Moms, apakah sudah tahu mengenai kandungan ASI? Kandungan dari ASI bermanfaat loh bagi si kecil. Kandungan apa saja yang ada di dalam ASI? Kandungan Air 88,1%, Laktosa 7%, Lemak 3,8%, Protein 0,9% dan Lainnya 0,2%. Bisa dilihat Moms, kandungan dari Air mendominasi segalanya jadi hal ini bisa memengaruhi kondisi tubuh yang sering merasa kehausan.

Manfaat dari Kandungan ASI

kandungan ASI (10)

Apakah Moms tahu manfaat dari kandungan ASI? Dinsaat Moms memberikan ASI selama 6 bulan pertama, si kecil akan mendapatkan manfaat kandungan dari LIPID. LIPID adalah molekul alami (Lemak dan Vitamin) yang larut ke lemak ASI. Manfaat LIPID adalah sumber energi dan vitamin, meningkatkan perkembangan saraf, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

kandungan ASI (1)

Kolostrum juga keluar pada asi pertama yang keluar dari payudara. Kolostrum yang keluar ini bentuknya hanya tetesan kecil saja. Wujud dari kandungan ASI satu ini adalah berwarna kekuningan atau kecoklatan dan bentuknya kental. Apa manfaatnya? Manfaatnya adalah menjadi antioksidan, efek laksatif, dan meningkatkan pertahanan saluran pencernaan.

Tidak hanya LIPID, di dalam ASI terdapat kandungan mikronutrisi dari Kolin dan Lutein. Ketika Kolin memiliki manfaat di dalam perkembangan memori si kecil berbanding terbalik dengan Lutein. Lutein memiliki manfaat dalam perkembangan otak dan mata. Banyak sekali bukan Moms, manfaat memberikan ASI bagi si kecil.

kandungan ASI (7)

Kandungan lain yang ada di dalam ASI adalah Oligosakarida. Oligosakarida atau karbohidrat kompleks ini berbeda-beda Moms disetiap orang, menyesuaikan dengan kebutuhan dari si kecil sendiri. Banyak sekali, ya Moms, manfaat dari ASI untuk si kecil.

Jangan Perah Payudara Saat Penuh Saja

kandungan ASI (1)

Moms mulai kurangi yah kebiasaan memerah payudara hanya saat penuh saja. Kok begitu? Moms perlu tahu, ada kandungan ASI berupa FIL (Feedback Inhibitor of Lactation) yang merupakan protein aktif yang memiliki tugas untuk mencegah pembludakan produksi ASI melebihi kapasitas yang ada. Apakah Moms sudah tahu sistem kerja dari FIL?

kandungan ASI (3)

Moms cara kerja dari FIL ini adalah ketika Moms merasakan payudaranya penuh maka FIL memberikan sinyal ke otak untuk berhenti memproduksi ASI. Ketika ASI Moms diperah keluar maka FIL akan keluar dan memberikan sinyal stop pun melemah. Sehingga, otak kembali lagi memproduksi ASI.

kandungan ASI (4)

Jadi, otak dan FIL akan saling berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan adalah mengumpulkan sinyal penuh yang dikirimkan oleh FIL ke otak. Ketika FIL lebih sering mengirimkan sinyal maka otak menyimpulkan bahwa ASI kebutuhannya sedikit. Jadi, selanjutnya otak akan memberikan sinyal untuk memproduksi ASI dalam skala yang lebih sedikit.

kandungan ASI (5)

Untuk menunjang produksi ASI. Moms, bisa menggunakan paket minuman pelancar ASI dari Mamabear. Tersedia berbagai produk, seperti teh pelancar asi, zoya mix dan juga kukis nikmat. Moms bisa langsung mengeceknya disini. Jangan sampai ketinggalan ya, Moms.

Follow Mamabear di Instagram @mamabearid untuk berbagai informasi lainnya, ya!