fbpx

Perjalanan menyusui setiap Mama berbeda-beda. Tantangan yang dihadapi juga belum tentu sama. Tidak semua Mama menemui kemudahan dalam menyusui secara langsung. Diantara Mama-Mama ini ada yang memutuskan untuk menjalani Exclusive Pumping atau lebih dikenal dengan istilah Eping.

Definisi Eping

Eping memiliki arti memberikan ASI kepada bayi tanpa menyusui langsung dari payudara. Eping mengharuskan Mama untuk memompa ASI sesuai jadwal agar produksi ASI dapat konsisten dan stabil. Kemudian ASI yang telah diperah diberikan pada bayi melalui media seperti cup feeder, sendok atau pipet.

Mama dapat memilih untuk eping jika Mama atau bayi memiliki kendala menyusui langsung atau ada masalah kesehatan tertentu. Pilihan eping dijalani agar Mama tetap dapat memberikan ASI meski tidak dapat menyusu secara langsung.

Dilansir dari Parenting First Cry, exclusive pumping bukan merupakan hal yang mudah karena Mama perlu menginvestasikan waktu dan tenaga lebih banyak dibandingkan menyusui langsung. Lantas bagaimana ya, cara jitu agar bisa tetap sukses mengASIhi 2 tahun meski harus eping? Intip tipsnya sekarang, yuk.

Tips Sukses MengASihi dengan Eping

Ada beberapa tips untuk Mama eping yang ingin sukses mengASIhi sampai dua tahun, diantaranya:

1. Memilih Pompa yang Sesuai

Karena tidak menyusui langsung, memerah atau pumping menjadi kegiatan utama yang akan Mama jalani. Sebagian besar waktu Mama juga akan ditujukan untuk memerah ASI. Memilih alat pompa yang nyaman dan efisien sangat menentukan kemudahan menjalani eping.

Bila Mama memutuskan untuk menggunakan alat pumping, Mama bisa mempertimbangkan pompa ASI double pump untuk menghemat waktu lebih banyak. Selain itu, pilihan mesin pompa juga bisa menjadi pertimbangan, dengan memilih mesin yang memiliki fitur-fitur tertentu. Fitur-fitur tertentu ini biasanya akan memancing LDR lebih sering dan pengosongan payudara lebih optimal.

Baca juga: Pompa ASI Elektrik atau Manual, Manakah Paling Sesuai dengan Kebutuhan Mama?

2. Mengatur Jadwal & Disiplin Pumping

Mama dapat membuat jadwal rutin untuk memompa ASI dan langsung set alarm di smartphone untuk memudahkan Mama mengingat waktu pumping.

Idealnya, memompa ASI dilakukan sekitar 2-3 jam sekali atau 8-12 kali setiap harinya. Jumlah ini kemudian disesuaikan dengan usia bayi. Semakin bertambah usia bayi, frekuensi pumping dapat semakin dikurangi. Disiplin dengan jadwal pumping yang sudah dibuat adalah kunci sukses lancar menjalani eping.

Rutinlah juga menambahkan jadwal power pumping pada malam hari saat hormon prolaktin sedang tinggi-tingginya. Power pumping membantu meniru pola menyusu bayi yang sedang mengalami growth spurts atau percepatan pertumbuhan. Sehingga ini juga akan baik untuk meningkatkan produksi ASI.

3. Menjaga Asupan Nutrisi

Tips ini sebenarnya tidak hanya ditujukan untuk Mama eping saja. Karena semua Mama yang menyusui sebaiknya menjaga asupan nutrisinya dengan baik, agar tubuh juga dapat memproduksi ASI dengan lancar.

Penuhi juga kebutuhan cairan harian dengan minum minimal air 3.5L/hari. Cairan ini tidak harus air putih. Bisa juga dari makanan berkuah atau minuman favorit Mama.

4. Memijat Payudara

Memijat payudara atau melakukan pijat laktasi dapat membantu memperlancar ASI. Selain itu Mama juga bisa mengatasi sumbatan ASI dengan pijat ini. Mengompres payudara dengan air hangat juga membantu memperlancar saluran ASI.

Baca juga: Memperlancar ASI dengan Pijat Laktasi? Ikuti Langkahnya, Yuk!

5. Rileks dan Happy

Eping mungkin berat. Tapi sebisa mungkin hindari stres dan berusaha agar Mama bisa selalu bahagia.  Ambil waktu sejenak untuk me time untuk menyegarkan pikiran dan merilekskan badan. Bila perlu, seduh juga Teh Pelancar ASI MamaBear yang bantu Mama rileks dan meningkatkan produksi ASI.

6. Support System yang Solid

Orang di sekitar Mama, seperti Papa, keluarga, dan teman-teman merupakan bagian dari support system yang mampu mendukung keberhasilan mengASIhi sampai 2 tahun nanti.

Contoh sederhana dari peran support system ini adalah membuat kesepakatan dengan Papa tentang pembagian tugas mengASIhi. Karena Mama yang pumping, maka Papa yang memberikan ASI pada bayi. Kalau Mama sedang istirahat, Papa yang ambil alih untuk cuci perlengkapan pumping.

Karena menjalani eping ini tidak mudah, maka Mama sebaiknya tidak perlu ragu meminta bantuan pada anggota keluarga lainnya ya, Ma… Selain bermanfaat menjaga stamina fisik Mama, ini juga membantu psikis Mama lebih tenang dan lancar dalam mengASIhi.

Itulah beberapa tips untuk Mama Eping. Mama yang bahagia, membesarkan anak-anak yang bahagia pula. Jika Mama memutuskan untuk eping, semangat terus dan berjuang ya, Ma. Saluuut untuk komitmen penuh yang Mama ambil dalam mengASIhi si Kecil.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Metode Power Pumping Bagi Mums yang E-Pumping. URL: https://amp.guesehat.com/metode-power-pumping-bagi-mums-yang-e-pumping (diakses 21/10/2023)

2. Tips Memberikan ASI Eksklusif kepada Bayi dengan Cara Pumping. URL: https://amp.tirto.id/tips-memberikan-asi-eksklusif-kepada-bayi-dengan-cara-pumping-fJQJ (diakses 21/10/2023)

3. Beri Bayi ASI dengan Exclusive Pumping, Apa Maksudnya? URL: https://m.kumparan.com/amp/babyologist/tips-lancar-mengasihi-bagi-mama-eping-ekslusif-pumping-1548439358474551589 (diakses 21/10/2023)

4. Tips Lancar MengASIhi bagi Mama Eping (ekslusif pumping). URL: https://m.kumparan.com/amp/kumparanmom/beri-bayi-asi-dengan-exclusive-pumping-apa-maksudnya-1viT4pUqZx9 (diakses 21/10/2023)

5. What to consider when trying to increase milk supply. URL: https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-milk-supply-when-pumping#things-to-consider (diakses 21/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.