fbpx

Tidak semua Mama bisa langsung keluar ASI-nya setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena tubuh Mama masih beradaptasi untuk menyeimbangkan antara hormon kehamilan dan menyusui. Bagaimana dengan si kecil bila ASI Mama belum keluar? apakah bisa bayi bertahan tanpa asi ? Ajaibnya, bayi baru lahir bisa bertahan selama 3 hari tanpa ASI karena bayi memiliki cadangan lemak dalam tubuh.  

Morgan K. Hoke, salah satu antropolog dari the University of Pennsylvania, Amerika Serikat, menjelaskan kandungan lemak terdiri dari dua jenis. Lemak putih atau lemak normal, dan lemak coklat, atau yang dikenal sebagai ‘jaringan adiposa coklat (brown adipose tissue/BAT)’. BAT adalah jenis lemak khusus yang terdapat pada semua mamalia pasca kelahiran termasuk pada manusia. 

Persis seperti namanya, brown fat atau lemak coklat merupakan jaringan lemak berwarna kecoklatan di dalam tubuh bayi. Jaringan lemak yang satu ini sering dijumpai pada bagian tubuh tertentu seperti leher, pundak, dan sekitar tulang belakang bagian bawah. Kadar brown fat yang lebih tinggi pada bayi berfungsi sebagai penghasil panas tubuh utama, karena bayi belum dapat bergerak bebas untuk menghangatkan tubuhnya.

Riset terbaru menunjukkan peran lemak coklat pada bayi mencegah diabetes dengan cara meningkatkan metabolisme glukosa darah.

Lemak adalah cadangan energi pada mamalia dan manusia ketika tubuh tidak mendapatkan cukup makanan atau ketika sumber makanan tidak teratur. Salah satu fungsi penting lemak adalah untuk memelihara fungsi kerja otak. 

Bayi memiliki banyak cadangan lemak ketika lahir karena ia melewati semacam periode puasa setelah lahir sambil menunggu ASI keluar. ASI pertama atau kolostrum sendiri mengandung protein, vitamin, mineral, dan antibodi yang meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi kandungan gula dan lemaknya lebih rendah daripada ASI biasa.

Beberapa dari Mama mungkin merasa perlu memberikan susu formula sembari menunggu ASI-nya mulai keluar. Hoke menambahkan, ‘jalan pintas’ (sufor) ini tidak pernah tersedia di sepanjang perjalanan sejarah manusia sebelum-sebelumnya. ASI selalu menjadi satu-satunya pilihan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang semakin kompleks dan melindungi dari penyakit. Cadangan lemak pada bayi digunakan sebagai sumber energi di periode transisi untuk bayi bertahan tanpa asi , yang memungkinkan untuk mendukung kinerja otak dan melanjutkan tumbuh kembang.

Baca juga: Supaya ASI Cepat Keluar Setelah Melahirkan

Wah kabar baik ya ini Mama, Jadi tidak perlu merasa kuatir bila ASI tidak segera keluar segera setelah melahirkan. Tuhan telah menciptakan tubuh si kecil dengan lemak coklat yang memampukan bayi bertahan tanpa asi kurang lebih 3 hari, sambil menunggu ASI Mama keluar.

Selamat menikmati masa-masa menyusui, Mama. Semoga sehat selalu & dimampukan menyusui si kecil hingga 2 tahun nanti. 

Selagi berupaya untuk terus menyusui si kecil, Mama bisa bergabung di komunitas ibu menyusui Instagram @mamabearid & YouTube channel “MamaBear Pelancar ASI”. Feel free untuk berkonsultASI via kolom komentar ya Mama. 

Source:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2446425/
https://www.livescience.com/49652-what-is-brown-fat-facts.html
https://mediaindonesia.com/weekend/356505/mengenal-manfaat-lemak-dalam-tubuh-gendut-bayi
Chat with us via Whatsapp