fbpx

Pernahkah Mama merasakan sakit punggung dalam momen menyusui si kecil? Sakit punggung saat menyusui ini sebenarnya bukan hal sepele, Ma. Ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi sakit punggung saat menyusui. Kita cek bersama, yuk!

Penyebab Sakit Punggung Saat Menyusui

1. Posisi Menyusui yang Kurang Tepat

Sakit punggung saat menyusui bisa disebabkan oleh kesalahan posisi ketika Mama menyusui bayi, lho. Apalagi jika Mama menyusui dengan posisi duduk sambil menggendong bayi, lalu memposisikan punggung setengah membungkuk.  Posisi ini akan membuat kurang nyaman dan Mama berpotensi mengalami sakit punggung saat menyusui. Hal ini disebabkan karena postur membungkuk tersebut, menimbulkan masalah pada punggung. Mama yang sering menyusui dengan posisi duduk sambil membungkuk rentan mengalami osteoporosis di usia muda.

Cara yang dianjurkan adalah posisikan punggung dengna tegak, lalu sanggah si kecil dengan bantal agar posisi si kecil dekat dengan payudara. Jadi si kecil-lah yang diarahkan mendekat ke payudara, bukan Mama yang memposisikan diri membungkuk ke arah si kecil.

Bila posisi menyusui Mama belum tepat, yuk segera perbaiki, agar Mama tidak mengalami sakit punggung saat menyusui.

2. Operasi caesar

Operasi caesar yang Mama lakukan saat melahirkan bayi, bisa menjadi salah satu penyebab sakit punggung saat menyusui. Mama yang baru saja melakukan operasi caesar, seringkali melakukan posisi duduk yang salah saat menyusui karena takut bekas operasi caesar kembali terbuka. Akibatnya, otot tubuh Mama, terutama di bagian punggung, mengalami ketegangan hingga menimbulkan rasa nyeri pada punggung. Selain itu, posisi ini juga mengakibatkan adanya tekanan di bagian tulang belakang Mama. Tekanan ini menimbulkan rasa sakit di bagian punggung. Selain itu, efek dari anestesi yang dilakukan di punggung bawah juga membawa dampak rasa sakit punggung saat menyusui.

3. Kelainan pada tulang belakang

Penyebab sakit punggung saat menyusui berikutnya terjadi karena adanya kelainan tulang belakang pada tubuh Mama. Mama yang memiliki riwayat penyakit skoliosis sangat rentan mengalami sakit punggung saat menyusui. Kelainan tulang punggung yang Mama derita, dapat kembali terasa sakit karena adanya tekanan keras pada bagian punggung dalam jangka waktu yang lumayan lama karena aktivitas menyusui yang Mama lakukan.

4. Kelainan stenosis spinal pada Mama menyusui

Penyebab sakit punggung saat menyusui berikut ini merupakan dampak kesalahan posisi saat menyusui. Mama yang melakukan kesalahan posisi saat menyusui rentan mengalami kelainan stenosis spinal, yaitu terjadinya penyempitan lubang di bagian tulang belakang. Penyakit ini bisa membuat Mama merasakan sakit pada bagian punggung bawah. 

Sayangnya, penyakit ini bisa menjadi serius jika kondisinya parah, Ma. Awalnya mungkin dokter hanya akan memberikan obat anti nyeri untuk Mama. Tapi, jika kondisi Mama tidak lekas membaik dan justru semakin parah, Mama perlu menjalani serangkaian pengobatan dengan cara terapi hingga operasi. Untuk menghindari hal ini, segera konsultasikan sakit punggung saat menyusui yang Mama alami kepada tenaga medis ya!

5. Tegangan pada otot punggung

Memperhatikan posisi duduk saat menyusui merupakan hal yang penting lho, Ma! Karena kesalahan posisi duduk dapat menjadi penyebab sakit punggung saat menyusui. Kesalahan posisi duduk saat menyusui dapat membuat tubuh Mama menjadi tegang dan kaku. Akibatnya, Mama rentan mengalami cedera otot. Saraf otot di sekitar punggung yang mengalami ketegangan, akan menimbulkan rasa nyeri pada punggung Mama. 

Penyebab sakit punggung saat menyusui pada beberapa Mama bisa disebabkan karena alasan yang berbeda. Bagi Mama yang sedang merasa sakit punggung saat menyusui, mungkin disebabkan oleh salah satu dari beberapa hal di atas. Umumnya kondisi sakit punggung saat menyusui terjadi karena kesalahan posisi saat menyusui. Meski begitu bukan tidak mungkin juga disebabkan karena hal lainnya. 

Penting juga bagi Mama mengkonsultasikan hal tersebut kepada tenaga medis, agar Mama bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Dapatkan artikel informatif lainnya seputar ASI, menyusui, kehamilan, dan bayi di website MamaBear. Ada banyak artikel menarik yang sayang untuk dilewatkan. Selalu tunggu update artikel terbaru dari kami ya, Ma!

Penulis: Nafisatul Umah

Editor: Mega Pratidina

Source :

https://www.mooimom.id/mamapedia/5-penyebab-sakit-punggung-saat-menyusui

https://www.sehatq.com/forum/nyeri-punggung-karena-menyusui-apakah-ada-cedera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.