fbpx

Dag dig dug kalau rumah udah kena pemadaman listrik. Gimana nasib ASI perah (ASIP) di kulkas??? Tetap tenang ya, Ma! Mama bisa mulai merencanakan untuk menyelamatkan ASIP saat listrik padam.

Cara Menyelamatkan ASIP saat Listrik Padam

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk menyelamatkan ASIP saat listrik padam, antara lain:

1. Tidak Membuka Tutup Kulkas

Menurut USDA, freezer tanpa daya yang terisi penuh akan menahan suhu selama kurang lebih 48 jam dan 24 jam jika setengah penuh dengan pintu dalam keadaan tertutup.

Jika pemadaman kurang dari 6 jam, Mama cukup membuat freezer tetap dingin dengan tidak membuka tutup terlalu sering. Saat freezer dalam keadaan setengah penuh, Mama bisa mengisi ruang kosong dengan ice gel atau ice pack untuk membantu menjaga freezer tetap dingin lebih lama.

Mama disarankan menyimpan ASIP di tengah, jauh dari pintu freezer. Selain itu, Mama juga bisa menutupi freezer dengan selimut atau dengan koran sebagai isolator untuk memperlambat pencairan ASIP.

Suhu dalam freezer tidak berubah secara drastis meskipun tidak ada listrik kok, Ma. Maka dari itu, untuk memperlambat perubahan suhu, hindari membuka pintu freezer kecuali dalam keadaan darurat ya, Ma…

2. Memindahkan ASIP ke Tempat yang Lebih Kecil

ASIP yang masih aman dikonsumsi tergantung pada berapa lama listrik padam dan seberapa banyak ASI yang mencair. Bila pemadaman berlangsung berjam-jam, Mama juga bisa memindahkan ASIP ke tempat yang lebih kecil, seperti cooler bag kemudian diisi dengan ice gel.

Yang Perlu Dilakukan Jika ASIP Mulai Mencair

Saat listrik padam, hal terpenting adalah mencegah ASIP mencair sepenuhnya. Jika masih ada kristal es di dalam ASIP, maka masih dianggap beku sehingga aman untuk dikonsumsi si Kecil atau Mama bisa mengembalikannya ke freezer yang berfungsi.

Tetapi, jika ASIP sudah benar-benar mencair tetapi masih terasa dingin, masukkan ke dalam lemari es dan gunakan paling lambat hingga keesokan harinya.

Baca juga: Daya Tahan ASI Perah di Chiller, Freezer, dan Suhu Ruangan

Untuk ASIP yang sudah mengeluarkan aroma tengik serta rasanya sangat asam harus dibuang, ya, Ma. Ini menunjukkan bahwa ASI sudah basi dan tidak dapat diberikan pada bayi. Mama bisa menggunakan ASIP ini untuk mandi ASI atau menyiram tanaman.

Itulah beberapa cara untuk menyelamatkan ASIP saat listrik padam. Mama tidak perlu khawatir lagi, yang terpenting adalah tetap menjaga ASIP agar tetap beku ya, Ma…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Tips for Storing Breast Milk during Power Outage. URL: https://www.skpediatrics.com/tips-storing-breast-milk-power-outage/ (diakses 10/10/2023)

2. How Do You Keep Food Safe during a Power Failure? URL: https://ask.usda.gov/s/article/How-do-you-keep-food-safe-during-a-power-failure (diakses 10/10/2023)

3. Frequently Asked Questions. URL: https://www.cdc.gov/breastfeeding/recommendations/faq.html#frozen (diakses 10/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.