fbpx

Banyak yang tidak mengetahui bahwa pijat payudara sangat bermanfaat baik bagi wanita yang sudah melahirkan maupun yang belum.  Dilansir dari laman Hello Sehat, pijat payudara bermanfaat untuk mendeteksi kanker payudara, melancarkan kerja sistem limfatik, melancarkan ASI untuk busui, serta memperbaiki penampilan payudara.

Pijat payudara bagi busui, dapat memperlancar peredaran darah di payudara sehingga dapat memperlancar produksi ASI. Selain itu, pijat payudara dapat meredakan pembengkakan atau sumbatan yang umumnya terjadi pada busui serta membuat busui menjadi lebih rileks. Melakukan pijat payudara hanya membutuhkan waktu 10-15 menit setiap hari. Berikut adalah cara untuk melakukan pijat payudara yang perlu Mama simak. 

Cara Melakukan Pijat Payudara:

  1. Sebelum melakukan pijat payudara, Mama dapat mencuci tangan dan menghangatkan tangan terlebih dahulu dengan menggunakan handuk yang dipanaskan. Tujuannya adalah agar tangan bersih dan suhu hangatnya bisa membantu kelancaran ASI saat payudara dipijat.
  2. Mama dapat menggunakan pelumas untuk melakukan pijat payudara. Pelumas yang dapat Mama gunakan yaitu minyak kelapa, minyak zaitun, baby oil, atau minyak almond.
  3. Mama dapat santai dan rileks melakukan pijat payudara saat mandi. Sabun juga dapat digunakan sebagai pelumas. 
  4. Mama dapat fokus pada pijatan salah satu payudara. Letakkan satu tangan di bagian atas payudara dan tangan yang lain di bagian bawahnya untuk menyangga.
  5. Pijat payudara dengan gerakan melingkar sembari memberikan sedikit tekanan sekitar 15-20 kali. Urut dari arah bawah, dada atas, samping kanan dan kiri, hingga mengerucut ke bagian puting. Lakukan hal yang sama dengan bagian payudara yang lain.
  6. Pijat payudara di depan cermin atau sambil berbaring jika Mama ingin mengecek adanya benjolan yang berisiko kanker.
  7. Mama dapat mengangkat salah satu tangan ke atas. Tangan lainnya digunakan untuk memijat dan memeriksa salah satu payudara. Sumbatan ASI atau benjolan seringkali tersembunyi di area ketiak.
  8. Beri tekanan yang ringan, sedang, hingga agak kuat saat melakukan pijat payudara.
  9. Pastikan pijatan dilakukan hingga bagian ketiak karena berhubungan langsung dengan payudara.
  10. Ulangi hal yang sama pada bagian payudara lainnya.
  11. Akhiri pijatan dengan sedikit meremas bagian puting susu dengan ujung ibu jari dan jari telunjuk. Jika terasa sakit dan tidak normal, sebaiknya Mama memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu, Mama dapat memastikan kondisi payudara dengan membandingkan ukuran, bentuk, dan perubahan diantara kedua payudara dengan melihatnya di cermin.

Selamat mencoba cara-cara tersebut, ya, Ma! Dapatkan informasi seputar ASI dan menyusui melalui artikel lain di website mamabear.co.id, media sosial Instagram @mamabearid, Tiktok @mamabear_id, dan Youtube Channel MamaBear Pelancar ASI. 

Penulis: Luqmanul Hakim

Editor: Mega Pratidina

Source:

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/alternatif/manfaat-pijat-payudara-bagi-kesehatan/?amp=1

https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-teknik-pijat-payudara-untuk-meningkatkan-produksi-asi

https://promkes.kemkes.go.id/cara-melakukan-pijat-payudara-untuk-memperlancar-asi

https://www.sehatq.com/artikel/panduan-cara-memijat-payudara-agar-kencang-dan-sehat/amp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.