fbpx

Memerah ASI merupakan salah satu pilihan untuk memberikan ASI kepada bayi bagi Mama yang terpisah sementara dari bayi. Namun, pernahkah Mama mengalami ASIP bau, seperti bau besi atau sabun?

ASI yang diproduksi pada tubuh Mama memiliki rasa, warna, dan bau yang bergantung dengan apa yang Mama konsumsi. ASI perah segar yang baru dipompa juga bisa saja berbau seperti besi atau sabun. Sebenarnya, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini, Ma…

Penyebab ASIP Bau Besi atau Sabun

ASI merupakan cairan bernutrisi yang mengandung enzim lipase. Dilansir dari KlikDokter, ASIP bau besi atau sabun merupakan ASIP yang tergolong normal. ASIP bau seperti ini timbul akibat tingginya enzim lipase yang terkandung di dalam ASI. Aktivitas enzim lipase meningkat saat ASI menjadi lebih dingin.

Enzim ini berfungsi untuk melarutkan lemak dalam ASI agar mudah dicerna bayi, memecah lemak dalam ASI agar vitamin larut lemak (vitamin A dan D) dan asam lemak dapat diserap dengan mudah oleh bayi, serta membunuh kuman seperti protozoa yang dapat menginfeksi bayi.

Baca juga: 9 Faktor yang Memengaruhi Hasil ASI Perah, Catat, Yuk!

Source: klikdokter.com 

Amankah Dikonsumsi oleh Bayi?

Tetapi, bolehkah ASIP bau besi atau sabun diminum oleh bayi? ASIP ini pada dasarnya boleh diminum oleh bayi. Dengan catatan, jika proses pemerahan dan penyimpanan dilakukan dengan metode yang benar.

Di lain sisi, reaksi bayi terhadap ASIP beragam. ASIP yang berbau seperti ini dapat menurunkan ketertarikan terhadap ASI. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Botol ASI Kaca atau Plastik?

Cara Mengatasi ASIP Bau Besi atau Sabun

Tenang, Ma… Meski pada dasarnya aman untuk dikonsumsi bayi. Namun, untuk mengantisipasinya ada metode untuk menghilangkan bau seperti besi atau sabun. Salah satu metode yang relatif mudah dan biasa digunakan adalah scalding.

Sebelum bayi meminum ASIP, Mama diharuskan memanaskan ASIP tersebut terlebih dahulu menggunakan panci atau tempat yang bersih. Panaskan cukup sampai timbul gelembung-gelembung kecil pada permukaan ASI. Lalu, ASIP didinginkan sejenak dan disajikan untuk bayi atau disimpan.

Proses scalding mengakibatkan kandungan nutrisi pada ASIP berkurang. ASIP ini direkomendasikan untuk bayi apabila Mama memiliki waktu yang terbatas dengan bayi. Tidak direkomendasikan untuk berkelanjutan, mengingat kandungan nutrisi yang berkurang.

Source: klikdokter.com 

Nah, itulah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi ASI yang berbau seperti besi atau sabun. Apabila Mama masih mengalami keluhan dengan kondisi tersebut, Mama dapat berkonsultasi dengan dokter ya, Ma…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. ASI yang berbau menyengat, apakah masih bisa dikonsumsi? URL: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/asi-perah-bau-menyengat (diakses 21/10/2023)

2. Kenali Penyebab Aroma ASI Perah Bau Apak. URL: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3622774/kenali-penyebab-aroma-asi-perah-bau-apak (diakses 21/10/2023)

3. ASI Bau Sabun, Lakukan Ini agar Bayi Mau Menyusu. URL: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3631023/asi-bau-sabun-lakukan-ini-agar-bayi-mau-menyusu (diaskes 21/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.