fbpx

Nggak jarang bayi gelisah saat menyusu pada Mama. Bahkan ada yang payudara Mama sambil menjerit dan menangis. Hal tersebut mungkin membuat Mama khawatir karena mungkin saja bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup, ASI yang keluar dari payudara Mama memiliki rasa yang kurang disukai, dan banyak pikiran negatif lainnya. Faktanya, hal tersebut normal terjadi. Yuk simak penjelasan tentang bayi gelisah saat menyusu berikut.

Penyebab Bayi Gelisah saat Menyusu

Bayi yang gelisah saat menyusu dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Untuk mencari tahu penyebab bayi gelisah saat menyusu, dibutuhkan pengamatan dan insting seorang Ibu untuk menemukan jawabannya. Mama dapat mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan bayi gelisah saat menyusu. Dilansir dari laman La Leche International, berikut adalah penjelasan beberapa kemungkinan penyebab bayi gelisah saat menyusu.

  1. Bayi Sedang Kelaparan

Menunda atau menjadwalkan waktu tertentu untuk menyusui dapat menyebabkan bayi gelisah saat menyusu, tidak senang, dan rewel. Mama disarankan untuk menyusui bayi sesuai dengan keinginannya. Hindari untuk menunda atau membuat jadwal tertentu saat menyusui bayi karena mungkin saja bayi akan kelaparan dan menyebabkan bayi gelisah saat menyusu. Sifat ASI yang mudah diserap tubuh bayi tidak bisa ditentukan dengan paten kapan pencernaan bayi kosong lagi dan membutuhkan ASI kembali. Sambil menyusui bayi, Mama juga dapat menggendong bayi dan memastikannya merasa nyaman dan aman.

  1. Bayi Tidak Merasa Nyaman

Bayi yang terlihat tidak merasa nyaman dan bayi gelisah saat menyusu, dapat diatasi dengan memberikan gendongan yang lembut kepada bayi yang dapat membantunya untuk merasa nyaman. Bayi yang digendong akan cenderung lebih jarang menangis. Dengan menggendongnya, bayi akan merasa bahwa ada orang lain yang peduli dengannya.

  1. Aliran ASI Lambat

Bayi gelisah saat menyusu mungkin saja dapat disebabkan oleh aliran ASI yang kurang deras. Beberapa bayi menyukai aliran yang kencang dan saat aliran melambat bisa saja membuat mereka cukup stres dan merasa gelisah. Pastikan kembali apakah perlekatan sudah tepat atau adakah masalah menyusui lainya yang membuat aliran ASI terhambat.  

  1. Kelebihan Pasokan ASI atau Aliran ASI yang Terlalu Kuat

Terlalu lambat bayi bisa gelisah, terlalu deras pun bayi bisa gelisah. Bayi mungkin saja akan muntah jika aliran ASI pada payudara Mama terlalu kuat sehingga bayi gelisah saat menyusu. Mama perlu memastikan bahwa bayi tuntas menyusu dari satu payudara sebelum pindah ke payudara lainnya.

  1. Terjadi Sariawan pada Mulut Bayi

Gejala utama sariawan pada mulut bayi yaitu bayi gelisah saat menyusu, rewel, dan tidak senang. Hal tersebut dapat disebabkan karena bayi merasa mulutnya sakit. Sariawan yang terjadi pada bayi dapat memperlambat kenaikan berat badan karena proses menyusui terganggu. Untuk mengatasinya, konsultasikan pada dokter obat apa yang sebaiknya dikonsumsi.

  1. Alergi dan Intoleransi Makanan

Dilansir dari laman Parents, pada beberapa kasus, bayi gelisah saat menyusu dapat menyebabkan berat badan turun, adanya alergi, penyakit, atau masalah medis yang membuat bayi tidak nyaman. Jika kondisi tersebut terjadi, Mama dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat untuk bayi.

Tips Mengatasi Bayi Gelisah saat Menyusu

Jika bayi gelisah saat menyusu, Mama dapat melakukan berbagai cara untuk menenangkannya. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Mama coba untuk menenangkan bayi gelisah saat menyusu.

