fbpx
Comfort Nursing Image MamaBear

Ada kalanya si Kecil ingin terus menyusu pada Mama. Bahkan, setelah menyusu lama, ia masih tetap bertahan di pangkuan Mama dan menyusu dengan nyaman. Aktivitas ini disebut comfort nursing, Ma.

Lalu, apa sebenarnya comfort nursing dan apa manfaatnya pada tumbuh kembang si Kecil? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel MamaBear berikut ini!

Apa itu Comfort Nursing?

Comfort nursing adalah kebiasaan bayi yang terus menyusu pada payudara Mama, meskipun sebenarnya sudah menyusu dalam durasi yang cukup lama. Hal ini terjadi karena si Kecil hanya ingin terus mendapatkan rasa nyaman dan aman ketika berada di dekat Mama.

Ini bukan berarti memberi makan si Kecil secara berlebihan ya, Ma. Karena sebenarnya kebutuhan bayi terhadap makanan dan kenyamanan merupakan aspek penting dari menyusui. Kenyamanan yang dibentuk ini mampu meningkatkan bonding antara Mama dan si Kecil.

Kebiasaan ini justru bermanfaat untuk percepatan pertumbuhan si Kecil dan merangsang produksi ASI dalam jumlah yang lebih besar.

Comfort Nursing Image MamaBear

Manfaat Comfort Nursing bagi si Kecil

Menyusui tidak hanya menyediakan sumber nutrisi bagi si Kecil, lho… Menyusui juga dapat menenangkan si Kecil, menambah antibodi tubuh, serta mencegah infeksi penyakit.

Selain itu, Menyusui bisa membantu si Kecil merasa mengantuk karena melepaskan hormon cholecystokinin (CCK). Itulah sebabnya si Kecil semakin cepat tidur saat sedang menyusu pada Mama.

Bayi akan merasakan keamanan, kehangatan, dan kenyamanan ketika mereka berada di dekat Mama, Jadi, hal yang wajar jika si Kecil akan terus menyusu meski tidak merasa lapar karena aktivitas ini berperan dalam memberikan kenyamanan di luar kebutuhan ASI.

Kapan Mama Harus Merasa Khawatir?

Comfort Nursing Image MamaBear

Kebiasaan bayi ini hal yang normal kok, Ma… Tetapi jika si Kecil menghabiskan terlalu banyak waktu menyusu, jarang tampak puas setelah menyusui, dan berat badannya tidak bertambah sesuai kurva pada KMS, ini mungkin merupakan sinyal bahwa kecukupan ASI si Kecil masih belum terpenuhi secara optimal.

Jika hal ini terjadi, segera berkonsultasi dengan dokter atau konselor menyusui. Membiarkan si Kecil melakukan kebiasaan ini bukan berarti memanjakan anak, bahkan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kebiasaan ini berbahaya bagi tumbuh kembang si Kecil.

Kebiasaan ini justru bermanfaat untuk membangun bonding, sarana relaksasi, dan bahkan membantu meredakan rasa sakit yang dialami oleh si Kecil.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Mama ketahui tentang comfort nursing. Mama sebaiknya mengikuti kemauan bayi untuk menyusu selama yang Ia inginkan. Waktu akan bergulir dengan cepat, Ma… Kapan lagi bisa dekat-dekat terus sama si Kecil? Jadi, nikmati saja prosesnya ya, Mama… 

Dapatkan juga Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Comfort Nursing: Definition, Concerns, and Benefits. URL: https://www.healthline.com/health/breastfeeding/comfort-nursing#concerns (diakses 12/10/2023)

2. Breastfeeding to Sleep and Other Comfort Nursing. URL: https://kellymom.com/bf/normal/comfortnursing/ (diakses 12/10/2023)

3. Comfort Nursing for More than Nutrition. URL: https://www.verywellfamily.com/comfort-nursing-431732 (diakses 12/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.