fbpx

Puasa bagi Ibu menyusui memang tidak berbahaya atau menimbulkan dampak buruk, tetapi berpuasa tanpa memenuhi asupan nutrisi dan cairan yang tepat dapat mempengaruhi kesehatan Mama, si kecil, dan produksi ASI. Oleh karena itu, penting bagi Mama untuk memperhatikan berbagai hal saat memutuskan untuk  berpuasa. 

Nah, kali ini MamaBear punya tips puasa sehat bagi Ibu menyusui yang sayang banget kalau Mama lewatkan. Cusss langsung aja Ma, simak tips puasa sehat Busui di bawah ini!

Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui

1. Cukupi kebutuhan kalori

Puasa bagi Ibu menyusui tidak akan berbahaya jika Mama mencukupi kebutuhan kalori selama menjalani ibadah puasa. Mama yang sedang menyusui biasanya memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi dibandingkan orang lainnya, yaitu 450 hingga 500 kalori lebih banyak. Nah, ketika Mama menjalani ibadah puasa, ada baiknya Mama mengkonsumsi cukup nutrisi dan cairan saat berbuka, sahur dan malam hari sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan produksi ASI.

2. Hindari melakukan aktivitas berat

Saat menjalani ibadah puasa, baiknya Mama tidak melakukan aktivitas berat berlebih yang dapat mempengaruhi stamina Mama. Apalagi jika aktivitas tersebut bisa membuat Mama merasa cepat lelah. Perbanyak istirahat dan beribadah, serta mendampingi si kecil.

3. Cukupi kebutuhan gizi

Tips puasa bagi Ibu menyusui selanjutnya adalah tentang kebutuhan gizi. Sebenarnya, baik sedang menjalani ibadah puasa atau tidak, mencukupi kebutuhan gizi merupakan hal yang penting bagi Mama menyusui. Mama diharapkan dapat mengkonsumsi asupan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, karbohidrat, dan ekstra lemak. Jadi, pastikan menu makan Mama bernutrisi seimbang, ya.

4. Cukupi kebutuhan tidur

Mencukupi kebutuhan tidur dapat membantu Mama menjalani puasa dengan lancar. Meski sepele, kualitas tidur juga dapat mempengaruhi kelancaran ASI. Mama yang kurang tidur lebih rentan stres dan menghambat kerja hormon oksitosin yang bertugas mengeluarkan ASI.

5. Cukupi kebutuhan cairan untuk menghindari dehidrasi

Hal yang satu ini sebaiknya tidak diabaikan. Pasalnya dehidrasi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan stamina Mama. Dehidrasi juga berdampak pada produksi ASI. Mengingat 88% komposisi ASI adalah air, sehingga bahan baku penting untuk memproduksi ASI adalah air. Untuk mengatasi hal ini, Mama sebaiknya minum 3.5L air setiap harinya. Saat kebutuhan cairan Mama tercukupi, puasa bagi Ibu menyusui bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Atur pembagian minum air saat bangun tidur, sebelum makan sahur atau berbuka, sebelum tidur, serta sebelum dan sesudah tarawih.

6. Konsumsi MamaBear

Untuk menjaga asupan ASI tetap terjaga, Mama dapat mengkonsumsi MamaBear untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, serta meningkatkan produksi dan nutrisi ASI. Mama dapat mengkonsumsinya pada saat berbuka puasa, sahur, serta setelah tarawih. Intip pembagian menu makan busui dan konsumsi MamaBear di sini

Nah itulah 6 tips puasa bagi Ibu menyusui yang bisa Mama lakukan. Namun sebaiknya pertimbangkan juga usia bayi sebelum memutuskan berpuasa. Mama juga diperbolehkan untuk memilih tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain atau membayar fidyah.

Mama bisa menemukan artikel lainnya seputar ASI dan menyusui  di website MamaBear. Kunjungi website kami dan jangan lupa untuk mengikuti update artikel informatif lainnya dari kami ya, Ma!

Apa tips puasa bagi Ibu menyusui ala Mama?

Penulis: Nafisatul Umah

Editor: Mega Pratidina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.