fbpx

Kehamilan dan menyusui dapat membawa beberapa perubahan besar, termasuk bentuk dan ukuran payudara Mama. Banyak Mama mungkin kaget karena payudara menjadi kendur setelah berhenti menyusui. Kira-kira apa ya penyebabnya? Apakah bentuk dan ukuran payudara bisa kembali seperti semula? Apakah ada cara mengencangkan payudara setelah menyusui? Yuk, kita bahas satu-satu, Mam!

Apakah Penyebab Payudara Kendur Setelah Menyusui?

Sebuah jurnal menyebutkan, payudara kendur setelah menyusui bukanlah disebabkan oleh menyusui itu sendiri, melainkan oleh perubahan hormon dan jaringan payudara selama kehamilan dan masa menyapih.

Saat hamil, payudara akan membesar dan meregangkan kulit dan ligamen yang mendukungnya. Begitu pula saat menyapih, payudara akan mengecil dan mengurangi jaringan penghasil susu, sehingga payudara terlihat lebih kosong dan kendur.

Baca juga: Kenali Anatomi Payudara Beserta Fungsinya

Apakah Payudara akan Kembali ke Bentuk Semula Setelah Menyusui?

Jawabannya adalah tidak, Mam. Melansir laman WebMD, payudara setelah menyusui memang tidak akan kembali seperti bentuk payudara sebelum menyusui.

Hal ini karena jaringan payudara telah mengalami perubahan selama kehamilan dan menyusui. Payudara akan membentuk kenormalan baru setelah menyusui, yang mungkin berbeda dari bentuk payudara sebelumnya.

Tetapi, hal ini bukan berarti Mama tidak bisa mencegah atau mengurangi payudara kendur setelah menyusui. Ada beberapa cara alami yang dapat Mama lakukan untuk membantu mengencangkan payudara setelah menyusui.

Baca juga: Asal Tepat, Perawatan Payudara Saat Hamil Ini Justru Bermanfaat

Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

Inilah beberapa cara yang dapat Mama coba untuk membantu mengencangkan payudara setelah menyusui, yaitu:

1. Memakai bra yang nyaman

Belum ada penelitian yang spesifik mengatakan bahwa memakai bra adalah salah satu cara mengencangkan payudara setelah menyusui.

Tetapi, ada penelitian yang membuktikan bahwa mengenakan bra yang nyaman dan mendukung dapat membantu menahan payudara dan mungkin menjaga ligamen agar tidak meregang, terutama jika Mama berolahraga atau jika Mama memiliki payudara besar.

Healthline juga menyebutkan jika Ibu menyusui tidak memakai bra menyusui khusus, jaringan payudara yang halus dan sensitif tidak didukung untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan payudara kendur. Oleh karena itu, bra yang tepat akan membantu mencegah rasa sakit dan “kendur” saat menyusui dan seterusnya.

2. Melakukan diet sehat

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang dapat Mama coba adalah melakukan diet sehat. Diet sehat ini juga bisa membantu Mama menjaga berat badan ideal yang dapat mempengaruhi ukuran payudara Mama.

Mama juga bisa mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin B, dan vitamin E, karena nutrisi tersebut dapat membantu mengatasi kerutan dan elastisitas kulit. Tak hanya itu, pastikan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan ya, Mam.

Jalani hidup sehat dengan tidak merokok. Sebuah penelitian menyebutkan, kebiasaan merokok dapat memengaruhi kondisi kulit di payudara. 

3. Berolahraga secara rutin

Payudara tidak terdiri dari otot, tetapi ada otot di dada di belakang payudara. Tidak ada latihan yang bisa membuat payudara melorot kembali gagah.

Tetapi Anda dapat membangun dan mengencangkan otot-otot dada dada dan tubuh bagian atas Anda untuk meningkatkan tampilan dada Anda dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Latihan untuk otot-otot dada termasuk push-up, penekanan dada, dan ikal kupu-kupu.

4. Menjaga kelembaban payudara

Cara mengencangkan payudara setelah menyusui berikutnya adalah menjaga kelembaban payudara. Untuk menjaga hidrasi kulit area payudara, Mama dapat menggunakan lotion yang mengandung bahan alami sehingga aman untuk digunakan.

5. Menjaga postur tubuh

Dilansir dari VeryWell Family, sebaiknya Mama membiasakan diri berdiri atau duduk dengan posisi punggung lurus dan bahu tegap. Posisi ini dapat membantu menopang payudara, sehingga dapat membantu mengencangkan payudara setelah menyusui secara alami.

Nah, itulah beberapa cara mengencangkan payudara setelah menyusui yang dapat Mama coba. Bagaimana pun bentuk dan ukuran payudara Mama setelah menyusui, Mama tetap perlu bangga dan berterima kasih pada diri sendiri ya, Mam. Karena telah berhasil mengASIhi si Kecil dengan penuh kasih.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Common Causes of Sagging Breasts and Tips for Prevention. URL: https://www.verywellfamily.com/does-breastfeeding-cause-saggy-breasts-431780 (diakses 14/2/2024)

2. Breast Problems After Breastfeeding. URL: https://www.webmd.com/parenting/baby/after-nursing (diakses 14/2/2024)

3. Breasts After Breastfeeding: How They Change and What You Can Do. URL: https://www.healthline.com/health/breastfeeding/breasts-after-breastfeeding (diakses 14/2/2024)

4. Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui Secara Alami. URL: https://www.alodokter.com/mengencangkan-payudara-setelah-menyusui-secara-alami (diakses 14/2/2024)

5. Abstract: What Is the Most Important Factor of Breast Ptosis? Considerations for Breast Reconstruction Studied with Mastectomy Patients. URL: https://journals.lww.com/prsgo/fulltext/2016/09001/abstract__what_is_the_most_important_factor_of.366.aspx (diakses 14/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.