fbpx
susu almond pelancar ASI

Menyusui dengan lancar adalah dambaan semua Mama baru setelah melahirkan. Tetapi faktanya, proses menyusui ternyata tidak selalu mudah ya, Ma. Terutama pada awal menyusui, wajar jika sebagian besar Mama merasa khawatir tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup untuk si Kecil.

Tenang, Ma, sebenarnya produksi ASI masing-masing Ibu menyusui bisa mencukupi kebutuhan gizi bayi. Hanya saja, produksi ASI yang dihasilkan bisa berbeda-beda. Pada masa awal kelahiran bayi, Mama bisa mencoba cara memperlancar ASI tanpa bantuan ASI booster terlebih dahulu.

Inilah 10 cara memperlancar ASI tanpa bantuan ASI booster yang bisa Mama coba:

1. Perhatikan Pelekatan Mulut Bayi

Latch on

Pelekatan adalah menempatkan mulut bayi dengan puting susu di posisi menyusui yang tepat. Tujuan utama sebenarnya untuk mencegah munculnya luka, nyeri, bahkan sakit pada puting karena posisi isapan bayi yang kurang tepat.

Namun, pelekatan mulut bayi yang benar juga menjadi cara paling efektif untuk memperlancar ASI lho, Ma… Pelekatan yang buruk sering kali menjadi alasan utama penyebab supply ASI tidak bisa mencukupi kebutuhan si Kecil.

Pelekatan bayi yang benar akan merangsang tubuh Mama untuk memproduksi lebih banyak ASI. Jika Mama masih ragu, Mama bisa konsultasi dengan konselor laktasi untuk mengetahui apakah selama ini pelekatan si Kecil sudah benar ya, Ma…

Baca juga: Pelekatan Menyusui yang Tepat untuk Sukses Hingga 2 Tahun

2. Tingkatkan Frekuensi Menyusui

Mama merasa produksi ASI tidak terlalu banyak atau malah tidak keluar setelah melahirkan? Jangan khawatir, Ma, tetap susui si Kecil sesering mungkin. Meningkatkan frekuensi menyusui adalah salah satu cara memperlancar ASI yang penting Mama lakukan.

Perlu Mama ketahui, prinsip produksi ASI adalah supply and demand. Artinya, semakin sering Mama menyusui bayi, tubuh menerima sinyal untuk memproduksi ASI lebih banyak. Proses keluarnya ASI dikenal dengan nama let down reflex yang membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara.

3. Menyusui dari Kedua Payudara

Cara memperlancar ASI berikutnya adalah dengan menyusui bayi secara bergantian pada kedua sisi payudara. Biarkan bayi menyusu dari sisi payudara pertama sampai terasa lembek kemudian ganti ke sisi payudara yang lainnya.

“Aduh, tapi payudara aku kecil, bisa nggak ya menghasilkan ASI yang cukup?”. Mungkin Mama mengalami kekhawatiran yang sama. Tenang, Ma… Mama tetap bisa menyusui bayi dengan lancar meski ukuran payudara kecil.

Ukuran payudara tidak mempengaruhi produksi ASI kok, Ma. Produksi ASI bergantung pada seberapa sering Mama rajin mengosongkan payudara agar bisa memberi sinyal untuk produksi ASI terus menerus.

4. Menghindari Jeda Waktu Menyusui Terlalu Lama

Menurut IDAI, Mama dianjurkan untuk membangunkan bayi jika sedang tidur dan belum menyusui selama 4 jam. Frekuensi menyusui bayi baru lahir dianjurkan setiap 2-3 jam. Namun pada awal kelahiran, biasanya beberapa bayi lebih banyak tidur.

Semakin banyak ASI yang dikeluarkan, secara otomatis payudara akan terstimulasi untuk meningkatkan produksi ASI. Inilah kenapa menghindari jeda waktu menyusui terlalu lama menjadi cara efektif untuk memperlancar ASI.

5. Rutin Memompa ASI

Pompa ASI

Saat bayi sedang tidak menyusu ataupun sudah kenyang menyusu tapi payudara masih terasa kencang, Mama bisa mengeluarkan ASI dengan cara dipompa. Rasa kencang dan penuh pada payudara biasanya karena persediaan ASI belum sepenuhnya habis.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semakin banyak permintaan akan semakin banyak pula persediaannya. Cara ini bisa membantu Mama memperlancar ASI.

