fbpx

Seperti semua aktivitas lain, perencanaan adalah bagian dari kesuksesan menyusui. Beberapa perlengkapan sudah wajib disediakan oleh ibu menyusui, supaya semakin nyaman dan pede saat memberi ASI buat si kesayangan. Yuk, pastikan moms sudah punya perlengkapan menyusui yang ekstra berguna berikut saat menyusui :

1. Bra Menyusui

Supaya gampang dan praktis menyusui sepanjang hari, pastikan moms sudah punya bra menyusui yang nyaman. Sebaiknya pilih beberapa buah yang berkualitas bagus dengan fitur mudah dibuka, supaya setiap saat bayi bisa diberi akses ASI tanpa repot. Ciri- ciri bra menyusui yang bagus antara lain :

  • Bisa menutup seluruh bagian payudara.
  • Bagian tengah payudara tidak terhimpit. 
  • Bahan lembut dan nyaman ( tidak gerah).
  • Bagian kawat tidak menjepit payudara
  • Bagian belakang tepat di tengah, tidak terlalu naik atau turun. 
  • Bagian cup depan mudah dibuka tutup cukup dengan sebelah tangan.

Idealnya, bayi diberikan ASI secara natural yaitu langsung menghisap dari mulut. Ini sangat baik untuk merangsang terus produksi ASI agar tetap berlimpah. Namun, jika moms harus bekerja atau memiliki kendala menyusui langsung, maka pompa ASI akan jadi perlengkapan menyusui yang sangat efektif. 

Banyak tersedia merek pompa ASI dengan fitur canggih serta harga yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing- masing. Pastikan juga sudah melengkapi dengan bagian parts atau aksesoris menyusui seperti botol susu, botol atau kantong ASI, tas cooler, charger dan sebagainya. 

Bagian lengan dan tangan sering merasa capek atau kaku karena lelah menggendong bayi saat menyusui? Solusi bantal menyusui bakal membuat aktivitas ini jadi semakin mudah. Bantal menyusui bisa memberi kenyamanan sekaligus stabilitas saat menyusui. Posisi bayi bisa didekatkan lebih mudah ke bagian payudara, sambil jadi sandaran lengan yang pas. Silahkan pilih juga bantal menyusui sesuai selera moms yah.

Pasti sudah tahu fungsinya breast pad kan moms? Busa penutup puting payudara ini berguna untuk mencegah ASI bocor atau merembes ke luar. Solusi praktis perlengkapan menyusui ini tersedia dalam versi sekali pakai atau bisa dicuci ulang. Yang penting, pastikan posisi breast pad menutupi dengan sempurna dan payudara dalam keadaan bersih saat memakai breast pad supaya tidak sampai iritasi. Oh ya, jangan lupa diganti secara berkala yah moms.

Terutama bagi ibu pemula, aktivitas menyusui sering menyebabkan bagian puting jadi sensitif, kering, atau bahkan luka. Banyak tersedia krim puting untuk mengatasi masalah ini, tapi pastikan sudah memilih yang aman, tanpa zat kimia dan anti alergi yah moms. Atau, moms juga bisa mencoba solusi alami seperti minyak kelapa yang aman.

Teman baik yang paling bisa diandalkan oleh semua ibu menyusui, produk Mamabear adalah makanan pelancar ASI yang efektif untuk meningkatkan produksi ASI supaya menjadi berlimpah. Ga cuma makanan, tersedia juga minuman pelancar ASI yang semuanya diformulasi secara alami untuk mendukung kegiatan menyusui. 

Karena ASI yang lancar tetap menjadi hal yang paling utama dalam perjalanan menyusui setiap ibu, pastikan sudah memiliki produk makanan dan minuman pelancar ASI Mamabear seperti teh pelancar asi, cemilan snack penyubur asi, hingga minuman penambah asi yuk!

Source :  

https://www.familyeducation.com/babies-toddlers/must-have-breastfeeding-supplies

https://www.whattoexpect.com/baby-products/nursing-feeding/breastfeeding-essentials-new-moms/

https://happilyevermom.com/breastfeeding-must-haves-for-new-moms/