fbpx

Setiap pasangan menginginkan rumah tangga bahagia dan langgeng. Namun, tidak ada rumah tangga yang akan luput dari cobaan dan rintangan. Agar Mama dan Papa bisa tetap harmonis, MamaBear punya tips sederhana agar rumah tangga bahagia dan langgeng. Yuk, kita simak bersama!

Tips Sederhana Agar Rumah Tangga Bahagia dan Langgeng

  1. Ucapkan 3 Kata Ajaib: Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

Ketika sudah menikah, Mama dan Papa kerap kali lupa untuk menghargai keberadaan pasangan masing-masing. Mengucapkan kata tolong, maaf, dan terima kasih membuat pasangan merasa lebih dihargai dan disayangi. 

  1. Saling Bertukar Cerita

Tips selanjutnya untuk rumah tangga bahagia dan langgeng adalah dengan saling bertukar cerita. Mama dan Papa dapat saling bertukar cerita mengenai kesibukan hari ini. Dengan bercerita, Mama dan Papa bisa saling terbuka dan membuat hubungan satu sama lain menjadi lebih dekat.

  1. Berbagi Tugas

Membagi pekerjaan rumah tangga dapat membuat rumah tangga bahagia dan langgeng, lho. Hal ini agar tidak ada salah satu pihak yang merasa terbebani dengan pekerjaan rumah tangga yang banyak. Mama dan Papa juga bisa saling membantu pasangan saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

  1. Ulangi Masa Pacaran

Mengulangi masa-masa saat pacaran dulu juga bisa membuat rumah tangga bahagia dan langgeng. Mama dan Papa bisa tetap saling romantis satu sama lain sekalipun sudah menikah. Hal-hal kecil seperti mengirim pesan singkat manis, bergandengan tangan, atau makan makanan favorit saat kencan dulu membuat Mama dan Papa merasa saling menyayangi. Hubungan yang Mama dan Papa jalani pun terasa seru dan jauh dari rasa bosan. Si kecil bagaimana? Mama dan Papa bisa memutuskan untuk menitipkan si kecil pada anggota keluarga lain selama beberapa jam untuk kencan singkat. Tapi bila ada momen pacaran yang bisa dilakukan dengan tetap membawa si kecil, tidak ada salahnya juga, lho.

  1. Olahraga Bersama

Selain untuk menjaga kesehatan, olahraga juga bisa menjadi kegiatan yang mewarnai rumah tangga bahagia dan langgeng. Olahraga pun juga akan lebih efektif jika dilakukan bersama. Contohnya, lari pagi, senam, yoga untuk pasangan, atau aktivitas fisik lain yang membuat badan menjadi lebih sehat. Mama dan papa juga akan merasa lebih dekat sehingga rumah tangga bahagia dan menjadi lebih langgeng.

  1. Mencium Pasangan di Pagi Hari

Mencium pasangan di pagi hari sebagai ungkapan rasa sayang, entah itu di kening, pipi, atau bibir.  Pagi hari akan dimulai dengan menyenangkan. Mood Mama dan Papa juga akan menjadi lebih baik. Hubungan emosional satu sama lain pun akan menjadi lebih dekat dan membuat rumah tangga bahagia.

  1. Me time

Setelah menikah, Mama dan Papa sering terlupa bahwa Mama dan Papa tetap membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Memanjakan diri sendiri dengan melakukan perawatan diri atau melakukan hobi bukanlah hal egois. Mama dan Papa juga akan lebih menghargai waktu yang dihabiskan bersama pasangan. Dengan adanya me time, stress yang didapat dari pekerjaan sehari-hari, tekanan & tanggung jawab setelah menikah juga akan berkurang. Me time juga merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap diri sendiri supaya lebih siap menghadapi hubungan sosial lagi dengan orang lain, termasuk dengan pasangan. Emosi Mama dan Papa juga akan menjadi lebih tenang dan rileks, membuat rumah tangga Bahagia dan langgeng. 

  1. Saling Perhatian dan Memberi Pujian

Sekalipun Mama dan Papa mempunyai kesibukan masing-masing, Mama dan Papa sebaiknya tetap saling menghujani satu sama lain dengan perhatian. Ingatlah untuk selalu memuji pasangan. Hal ini karena memberi pujian membuat hubungan semakin erat. Berikan pujian karena pasangan telah bekerja keras hari ini, sehingga pasangan merasa bangga dan dicintai. Dengan demikian, rumah tangga bahagia juga akan tercapai karena berisikan hal-hal positif di dalamnya.

Itulah tips sederhana agar rumah tangga bahagia dan langgeng. Dengan melakukan tips tersebut di atas, Mama dan Papa akan membuat rumah tangga bahagia, lebih langgeng dan awet. Share juga yuk tips rumah tangga bahagia ala Mama & Papa.

Writer: Fathiya Rahmah

Editor: Mega Pratidina

Source:

Tips pernikahan langgeng – 7 Cara sederhana rumah tangga lebih bahagia (id.theasianparent.com)

15 Kunci Rumah Tangga Bahagia, Hubungan Suami Istri Harmonis (popmama.com) 

Rahasia Pernikahan Langgeng dan Bahagia, ini 10 Kebiasaan yang Wajib Kamu Lakukan! (grid.id)

Yuk Simak 10 Tips Menjadi Keluarga Bahagia! | Orami (orami.co.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.