Baca juga: Coba Teknik Regular Pumping untuk Lancarkan Produksi ASI!

6. Menghindari Pemakaian Dot pada Bayi

Cara memperlancar ASI selanjutnya adalah menghindari pemberian ASI perah menggunakan dot. Hal ini untuk menghindari bayi mengalami “bingung puting” dan tidak mau menyusu secara langsung ke payudara Mama.

Meskipun memompa dapat membantu Mama membangun dan mempertahankan supply ASI, tapi isapan bayi tetap yang terbaik untuk menstimulasi produksi ASI ya, Ma.

Sebaiknya Mama tetap berusaha menyusui secara langsung saat malam hari. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar ASI tetap lancar tanpa bantuan ASI booster.

7. Melakukan Pijat Payudara

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Korean Academy of Nursing, menyebutkan memijat payudara dengan cara yang benar selama 30 menit dalam kurun waktu 10 hari pasca melahirkan bisa membantu ASI menjadi lancar.

Selain pijat payudara, Mama juga bisa melakukan pijat oksitosin sebagai cara memperlancar ASI. Berbeda dengan pijat payudara, pijat oksitosin adalah pijatan yang dilakukan di sepanjang tulang belakang. Pijat ini mampu memicu hormon oksitosin yang berperan membuat ASI lebih lancar. Wah, wajib dicoba!

Baca juga: Memperlancar ASI dengan Pijat Laktasi? Ikuti Langkahnya, Yuk!

8. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Asi booster
Nwwwk.freepik.com

Tak kalah penting, zat gizi yang Mama dapatkan dari sumber makanan harian juga harus tercukupi dengan baik. Bukan hanya baik bagi kesehatan Mama, tetapi gizi yang cukup juga bisa menjadi cara memperlancar ASI tanpa bantuan ASI booster.

Makanan bergizi yang baik untuk Ibu menyusui antara lain buah-buahan, sayuran hijau, daging, ayam, ikan, telur. Selain itu, sumber makanan lainnya seperti kacang atau susu almond dan buah pepaya juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI.

9. Minum Banyak Cairan

ASI terdiri dari sekitar 90% air, sehingga tubuh tidak dapat memproduksi ASI jika Mama mengalami dehidrasi. Pastikan Mama minum sekitar 6 hingga 8 gelas air putih atau cairan sehat lainnya seperti susu atau jus.

Jika Mama mengalami gejala pusing, sakit kepala atau mulut kering, bisa jadi itu tanda-tanda Mama kurang cairan. Jadi, jangan lupa minum cukup cairan setiap hari ya, Ma!

10. Hindari stres

Rutinitas setelah melahirkan bisa memicu stres dan kelelahan. Jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine menyebutkan bahwa stres bisa berdampak pada produksi ASI.

Cara memperlancar ASI yang terakhir adalah dengan menjaga mood selama menyusui agar tidak terlalu cemas, stres, bahkan depresi.

Delegasikan beberapa tugas domestik rumah kepada support system Mama, agar Mama bisa tetap fokus menyusui dan adaptasi masa-masa awal kelahiran bayi. Selain itu, sharing dengan orang terdekat agar Mama tidak merasa sendiri menjalani proses ini.

Gimana, Ma? Itu tadi 10 cara memperlancar ASI tanpa bantuan ASI booster. Karena ASI booster terbaik adalah perasaan bahagia saat menyusui. Jadi, jangan lupa menyusui dengan bahagia ya, Ma…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. How to Increase Breast Milk: Home Remedies, Diet, Supplements. URL: https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-breast-milk (diakses 11/10/2023)

2. 8 Natural Ways to Produce More Breast Milk. URL: https://www.parents.com/baby/breastfeeding/natural-ways-to-produce-more-breast-milk/ (diakses 11/10/2023)

3. 16 Ways to Naturally Increase Your Breast Milk Supply. URL: https://www.verywellfamily.com/naturally-increase-your-breast-milk-supply-431842 (diakses 11/10/2023)

4. The Relationship between Life Stress and Breastfeeding Outcomes among Low-Income Mothers. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3546433/ (diakses 11/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.