fbpx

Bayi yang baru lahir bisa saja sulit untuk tidur nyenyak. Hal ini dapat terjadi karena bayi yang baru lahir belum mengetahui siang dan malam dan belum memiliki ritme sirkadian yang pasti sehingga belum bisa menentukan kapan waktu untuk bangun dan kapan waktu untuk mulai tidur. Selain itu, kondisi lingkungan yang berbeda dari rahim membuat bayi seringkali kurang nyaman dan cukup terganggu. Bayi yang menangis di malam hari membuat Mama dan Papa harus terjaga sepanjang malam. Inilah kenapa banyak orang tua yang stress menghadapi pola tidur bayi. Tenang saja ya, Ma, Pa! Mama dan Papa dapat mencoba beberapa cara berikut agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak

Mama dan Papa dapat mencoba tips berikut agar bayi tidur nyenyak. Jika bayi tidur nyenyak, Mama dan Papa juga dapat tidur nyenyak dengan durasi yang cukup.

  1. Menyusui di Malam Hari

Menyusui di malam hari dapat membuat bayi tidur nyenyak sepanjang malam. Dilansir dari laman Parenting Science, ASI di malam hari mengandung hormon melatonin yang lebih tinggi. Hormon tersebut dapat membantu bayi tidur sehingga bayi tidur nyenyak. Menyusui di malam hari juga dapat membantu bayi mengenal ritme sirkadian tubuh. Mama disarankan untuk menyusui bayi di malam hari. Bayi yang disusui pada malam hari akan merasa kenyang dan meski terbangun sedikit mereka akan tetap tenang untuk menyusu. 

  1. Mengatur Suasana di Dalam Kamar

Selama kurang lebih sembilan bulan, bayi terbiasa dengan lingkungan rahim Mama. Bayi masih dalam tahap adaptasi ke dunia yang bising. Mama bisa mengatur suasana di dalam kamar. Contohnya yaitu meredupkan lampu, memutar white noise, dan menjaga ruangan tetap sunyi.

  1. Membedong Bayi

Mama dapat membedong bayi agar bayi tidur nyenyak. Dilansir dari laman Pregnancy Birth Baby, membedong bayi perlu dilakukan dengan tepat dengan cara bedong bayi tidak terlalu ketat agar bayi tetap merasa nyaman. Selain itu, Mama dapat menggunakan kain katun yang ringan dan nyaman serta tidak terlalu tebal untuk membedong agar bayi tidak merasa kepanasan. Tidak menutupi kepala dan wajah bayi dalam membedong juga perlu diperhatikan agar bayi dapat bernapas bebas. Dengan membedong bayi akan membuat bayi merasa nyaman dan bayi tidur nyenyak. Namun, cara ini sebaiknya tidak lagi digunakan pada bayi berusia lebih dari 1 bulan ya Ma. Selain baik untuk perkembangan motoriknya, ini juga membuat bayi lebih leluasa bergerak saat tidur.

  1. Menurunkan Suhu Ruangan di Kamar

Sebagian besar manusia dapat tidur nyenyak dan nyaman jika tidur dengan keadaan ruangan yang sejuk. Hal tersebut juga berlaku untuk bayi. Mama dapat mengatur suhu yang sejuk dalam ruangan di kamar sehingga bayi tidur nyenyak dan nyaman. Jika jari bayi terasa dingin, sebenarnya ini adalah hal yang normal. Mama dapat mencoba menyentuh dada bayi. Jika dada bayi hangat, maka bayi sudah merasa cukup hangat dan tidak kedinginan.

  1. Mengatasi Gangguan saat Bayi Tidur

Saat bayi tidur nyenyak, sangat mungkin terjadi berbagai gangguan yang dapat mengganggu kenyamanan sehingga bayi dapat terbangun dari tidurnya. Contohnya yaitu popok bayi yang basah dan merembes keluar, cahaya berlebih, atau suara bising yang dapat membuat bayi merasa terganggu saat tidur. Mama bisa segera mengganti sprei agar bayi tidur nyenyak kembali. Mama disarankan untuk menggunakan alas di atas sprei untuk lebih memudahkan penggantian popok. Mama juga dapat menyiapkan bedongan bayi yang dapat membantu menidurkan bayi kembali tanpa menyalakan lampu ruangan di kamar. Saat bayi terbangun, Mama akan membutuhkan banyak waktu untuk menidurkan bayi kembali. 

  1. Mama dan Papa Berbagi Tugas

Mama dan Papa dapat membagi tugas dalam merawat bayi di malam hari. Jika Mama sedang menyusui bayi di malam hari, Papa dapat membantu Mama dengan mengatur suasana di dalam kamar agar bayi tidur nyenyak atau membantu menggendong bayi agar dapat tidur. Dengan membagi tugas, Papa dan Mama dapat lebih cepat untuk menidurkan bayi.

  1. Menerapkan Rutinitas Tidur yang Konsisten

Mama dapat mengatur rutinitas sebelum tidur untuk bayi. Biasanya Mama dapat menceritakan sebuah buku, menyanyikan lagu bersama, menyusui bayi, lalu meletakkan bayi pada tempat tidur yang nyaman. Semua hal tersebut perlu dilakukan secara konsisten dan teratur agar bayi tidur nyenyak. Mama juga dapat melakukan pijatan lembut dengan lotion lalu mematikan lampu ruangan kamar sebagai penutup sehingga bayi tidur nyenyak.

Nah, itulah tips ampuh agar bayi tidur nyenyak yang dapat Mama coba. Semoga dengan mengetahuinya, Mama dapat mengatur waktu tidur bayi dengan tepat agar bayi tidur nyenyak. Kalau bayi tidur nyenyak, Mama dan Papa juga bisa tidur nyenyak. Share dong pengalaman Mama dan Papa untuk membuat bayi tidur nyenyak. Dapatkan informasi seputar ASI dan menyusui lainnya di website Mamabear.co.id, social media Instagram @mamabearid, tiktok @mamabear_id, dan Youtube Channel MamaBear Pelancar ASI.

Writer: Luqmanul Hakim

Editor: Mega Pratidina

Source:

The Best Baby Sleep Tips Ever (parents.com)

12 Baby-Sleep Tips for Exhausted New Parents (todaysparent.com)

Melatonin, Breast Milk, and Breast Pumps: How the Timing of Milk Production Might Affect Infant Sleep (parentingscience.com)

Swaddling Your Baby (pregnancybirthbaby.com)https://freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.