fbpx

Saat hamil, Mama banyak sekali mendapat nasihat dari orang-orang di sekitar, mulai dari makanan yang dianjurkan hingga hal-hal yang pantang dilakukan. Salah satu pantangan yang mungkin Mama dengar adalah larangan untuk memakan ikan gabus untuk ibu hamil. Konon karena ikan gabus memiliki sifat kanibal. Sifat tersebut dikhawatirkan mempengaruhi kondisi janin yang Mama kandung dan membuat janin dalam kandungan Mama menghilang. Apakah anggapan tersebut benar? Yuk, kita cari tahu bersama!

Ternyata, larangan mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil hanya mitos belaka, ya, Ma. Sebaliknya, ikan gabus mengandung banyak nutrisi yang baik untuk hamil. 

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Berikut manfaat mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil:

  1. Mengandung Banyak Nutrisi

Manfaat mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil yang pertama adalah ikan gabus mengandung banyak nutrisi penting. Berdasarkan sebuah studi dari Malaysian Journal of Nutrition yang dikutip dari Halodoc, dalam 150 gram ikan gabus, diketahui mengandung kalori sebanyak 118 kkal, protein sebanyak 20 gram, karbohidrat sebanyak 15 gram, dan lemak sebanyak 4 gram. Selain itu, ikan gabus juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B1, B2, B3, seng, kalium, zat besi, fosfor, dan mineral lainnya. Ikan gabus juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan ibu hamil. Wah, Ma, banyak sekali, ya, kandungan nutrisi ikan gabus untuk ibu hamil!

  1. Mengatasi Kurang Gizi

Karena banyaknya nutrisi dan gizi dalam ikan gabus untuk ibu hamil, ikan gabus juga bermanfaat untuk mengatasi kurang gizi saat masa kehamilan. Ikan gabus membantu Mama mencukupi kebutuhan gizi saat sedang hamil, terutama kebutuhan gizi si kecil dalam kandungan melalui makanan yang dikonsumsi Mama. Ikan gabus diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi, kalori, zat besi, lemak, albumin, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan air.

  1. Baik Untuk Pertumbuhan Si Kecil dalam Kandungan

Manfaat mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil selanjutnya terletak pada kandungan protein yang ada pada ikan gabus. Kandungan protein yang tinggi pada ikan gabus diketahui baik untuk pertumbuhan si kecil dalam kandungan Mama. Selain itu, ikan gabus juga bisa menjadi alternatif sumber protein hewani untuk ibu hamil.

  1. Mempercepat Pemulihan Luka

Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil berikutnya adalah mempercepat pemulihan luka. Albumin yang terkandung dalam ikan gabus dapat mencegah terjadinya pembengkakan pasca luka dan membantu regenerasi jaringan tubuh yang terluka dengan cepat. Ikan gabus juga bisa menjadi alternatif untuk Mama yang akan melakukan operasi sesar agar penutupan luka bekas operasi menjadi lebih cepat.

  1. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjaga imunitas tubuh. Saat hamil, Mama sebaiknya menjaga imunitas tubuh dengan baik. Kandungan albumin dalam ikan gabus dapat membantu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh dari serangan penyakit, seperti batuk, flu, dan penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil, Mama menjaga imunitas tubuh dari serangan penyakit.

  1. Menaikkan Berat Badan

Manfaat mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil yang satu ini penting sekali untuk Mama yang memiliki berat badan kurang. Mama dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak protein hewani untuk menambah berat badan. Menaikkan berat badan sesuai usia kandungan bertujuan untuk menghindari si kecil lahir prematur.

  1. Mencegah Pembengkakan Pada Tubuh Ibu Hamil

Saat hamil, Mama sering kali mendapati beberapa bagian tubuh lain mengalami pembengkakan. Kaki adalah bagian tubuh yang sering ikut membengkak ketika perut semakin membesar. Hal ini disebabkan oleh naiknya volume darah dalam tubuh saat sedang hamil. Pembengkakan yang terjadi biasanya disebut edema. Albumin dalam ikan gabus yang diproduksi di hati berfungsi mengatur tekanan dalam pembuluh darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh yang ada di sekitarnya. Albumin akan membantu mengikat darah agar tidak terjadi pengendapan yang dapat menyebabkan edema. Karena itulah, menyantap ikan gabus untuk ibu hamil baik untuk mencegah dan meredakan pembengkakan tersebut.

Nah, Ma, itulah manfaat ikan gabus untuk ibu hamil dan penjelasannya. Adakah diantara Mama semua yang juga suka mengonsumsi ikan gabus? Share pengalaman kehamilan Mama dengan konsumsi ikan gabus, dong.

Writer: Fathiya Rahmah

Editor: Mega Pratidina

Source:

7 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil (popmama.com)

Ini Manfaat Ikan Gabus dan Kandungan Nutrisinya (halodoc.com)

12 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil dan Mempercepat Penyembuhan Setelah Operasi | Diadona.id (diadona.id) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.