fbpx

Mama mungkin pernah mengalami keringat yang keluar banyak saat menyusui si Kecil. Rasanya memang sedikit tidak nyaman ya, Mam. Apakah normal jika berkeringat saat menyusui? Apa yang menyebabkan hal ini? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Penyebab Berkeringat saat Menyusui

Beringat saat menyusui adalah hal yang cukup umum terjadi lho, Mam. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Mama berkeringat saat menyusui, antara lain:

1. Hormon

Saat menyusui, Mama mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi sistem saraf otonom. Sistem saraf otonom adalah bagian dari sistem saraf yang mengatur fungsi tubuh yang tidak disadari, seperti detak jantung, tekanan darah, dan keringat. Perubahan hormon ini bisa membuat Mama lebih sensitif terhadap suhu dan lebih mudah berkeringat saat menyusui.

2. Metabolisme

Menyusui juga meningkatkan metabolisme tubuh, karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk memproduksi ASI. Metabolisme yang tinggi ini bisa meningkatkan suhu tubuh Mama dan menyebabkan berkeringat saat menyusui. Healthline menyebutkan Ibu menyusui bisa membakar sekitar 500 kalori per hari, setara dengan 1,5 jam aktivitas fisik lho, Mam.

Baca juga: Ibu Menyusui Kok Sering Lapar? Ini 3 Alasannya!

3. Skin to skin

Saat menyusui, Mama dan si Kecil berada dalam jarak yang sangat dekat dan sering melakukan kontak kulit dengan kulit. Hal ini bisa meningkatkan suhu tubuh Mama dan si Kecil, dan menyebabkan berkeringat saat menyusui. Tubuh kalian akan mengeluarkan keringat sebagai cara untuk mendinginkan diri secara alami, Mam.

4. Pakaian yang terlalu tebal

Jika Mama memakai pakaian yang terlalu tebal atau berlapis-lapis, Mama bisa merasa panas dan berkeringat saat menyusui. Sebaiknya pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan menyerap keringat agar tetap nyaman saat menyusui ya, Mam…

5. Suhu ruangan yang terlalu panas

Lingkungan yang terlalu panas juga bisa membuat Mama berkeringat saat menyusui. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika perlu, gunakan kipas angin atau AC untuk menyejukkan ruangan.

Baca juga: 7 Tips Menyusui sambil Berbaring yang Aman dan Nyaman

Cara Mengurangi Berkeringat saat Menyusui

Untuk membuat Mama merasa lebih nyaman saat menyusui, Mama bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Menyusui si Kecil di tempat yang sejuk dan nyaman. Hindari menyusui di tempat yang terlalu panas, lembap, atau berdebu. Gunakan kipas angin atau AC untuk menyejukkan ruangan jika perlu.
  • Memakai pakaian yang nyaman. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan menyerap keringat untuk ibu. Hindari memakai pakaian yang terlalu tebal, ketat, atau berlapis-lapis. Gunakan bra menyusui yang nyaman dan mudah dibuka.
  • Menggunakan tisu basah, handuk, atau sapu tangan yang lembut untuk membersihkan keringat Mama, terutama di bagian dada, ketiak, dan punggung. Jangan menggosok keringat Mama dengan kasar, karena bisa menyebabkan iritasi kulit.
  • Minum air putih yang cukup. Air putih bisa membantu menghidrasi tubuh dan mengatur suhu tubuh Mama. Minumlah air putih sebelum, selama, dan sesudah menyusui. Hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau gula berlebih, karena bisa membuat Mama lebih mudah dehidrasi dan berkeringat.
  • Mandi secara teratur. Mandi minimal dua kali sehari dengan air hangat dan sabun yang lembut. Hal ini bisa membersihkan keringat dan kotoran yang menempel di kulit Mama, serta membuat Mama merasa segar dan nyaman.

Ternyata normal ya, Mam, berkeringat saat menyusui si Kecil. Tapi, jangan sampai kondisi ini bikin mood Mama turun. Mama bisa mencoba menciptakan suasana sejuk agar menyusui si Kecil lebih nyaman ya, Mam…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Why Do I Sweat More and Smell Stronger Postpartum? URL: https://www.verywellfamily.com/why-do-i-sweat-more-postpartum-5223849 (diakses 30/1/2024)

2. How Many Calories Does Breastfeeding Burn? URL: https://www.healthline.com/health/parenting/breast-feeding-calories#calories-burned (diakses 30/1/2024)

3. Sweating While Breastfeeding. URL: https://www.hellomotherhood.com/sweating-while-breastfeeding-8095721.html (diakses 30/1/2024)

4. Here’s Why You Sweat A Lot While Breastfeeding. URL: https://breastfeedingmama.net/sweat-a-lot-while-breastfeeding/ (diakses 30/1/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.