fbpx

Setelah 9 bulan menjalani kehamilan tanpa kedatangan tamu bulanan, Mama mengalami momen ‘serupa’ setelah si kecil lahir. Dikenal dengan istilah masa nifas, momen serupa dengan haid ini berlangsung kurang lebih 1- 2 bulan setelah melahirkan. Bagaimana dengan haid bulanan setelah masa nifas selesai? Adakah cara menghitung haid setelah nifas?

Cara Menghitung Haid Setelah Nifas

Dilansir dari Healthline, haid pertama umumnya kembali sekitar 6-8 minggu setelah melahirkan. Tapi pada Mama yang menyusui, haid bisa saja tidak datang dalam kurun waktu yang lama. Ini karena adanya peranan hormon menyusui yang meningkat dan menekan jumlah hormon reproduksi.

Hormon prolaktin, yang bertugas memproduksi ASi, menekan jumlah estrogen, hormon reproduksi, sehingga siklus menstruasi Mama belum kembali normal sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Setiap Mama yang menyusui pun tidak memiliki patokan waktu pasti dalam menghitung haid setelah nifas. Karena setiap Mama memiliki siklus dan kestabilan hormon yang berbeda juga.

Menghitung Haid Setelah Nifas untuk Kehamilan Berikutnya

Salah satu alasan Mama menghitung haid setelah nifas adalah kehamilan berikutnya! Mungkin Mama ingin menunda kehamilan atau bahkan merencanakan kehamilan berikutnya secara langsung.

Tapi tahukah Mama, kalau menghitung haid  setelah nifas bukan 100% penentu masa subur untuk mencegah atau merencanakan kehamilan? Melansir dari Medical News Today, masa subur dapat terjadi bahkan sebelum Mama mendapatkan haid pertama setelah melahirkan. Sehingga Mama masih mungkin hamil lagi. 

Mama yang menyusui mungkin akan mendengar tentang menyusui bisa sebagai KB alami untuk mencegah kehamilan berikutnya terjadi terlalu cepat. Menyusui sebagai KB alami disebut dengan istilah Metode Amenore Laktasi (MAL), bisa terjadi dengan syarat:

  • Mama menyusui eksklusif;
  • Mama belum mendapat haid pertama setelah melahirkan;
  • Si kecil berusia kurang dari 6 bulan.

Jadi, kalau syarat tersebut tidak terpenuhi, Mama memiliki kemungkinan besar untuk hamil.

Perubahan Pada Haid Setelah Melahirkan

Menghitung haid setelah nifas tidaklah sama pada setiap Mama yang menyusui. Begitu juga dengan perubahan yang terjadi pada haid setelah melahirkan. Haid setelah melahirkan bisa saja berbeda dari haid Mama sebelum melahirkan. Bahkan, yang Mama alami saat haid setelah melahirkan anak pertama bisa saja berbeda dengan setelah melahirkan anak kedua atau seterusnya.

Haid setelah nifas bisa saja lebih banyak, lebih sedikit, lebih lama, lebih sebentar, bahkan lebih terasa sakit saat mengalami kram. Ini terjadi karena uterus baru saja membesar karena kehamilan, lalu kembali ke ukuran semula setelah melahirkan. Lapisan endometrium yang luruh setiap kali Mama mengalami haid masih menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang baru terjadi ini. Sehingga haid setelah melahirkan pun bisa bermacam gejalanya.

Hal Lain yang Mempengaruhi Haid Setelah Melahirkan

Selain hormon menyusui, ada beberapa hal lain yang mempengaruhi haid setelah melahirkan. Meski menghitung haid setelah nifas mungkin tidak pasti, tapi haid pertama bisa saja datang saat tingkat stres Mama meningkat atau terjadi infeksi yang belum diketahui penyebabnya yang menyebabkan Mama mengeluarkan darah lebih banyak. Bila Mama mengalami ini, tidak ada salahnya berkonsultasi langsung pada dokter untuk memeriksa apa yang terjadi di dalam rahim.

Dari penjelasan di atas, kita jadi lebih mengetahui bahwa menghitung haid setelah nifas bisa saja dilakukan jika Mama tidak menyusui. Tapi, Mama yang menyusui memiliki waktu tidak pasti dalam menghitung haid setelah nifas. Selain itu, menghitung haid setelah nifas juga tidak dapat digunakan sebagai patokan untuk menentukan kehamilan berikutnya. Haid setelah nifas juga memiliki beragam gejala yang dialami setiap Mama. Poin pentingnya, bila Mama mengalami haid yang tidak normal, segera temui Dokter untuk memeriksakan diri.

Bagaimana pengalaman Mama saat haid setelah nifas?

Penulis: Wendy Belinda

Editor: Mega Pratidina

Source:

First Period After Pregnancy: What to Expect (healthline.com)

Postpartum Period: When Will Your Menstrual Cycle Return After Birth? | Parents

Your First Period Postpartum (verywellfamily.com)

How soon can you get pregnant after giving birth?