fbpx

Tahukah Mama? Meskipun bayi belum bisa berbicara, ternyata mereka punya cara tersendiri untuk mengungkapkan tanda sayangnya melalui cara yang sangat menggemaskan loh Ma. Apa saja sih tingkah laku si kecil yang menunjukkan ungkapan rasa sayangnya pada Mama?

Minta Nenen Terus

Waktu baru lahir, bayi biasanya akan menyusu setiap 1-2 jam, bahkan mungkin frekuensi menyusuinya lebih sering dan lebih lama. Kadang ada saat-saatnya pula si kecil minta nenen terus tanpa jeda sampai Mama kesulitan melakukan aktivitas lainnya. Pernah seperti ini kah, Mam? Kalau iya, ini wajar Mam, karena si kecil memang ingin berlama-lama dekat dengan Mama. Alasannya sederhana, karena ia sayang banget sama Mama.

Suka Ngeliatin Mama Lamaaa Gitu!

Bayi baru lahir penglihatan memang belum sempurna. Ia hanya mampu melihat dalam jarak yang cukup dekat, sekitar 20-25 cm, jarak yang kurang lebih sama dengan jarak pandangnya ke wajah Mama ketika ia menyusu. Nggak heran, bayi baru lahir senang menatap wajah Mama berlama-lama. Seiring berjalannya waktu si kecil makin mengenali wajah manusia favoritnya ini dan menanti-nantikan kehadiran Mama. 

Baca juga: Perkembangan Indra Penglihatan Bayi 0 – 1 Tahun di sini

Senyum-senyum Tiap Mama Mendekat

Riset menunjukkan mulai bisa tersenyum secara sadar di usia 6-8 minggu. Senyuman ini menandakan bayi dalam keadaan nyaman dan bahagia. Psikolog mengatakan, tersenyum merupakan cara bayi membangun ikatan emosional dengan orang tua-nya. Duhh auto leleh ya Ma setiap disenyumin si kecil. 

Mengenali Aroma Tubuh Mama

Pernah nggak Mama mengalami momen dimana ketika si kecil rewel, tiba-tiba jadi tenang ketika Mama mulai mendekat dan menggendongnya? Ternyata ini juga yang jadi salah satu tanda bayi sayang Mama, loh…

Dalam suatu penelitian oleh Lise Eliot, Ahli saraf dari Columbia University, menemukan bahwa seorang bayi lebih memilih baju dengan bau keringat dan noda ASI milik Mama dibandingkan setangkai bunga mawar. Wah nggak heran, meskipun Mama “bau asem”, belum sempat mandi seharian, tapi si kecil tetap mau nempel terus sama Mama. Kalau bukan cinta, apa tuh namanya? Huhu gemasss… Aroma tubuh Mama memang paling favorit bagi si kecil. 

Hafal Sama Suara Mama

Selain aroma tubuh, bayi juga mengenal baik suara Mama-nya. Biasanya, bayi berusaha mencari dimana Mama berada melalui asal suara Mama. Suara Mama menenangkan hatinya dan membahagiakan untuk didengar si kecil. 

Nangis Ketika Ditinggal / Berjauhan dengan Mama

Tubuh Mama, suara Mama, bahkan aroma Mama adalah tanda-tanda kehadiran orang favoritnya si kecil. Bagi si kecil, semua itu adalah dunianya. Inilah mengapa ia pun kemudian merasa sedih, menangis dan insecure ketika Mama harus kembali ngantor atau pergi meninggalkannya kemana saja walau hanya sebentar Bahkan kadang lepas gendongan sebentar saja langsung “oek-oekkk”. Pernah mengalaminya, Mam? Namun ini bukan berarti si kecil manja ya, ini hanyalah cara ia menunjukkan betapa kehadiran Mama sangat berarti bagi mereka. Seiring bertambah usia, ia akan semakin mandiri dan mulai berani ditinggal sendiri. Jadi, nikmati momen gemas ini semaksimal mungkin ya, Mam.

Tanda sayang yang mana yang pernah Mama terima dari si kecil? 😀

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang perkembangan anak dan sekilas info tentang menyusui, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama.

Source:

https://www.babycenter.com/baby/behavior/7-signs-that-your-child-loves-you_10327319
https://www.parents.com/baby/development/behavioral/signs-your-baby-loves-you/
Chat with us via Whatsapp