fbpx

Ketika sedang mengASIhi, tak jarang ada beberapa Mama yang mengalami sakit punggung saat menyusui. Dilansir melalui Alodokter, terdapat beberapa penyebab timbulnya sakit punggung saat menyusui, seperti karena posisi menyusui yang kurang tepat, kram otot, maupun gangguan pada saraf tulang belakang. Walaupun sakit punggung saat menyusui merupakan hal yang sangat umum dirasakan Mama yang sedang menyusui, namun sebaiknya Mama menemukan cara meredakan sakit punggung agar tidak mengganggu aktivitas menyusui Mama. Lalu, bagaimana sebenarnya cara meredakan sakit punggung saat menyusui?

Cara Meredakan Sakit Punggung Saat Menyusui

1. Selalu Perhatikan Posisi Menyusui

Mama perlu untuk selalu perhatikan posisi badan ketika sedang mengASIhi. Mama bisa menyusui dengan cara punggung tegak dan rileks, lalu posisikan si kecil mendekat ke payudara. Jadi bukan Mama yang membungkuk mengikuti tinggi atau rendahnya posisi si kecil, ya.

Selain itu, Mama juga bisa mengASIhi si kecil dengan duduk dan bersandar di tempat yang nyaman. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko terjadinya sakit punggung saat menyusui si Kecil. Postur tubuh yang baik ketika menyusui merupakan kunci agar Mama terhindar dari sakit punggung. Selain itu, Mama juga dapat mencoba posisi menyusui berbaring karena dapat mengendurkan otot leher dan punggung sehingga membuat tubuh Mama tidak terlalu kaku dan tegang.

2. Kompres Area Punggung yang Nyeri

Ketika Mama sedang mengalami sakit punggung saat menyusui si Kecil, Mama juga dapat meredakannya dengan cara mengompres area punggung yang nyeri menggunakan kompres panas selama 15-20 menit. Mengompres area sakit punggung saat menyusui ini akan membantu Mama agar otot dapat lebih rileks dan mengurangi ketegangan serta rasa sakit.

3. Minum Cukup Air

Mama yang kekurangan cairan di dalam tubuh atau mengalami dehidrasi akan membuat sakit punggung saat menyusui semakin parah. Jadi, sebaiknya Mama memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 8 hingga 10 gelas air putih dalam sehari untuk mencegah dehidrasi. Selain membantu meedakan sakit punggung, terhidrasi dengan baik membuat produksi ASI semakin lancar.

4. Melakukan Olahraga Ringan

Menurut Breastfeeding Baby Comfortably, melakukan olahraga – olahraga ringan akan membantu Mama untuk meredakan sakit punggung saat menyusui karena membantu untuk menjaga tubuh Mama agar kuat dan sehat serta meregangkan otot – otot punggung. Olahraga ringan yang bisa Mama lakukan setiap hari adalah dengan berjalan – jalan selama beberapa menit, hal ini akan membantu memperkuat otot punggung.

Sumber: Dailyburn.com

5. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Kurang asupan kalsium juga merupakan salah satu penyebab sakit punggung saat menyusui. Untuk itu, Mama sebaiknya menambah asupan kalsium untuk mengurangi rasa sakit. Rutin mengkonsumsi makanan seperti roti putih, susu, keju dan yogurt dapat membantu menambah asupan kalsium. Selain itu, konsumsi juga suplemen kalsium bial dibutuhkan. Mintalah saran Dokter untuk suplemen ini ya, Ma.

Sebaiknya Mama tidak terus membiarkan sakit punggung yang terjadi ketika menyusui si Kecil karena bisa saja berakibat fatal. Untuk mengatasi sakit pinggang saat menyusui, Mama bisa mengikuti cara- cara yang sudah disebutkan dalam artikel ini. Selamat mencoba, ya, Ma! Semoga informasi ini berguna bagi Mama untuk meredakan sakit punggung saat menyusui si Kecil. 

Penulis: Anisa Luana

Editor: Mega Pratidina

Sumber: 

https://www.orami.co.id/magazine/bagaimana-cara-mengurangi-sakit-punggung-saat-menyusui/

https://www.haibunda.com/menyusui/20201218084015-54-180680/6-tips-ampuh-meredakan-sakit-punggung-pada-ibu-menyusui/2

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/kenapa-ibu-menyusui-seperti-saya-bagian-punggung-bawah-sakit-

https://www.sehatq.com/forum/nyeri-punggung-karena-menyusui-apakah-ada-cedera

https://www.romper.com/p/breastfeeding-back-pain-is-common-so-heres-what-you-need-to-know-8390189#:~:text=Try%20propping%20your%20baby%20up,the%20back%20of%20your%20chair.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.