupun Mama udah capek dan ngantuk, upayakan untuk tetap mengikuti permintaan bayi ya. Karena ternyata, menyusui di malam hari banyak sekali manfaatnya.

5 Manfaat Menyusui di Malam Hari yang Perlu Mama Ketahui

1. Meningkatkan kualitas tidur Mama

Menurut penelitian dari The National Center for Biotechnology Information pada 2007, ibu yang menyusui, khususnya di malam hari, rata-rata mendapat 40-45 menit waktu tidur yang lebih banyak per malamnya selama 3 bulan pertama pasca melahirkan.

Penelitian lainnya dari Medications and Mothers’ Milk Online juga menemukan bahwa waktu tidur yang lebih banyak dalam kurun waktu di atas sangat penting bagi kesehatan ibu menyusui dan berfungsi mengurangi resiko postpartum.

2. Memberi rasa nyaman pada bayi

Pasti pengen ya mood bayi seharian oke dan no cranky. Nah, ini salah satu manfaat menyusui di malam hari. ASI di malam hari lebih banyak mengandung asam amino esensial bernama triptofan yang berfungsi untuk membantu produksi hormon serotonin. Hormon ini mampu memberikan rasa nyaman, stabilitas emosi, dan kualitas tidur yang baik. Bayi bebas bad mood seharian, terhindar depresi, dan dapat tumbuh lebih optimal. 

3. Mengimbangi fase growth spurt

Pernah dengar istilah growth spurt, Mam? Lonjakan pertumbuhan yang terjadi pada bayi berusia 2 minggu, 2, 4 dan 6 bulan. Pada fase ini, bayi akan menyusu lebih sering, setiap 30-60 menit dengan durasi yang lebih lama untuk menunjang pertumbuhannya yang pesat.

Di malam hari, kadar hormon prolaktin yang berperan memproduksi ASI mencapai puncaknya, sehingga produksi ASI sedang banyak-banyaknya nih, Mam. Ini adalah waktu yang tepat bagi si kecil untuk menyusu dan mencukupi kebutuhan ASI yang meningkat di fase growth spurt.

4. Membantu mengatur jadwal tidur bayi

menyusui di malam hari
Source : www.freepik.com

Siapa yang setuju jadwal tidur bayi yang berkualitas juga mempengaruhi mood mama juga? Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Pediatric Research menjelaskan bahwa ASI memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas tidur. ASI berkontribusi pada pola tidur atau ritme sirkadian bayi. 

Pada malam hari ASI memproduksi hormon melatonin lebih banyak. Melatonin adalah protein pada ASI untuk membantu tidur. Oleh karena itu, bayi dapat tidur lebih nyenyak jika sudah diberikan ASI.

Baca juga : 7 Tips Ampuh agar Bayi Tidur Nyenyak

5. Mengurangi risiko saluran ASI tersumbat

Karena hormon prolaktin sedang mencapai puncaknya di malam hari, dan produksi ASI pun sedang banyak-banyaknya, sangat penting bagi Mama menyusui di malam hari untuk mengeluarkan ASI. Ingat… membiarkan PD penuh terlalu lama bisa meningkatkan resiko payudara bengkak, saluran ASI tersumbat, atau bahkan mastitis.

Biar makin semangat menyusui di malam hari, paling enak sambil ngemil MamaBear Kukis Almond Oat. Kukis MamaBear mengandung Almond, Oat, Biji rami (Flaxseed), Extract ragi (Brewer’s yeast) efektif meningkatkan produksi & nutrisi ASI. Hmm, jadi ngiler pengen cobain juga, Mam?

Mama bisa mendapatkan produk MamaBear di marketplace kesayangan Mama. Kunjungi www.mamabear.co.id untuk mendapatkan informasi seputar ASI dan Menyusui. Selamat mengASIhi dengan bahagia!

Writer : Viprilla Andita

Editor : Riska Pratiwi

Source :

five cool things no one ever told you about nighttime breastfeeding — pumpspotting

Breastfeeding may improve nocturnal sleep and reduce infantile colic: potential role of breast milk melatonin

Human breast milk may help babies tell time via circadian signals from mom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.