fbpx

Apakah moms sedang menunggu lahirnya si kecil? Mungkin Moms sudah mulai bingung dan khawatir bagaimana cara ASI cepat keluar setelah melahirkan, ya. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui caranya, ya.

Bagaimana Cara Mengeluarkan ASI Setelah Melahirkan?

Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk si kecil. Pasti masalah ASI pun menjadi salah satu hal yang membuat Moms khawatir. Jangan khawatir, ya Moms. Di artikel kali ini akan membahas mengenai cara ASI cepat keluar jadi Moms lebih paham dan bisa menerapkan langkah – langkahnya.

Moms harus menggarisbawahi bahwa ASI sudah ada sejak kehamilan diusia 5 bulan. Tetapi, pada saat kehamilan ada hormon progestogen pada tubuh yang menekan hormon prolaktin dan hormon oksitosin yang merupakan hormone untuk produksi ASI. Dengan menekan hormone prolactin dan oksitosin, ASI tidak keluar dulu karena bila ASI keluar dulu bisa menyebabkan kontraksi.

Pada saat melahirkan, maka pelan – pelan tubuh akan menyesuaikan. Hormon progrestrogen akan menurun sementara oksitosin dan prolaktin akan meningkat, yang mana akan menyebabkan ASI keluar. Proses biasanya memakan waktu selama 3 hari setelah melahirkan. Selama ASI belum keluar tersebut, tidak perlu panik, Moms. Pada saat 3 hari pertama, bayi mempunyai cadangan lemak coklat yang biasanya ada di punggung bayi. Gunanya adalah memberikan energi pada 3 hari pertama ini.

Cara ASI cepat keluar salah satunya juga ada IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Sesegera mungkin Moms menaruh si kecil di atas tubuh. Moms harus bertelanjang dada dan cukup mengelap bayi kecuali bagian tangan karena ada bau air ketuban. Bayi cukup pakai diaper, lalu letakkan di perut ibu. Bayi akan merayap dalam jangka waktu minimal dalam 1 jam, bayi akan mencari puting ibu.

Selanjutnya yang bisa Moms lakukan adalah bedding in. Pada cara yang satu ini, Moms tidur satu ranjang dengan si kecil (tidak hanya dalam satu kamar dengan Moms). Mengapa harus melakukan bedding in? Karena, akan mempermudahkan bayi untuk mendapat akses ke payudara dengan bebas.

Terakhir, Moms juga bisa melakukan pijat laktasi untuk mempercepat ASI keluar dan segera dikonsumsi oleh bayi. Bagaimana melakukan pijat laktasi? Sebagian Moms pasti belum melakukannya jadi takut salah.

Tidak usah khawatir Moms, Moms masih bisa melakukan pijat laktasi dengan meminta bantuan dari suster, dokter kesehatan, atau memijatnya secara melingkar serta menjauhi area payudara. Tidak lupa juga, bahwa Moms yang ingin ASI cepat keluar harus rileks, ya.

Mamabear untuk Membantu Produksi ASI

Setelah mengetahui cara agar ASI cepat keluar, Moms juga bisa menunjangnya dengan konsumsi produk Mamabear, lho. Teh Mamabear telah terbukti membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI. Untuk cemilan sehat juga ada almond cookies, zoya mix dan almond mix, lho. Dengan banyak pilihan rasa dan rasa yang nikmat, bagus juga untuk meningkat mood Moms.

Temukan produk Mamabear di mamabear.co.id. Follow akun IG MamaBear di @mamabearid dan subscribe channel Youtube Mamabear untuk informasi mengenai ASI dan menyusui, ya!