Moms, ASI merupakan satu faktor terpenting untuk tumbuh kembang si kecil. Apakah moms tahu tanda bayi mendapatkan cukup ASI? Perlu diingat lagi bahwa ASI itu penting. Jika, Moms belum tahu yuk kesempatan kali ini mengulas beberapa tanda dari si kecil yang sudah puas terpenuhi ASI-nya.

Tanda Si Kecil Tercukupi ASI

Pasti semua Moms ingin mengetahui tanda bayi mendapatkan cukup ASI. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mengetahui bahwa bayi sudah mendapatkan ASI yang cukup? Moms perlu catat nih, beberapa tanda bayi sudah dapat ASI yang cukup.

9 - tanda bayi mendapatkan cukup ASI (5)
9 - tanda bayi mendapatkan cukup ASI (1)
9 - tanda bayi mendapatkan cukup ASI (7)

Apa saja tanda bayi mendapatkan cukup ASI? Tanda yang sering terasa adalah bayi akan lebih mudah rileks dan happy setelah selesai menyusui, bayi akan sering menyusui ke Moms sebanyak 8-12x durasi 10-20 menit persesi menyusui, kenaikan BB sesuai dengan KMS, dan pipis bayi akan mencapai 6-8 x dalam sehari (umur >5 hari).

Tidak hanya itu saja, tanda bayi mendapatkan cukup ASI yang lain adalah tumbuh kembang bayi sudah sesuai dengan milestone dan bayi akan PUP (sedikit) dalam 3x sehari.

Kandungan ASI Akan Berubah Sesuai Kebutuhan Bayi

9 - tanda bayi mendapatkan cukup ASI (4)

Moms ketika sudah mengetahui bahwa si kecil sudah tercukupi, maka Moms harus tahu tentang fakta yang satu ini. ASI, bisa berubah loh Moms kandungannya sesuai dengan kebutuhan bayi.

Kok bisa, yah? Ini dia keajaiban ASI. Jadi, ada dua perubahan yaitu kandungan ASI berubah menyesuaikan dengan usia dan perkembangan bayi dan kandungan ASI berubah menyesuaikan dengan kondisi dari si kecil secara spefisik. Seperti apa contohnya?

9 - tanda bayi mendapatkan cukup ASI (2)

Kandungan ASI berubah menyesuaikan dengan usia dan perkembangan bayi. Moms bisa ambil contoh seperti ini, ketika bayi mengalami prematur maka bayi akan butuh protein dalam skala tinggi. Maka, kandungan ASI ini akan menyesuaikan kebutuhan bayi prematur agar bisa menunjang perkembangan organ tubuh bayi.

9 - tanda bayi mendapatkan cukup ASI (3)

Kandungan ASI berubah menyesuaikan dengan kondisi bayi secara spesifik. Contohnya adalah ketika si kecil sedang sakit, maka kandungan antibody pada ASI akan tinggi.

Peran Antibodi yang ada pada ASI adalah mempermudah si kecil untuk sembuh dan ketahan tubuh bayi akan semakin meningkat. Maka dari itu, ASI sangat berguna untuk tumbuh kembang si kecil, ya, Moms!

Moms tidak perlu takut dengan permasalahan ASI yang tidak bisa diproduksi dengan lancar. Moms bisa menyediakan paket minuman pelancar ASI dari Mamabear. Mamabear bisa menjadi andalan Moms nomor satu untuk ASI si kecil.

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!