fbpx

Baik direncanakan atau tidak, banyak wanita yang melahirkan dengan cara operasi caesar. Metode persalinan ini memang bukan hal baru lagi. Yang terpenting diingat bagi ibu yang ingin menyusui setelah operasi caesar, aktivitas memberi AI tetap bisa berjalan lancar dan sukses. Yuk atasi tantangan menyusui setelah operasi caesar dengan 7 tips berikut : 

1. Rencanakan sejak awal

Jika anda termasuk salah satu ibu yang memang sudah merencanakan operasi caesar sebagai metode bersalin pilihan, tidak ada salahnya mencoba produk penambah ASI yang aman sejak masih hamil. Salah satu produk penyubur ASI yang sudah bisa dikonsumsi saat hamil adalah Almond Oat Cookies dari Mamabear. Cemilan ini aman untuk sekeluarga dan sudah diperkaya dengan superfood yang aman untuk menyiapkan kelenjar payudara sejak dini. 

2. Dekat dengan bayi sesering mungkin

Kontak kulit segera setelah bayi dilahirkan sangat penting untuk dilakukan, termasuk untuk ibu yang melahirkan secara operasi caesar. Ini bisa jadi penambah asi alami karena banyak bukti medis yang menunjukkan kalau kontak kulit terutama diikuti dengan aktivitas menyusui dalam 1 jam pertama setelah melahirkan akan mempengaruhi kesuksesan menyusui secara jangka panjang. 

Oleh karena itu, minta agar dokter dan pihak rumah sakit memfasilitasi agar bayi dan ibu bisa langsung bersentuhan. Selain itu, usahakan juga agar bayi berdekatan dalam satu kamar setelah proses bersalin usai. 

3. Segera mulai menyusui

Persalinan caesar bisa menyebabkan produksi ASI yang terlambat dibandingkan dengan persalinan normal, dimana transisi dari kolostrum ke ASI akan muncul dalam 72 jam setelah kelahiran. Riset menunjukkan dengan segera memulai menyusui maka sel hormon yang memproduksi ASI akan lebih cepat bekerja, termasuk juga kegiatan memompa dalam beberapa jam pertama setelah bersalin. 

Supaya ibu bisa mulai dengan cepat, coba konsultasikan dengan dokter atau suster agar bisa diberikan kesempatan menyusui segera setelah bersalin. Tanyakan juga kapan idealnya Anda boleh mulai memompa ASI. 

4. Minta bantuan posisi menyusui

Bagi ibu yang melahirkan secara operasi caesar, ruang gerak pasti lebih terbatas karena harus menjaga area bawah perut yang sakit akibat luka operasi. Selain itu, tubuh juga akan terpasang dengan infus dan selang untuk mesin pengukur tekanan darah. Ini sebabnya, anda mungkin akan membutuhkan bantuan saat mencari posisi menyusui yang tepat. Sebaiknya tidak sungkan untuk meminta bantuan yah moms.

5. Jangan menolak obat penahan sakit

Penting bagi ibu untuk tidak menolak anjuran obat- obatan untuk mengurangi rasa sakit dari dokter. Jika luka operasi terasa sakit, maka tubuh akan sulit sembuh dan menyusui akan menjadi tidak nyaman. Beberapa obat pengurang sakit aman dikonsumsi oleh ibu menyusui, walaupun memang akan membuat bayi lebih mudah mengantuk. Konsultasikan dengan dokter supaya aktivitas menyusui berjalan lancar.

6. Tidak malas memompa

Stamina ibu setelah menjalani operasi caesar mungkin akan lebih lemah, namun ada baiknya semangat memompa tetap dijaga. Karena ada kemungkinan Anda tidak selalu bersama bayi, usahakan untuk tetap memompa setiap 2-3 jam untuk menstimulasi produksi ASI. Ini bisa jadi cara penambah ASI secara alami yang signifikan untuk kesuksesan menyusui.

7. Pertahankan suplai ASI

Baik untuk ibu yang melahirkan secara normal ataupun via operasi caesar, mempertahankan suplai ASI adalah kunci utama untuk perjalanan menyusui yang sukses. Cara termudah untuk menjaga produksi ASI adalah dengan menambah asupan gizi dari produk penyubur ASI alami Mamabear. Temukan berbagai produk seperti teh pelancar ASI dan minuman bubuk yang terbukti efektif untuk membantu melancarkan ASI.

Temukan lebih banyak artikel menarik seputar penambah ASI atau penyubur ASI alami bersama kami. Selamat menyusui moms!

Source :

https://www.medela.us/breastfeeding/articles/how-to-make-the-most-of-nursing-after-a-c-section

https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-after-a-c-section-431676

https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/cesarean/5-facts-about-breastfeeding-after-a-c-section/

https://www.whattoexpect.com/first-year/breastfeeding/breastfeeding-after-c-section/

https://www.medela.com.au/breastfeeding/blog/breastfeeding-tips/4-tips-successful-breastfeeding-cesarean-section