  1. Melakukan Skin to Skin

Dilansir dari laman Parents, Mama sangat direkomendasikan untuk banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan bayi. Kontak dari kulit ke kulit sebelum menyusui adalah cara terbaik untuk menenangkan bayi gelisah saat menyusu. Dengan adanya skin to skin, bayi akan merasa aman dan nyaman sehingga dapat mengatasi kegelisahan yang terjadi.

  1. Mengubah Posisi Menyusui

Bayi mungkin lebih nyaman pada posisi menyusui tertentu. Saat bayi merasa posisi menyusui tidak nyaman, bayi akan rewel dan menangis. Bayi akan menangis jika tidak merasa nyaman. Pada saat posisi menyusui tidak sesuai keinginan bayi, hal tersebut dapat menyebabkan bayi gelisah saat menyusu. 

  1. Meminta Bantuan dari Orang Lain untuk Menenangkan Bayi

Jika Mama lelah dan membutuhkan waktu untuk beristirahat, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari orang lain untuk menenangkan bayi. Bayi mungkin dapat merasakan lelah yang dialami Mama sehingga menyebabkan bayi gelisah saat menyusu. Suasana hati Mama saat kelelahan akan berbeda dan dapat dirasakan oleh bayi. Mama dapat meminta bantuan Papa atau orang lain di sekitar Mama. Saat sudah tidak lelah dan beristirahat dengan waktu yang cukup, Mama dapat mencoba menyusui bayi kembali.

  1. Meniru Lingkungan Rahim

Bayi mungkin sudah terbiasa dengan lingkungan rahim yang nyaman dan menenangkan selama sembilan bulan dalam kandungan. Bayi baru lahir masih menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru dan cukup berbeda dari rahim setelah lahir ke dunia. Cara yang dapat dilakukan adalah Mama dapat meniru lingkungan rahim sehingga dapat mengatasi bayi gelisah saat menyusu. Contohnya yaitu menyusui sambil menggendong bayi dengan keadaan ruangan yang agak gelap. Mama dapat menggendong bayi dengan gendongan bayi yang nyaman atau ayunan bayi. Gunakan juga white noise untuk membantu bayi lebih tenang, Bayi gelisah saat menyusu juga dapat disebabkan oleh suara keras yang mengganggu. Setelah bayi terlihat tenang dan nyaman, Mama dapat mencoba untuk menyusui bayi kembali.

  1. Menyendawakan Bayi

Bayi gelisah saat menyusu dapat disebabkan oleh bayi yang belum bersendawa. Oleh karena itu, Mama dapat mencoba membantu bayi agar dapat bersendawa. Mama dapat menggosok punggung bayi dengan lembut yang membantu bayi agar bersendawa atau mengeluarkan angin.

  1. Menyusui Bayi saat Mengantuk atau Baru Bangun Tidur

Dilansir dari laman Parenting First Cry, saat yang tepat untuk menyusui bayi adalah saat bayi baru bangun dari tidurnya atau saat masih mengantuk. Mama dapat mencoba untuk menyusui bayi saat  bayi belum benar-benar terbangun dari tidurnya atau saat bayi mulai mengantuk.

  1. Tidak Perlu Terburu-Buru Beralih ke Botol dan Susu Formula

Biasany ketika bayi gelisah saat menyusu Mama mulai berpikir bahwa ada yang salah dengan ASI Mama. Sehingga Mama mulai berpikir untuk menambahkan susu formula. Namun, hal ini hanya akan menjadi jebakan untuk Mama. Bayi yang diberikan dot dan susu formula dapat menyebabkan bingung puting dan menolak untuk menyusu sehingga akan memengaruhi kesehatan bayi.

Nah, itulah penjelasan tentang tips menghadapi bayi gelisah saat menyusu yang perlu Mama pahami. Semoga dapat menjadi pengetahuan baru bagi Mama agar percaya diri dalam menghadapi masalah bayi gelisah saat menyusu. Bayi gelisah saat menyusu bukan berarti ada yang salah dengan ASI yang diproduksi oleh tubuh Mama, tetapi ada banyak faktor penyebab lainnya yang harus dicari dengan teliti.

Writer: Luqmanul Hakim

Editor: Mega Pratidina

Source:

7 Breastfeeding Tips for Fussy-at-the-Breast Babies (parents.com)

Baby Crying While Breastfeeding – Causes and Solutions (parenting.firstcry.com)

The Unhappy Breastfed Baby (laleche.org.uk)

https://freepik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.