fbpx

Menyusui adalah proses mentransfer ASI yang ada di dalam tubuh Mama kepada si Kecil. Maka karena itu, agar proses menyusui Mama menjadi lancar, Mama harus memastikan bahwa pelekatan menyusui sudah tepat. Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Ma!

Apakah itu Pelekatan Menyusui?

Dilansir dari Alodokter, pelekatan menyusui adalah ketika si Kecil memasukkan puting dan areola (area gelap di sekitar puting) ke dalam mulutnya dan mulai menghisap ASI yang keluar dari payudara Mama.

Proses ini merupakan hal penting karena berkaitan dengan kelancaran proses menyusui. Jika pelekatan mulut bayi kurang tepat, pemenuhan kebutuhan ASI si Kecil juga akan kurang optimal.

Melansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, pelekatan menyusui yang tepat juga dapat menjadi salah satu faktor kesuksesan menyusui lho, Ma.

Bila pelekatan mulut bayi sudah tepat maka puting Mama tidak akan lecet sehingga si Kecil menjadi semangat menyusu pada Mama. Tentunya, hal ini akan membuat produksi ASI menjadi lancar.

Cara Pelekatan Menyusui yang Tepat

Mengetahui cara pelekatan yang tepat adalah hal yang perlu Mama perhatikan. Inilah caranya, Ma…

  1. Setelah si Kecil sudah pada posisi yang benar, Mama bisa memegang payudara dengan tangan yang bebas;
  2. Kemudian Mama bisa meletakkan ibu jari di atas puting dan areola, dan jari telunjuk di bagian bawah lalu menekan payudara sehingga membentuk seperti huruf C sesuai dengan mulut si Kecil;
  3. Mama bisa mulai mendekatkan mulut Si Kecil ke payudara, lalu dapat memberi sentuhan supaya mulut si Kecil bisa terbuka lebar dan tempelkan pada puting dan areola.

Baca juga: Pelekatan Menyusui Yang Benar Anti Puting Lecet

Pelekatan yang tepat dapat juga dilakukan dengan menerapkan metode AMUBIDA. AMUBIDA adalah akronim dari areola, mulut, bibir, dan dagu yang dapat dijadikan sebagai metode untuk mengetahui apakah pelekatan mulut bayi telah benar ataukah belum. Simak penjelasannya yuk, Ma!

1. Areola 

Ketika menyusui sebaiknya sebagian besar areola masuk ke dalam mulut si Kecil. Areola bagian bawah tertutup dengan mulut bayi, sementara areola pada bagian atas lebih terlihat dibandingkan dengan areola bagian bawah.

Baca juga: Ukuran Areola Berpengaruh dalam Menyusui, Benarkah?

2. Mulut

Saat menyusui, mulut Si Kecil harus terbuka dengan lebar kemudian Si Kecil akan datang ke payudara Mama dari arah bawah, untuk itu sebaiknya Mama juga memastikan bahwa arah puting mengarah tepat pada hidung si Kecil.

3. Bibir

Bibir atas dan bawah harus terbuka setidaknya 120°. Selain itu, bibir bawah si Kecil harus terlipat ke luar.

4. Dagu

Dagu si Kecil harus menempel pada payudara Mama ketika menyusui, sedangkan hidung harus dekat dengan payudara Mama. Hal ini untuk membantu memastikan bahwa posisi menyusu sudah benar dan sebagian besar areola masuk ke dalam mulut si Kecil.

Nah, itu dia, Ma penjelasan mengenai pelekatan menyusui yang tepat menggunakan metode AMUBIDA. Jika pelekatan mulut bayi sudah sesuai, Mama akan merasa lebih nyaman, si Kecil pun akan menjadi lebih tenang. Apabila Mama menemui kendala, tidak ada salahnya berkonsultasi pada dokter mau pun Konselor Menyusui.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Tanda Pelekatan Menyusui yang Salah dan Cara Memperbaikinya. URL: https://www.alodokter.com/busui-kenali-pelekatan-menyusui-yang-salah-dan-cara-memperbaikinya (diakses 19/10/2023)

2. Cara Memperlancar ASI yang Ampuh dan Mudah Dilakukan. URL: https://www.klikdokter.com/ibu-anak/ibu-menyusui/cara-memperlancar-asi-yang-ampuh-dan-mudah-dilakukan (diakses 19/10/2023)

3. Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar. URL: https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/posisi-dan-perlekatan-menyusui-dan-menyusu-yang-benar (diakses 19/10/2023)

4. Cara Melakukan Pelekatan Menyusui yang Benar, Sudah Tahu? URL: https://mamaschoice.id/article/cara-melakukan-pelekatan-menyusui-yang-benar/ (diakses 19/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.