fbpx

Asupan makanan bernutrisi perlu mendapat perhatian khusus bagi setiap ibu hamil. Ini dikarenakan segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh Mama juga akan diberikan pada si kecil dalam kandungan. Oleh karenanya, Mama dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi yang baik. Lantas, bagaimana jika Mama merasa mual? Makanan apa saja yang bisa dijadikan alternatif untuk meredakan sekaligus mencegah mual itu muncul? Cari tahu selengkapnya di sini.

Pisang

Tahukah Mama? Buah pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat. Inilah sebabnya dengan mengkonsumsi pisang Mama bisa merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi pada buah pisang juga efektif membantu meredakan sekaligus mencegah rasa mual. Mama bisa makan buah pisang di pagi hari sebagai alternatif makanan bernutrisi bagi ibu hamil.

Alpukat

Selain pisang, Mama juga bisa memilih buah alpukat sebagai alternatif makanan bernutrisi ketika merasa mual selama masa kehamilan. Dengan kandungan serat yang tinggi, serta kaya akan vitamin B, vitamin K, kalium, vitamin E, dan vitamin C, buah alpukat banyak direkomendasikan oleh ahli kesehatan sebagai nutrisi ibu hamil. Menariknya, buah yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ini juga tinggi folat yang bisa mendukung perkembangan otak janin.

Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, kalium, dan kalsium. Nutrisi-nutrisi ini tentunya sangat baik untuk ibu hamil serta efektif mencegah munculnya rasa mual. Adanya kandungan asam folat dalam jumlah besar pada sayuran ini tentunya bisa mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Kacang Almond

Kacang Almond juga baik untuk sumber nutrisi kehamilan. Kandungan protein yang tinggi pada kacang almond membantu mengurangi dan mencegah rasa mual. Dalam 100 gram kacang almond terdapat kandungan kalori sebesar 576 kkal, karbohidrat sebesar 21,69 gram, dan protein sebanyak 21,22 gram. Mengkonsumsi kacang almond secara rutin juga memperlancar BAB, karena makanan yang satu ini berserat tinggi.

Es Krim

Satu lagi alternatif makanan bernutrisi ketika bumil mual, yaitu es krim. Dibuat dengan menggunakan bahan baku susu, makanan bersuhu dingin ini efektif meredakan mual. Selain itu, es krim bisa membantu bumil yang mengalami masalah kekurangan berat badan, apalagi saat mendekati proses persalinan. Diketahui setiap 100 gram es krim mengandung kalori sebesar 207 kkal. Tapi perlu diingat ya Mam, karena es krim juga tinggi gula, sebaiknya Mama secara bijak membatasi jumlah konsumsi es krim selama hamil untuk mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

Selagi menunggu kelahiran si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama. 

Source:

https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-eat-when-nauseous

https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-nausea-vomiting-treatment

https://www.parents.com/pregnancy/my-body/morning-sickness/morning-sickness-what-to-eat/

Chat with us via Whatsapp