fbpx
Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Setelah melahirkan, tentu Mama mendambakan berat badan ideal seperti sebelumnya. Kebanyakan Mama akan terburu-buru melakukan diet agar langsing. Eits, jangan diet yang terlalu ekstrem ya, Ma… Sebaiknya Mama ikuti tips diet sehat untuk Ibu menyusui berikut ini!

Menyusui sebagai Cara Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Dilansir dari Healthline, aktivitas menyusui menunjukkan hasil berupa penurunan berat badan, terlebih lagi jika dilakukan selama 6 bulan awal pasca persalinan atau lebih. Meskipun mungkin tidak terjadi pada semua orang, menyusui dapat mengurangi berat badan Mama sekitar 0,5 kg tiap minggunya.

Tenang, Ma… Selama Mama selalu memenuhi kebutuhan gizi seimbang dan melakukan olahraga ringan, maka suplai dan komposisi ASI Mama tidak akan terkena dampak apa pun. 

5 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Inilah beberapa tips yang bisa Mama coba lakukan untuk menurunkan berat badan selama menyusui, antara lain:

1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Siapa nihhh yang masih suka lupa minum air putih? Weitsss, pemenuhan kebutuhan cairan tubuh itu penting lho, Mama… Apalagi bagi Mama yang sedang melakukan diet sehat untuk menyusui agar langsing kembali.

Yuk, mulai minum air lebih banyak dari biasanya! Cairan tubuh yang terpenuhi dapat membantu memulihkan kondisi tubuh Mama pasca persalinan. Setiap selesai sesi menyusui, Mama dapat minum segelas air untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan hariannya sudah tercukupi.

Dilansir dari Verywell Family, Mama yang sedang menyusui membutuhkan sekitar 128 ons cairan atau sekitar 3,7 liter dalam sehari. Mama juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh melalui sumber tambahan lain, seperti buah dan sayur.

2. Mengatur jadwal makan

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Jadwal makan yang rutin dan teratur juga dapat menjadi salah satu cara diet sehat untuk Ibu menyusui yang paling ampuh. Seorang Mama yang sedang menyusui membutuhkan sekitar 1800 kalori dalam sehari.

Oleh sebab itu, Mama bisa membaginya ke dalam 3 sesi makan dalam sehari dengan jumlah masing-masing sekitar 500-600 kalori pada setiap sesinya. Tambahan kalori lain bisa Mama dapatkan dari camilan sehat, seperti buah-buahan.

3. Istirahat yang cukup

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Setelah melahirkan, Mama kesulitan mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat karena rutinitas menyusui. Mama yang sedang menyusui perlu stand-by dan siap sedia kapan pun si Kecil ingin menyusu.

Tapi, apabila dibiarkan, kondisi kurang istirahat ini dapat menyebabkan Mama kesulitan menurunkan berat badan. Mama sebaiknya mengatur jadwal menyusui dan pumping sehingga Mama memiliki waktu luang untuk beristirahat.

4. Memenuhi asupan kalori

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Tubuh memerlukan banyak kalori dan nutrisi untuk menjaga pertumbuhan si Kecil. Saat Mama tidak mengonsumsi kalori yang cukup, maka akan berdampak negatif bagi produksi ASI.

Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Mama juga perlu membatasi dan menghindari makanan-makanan yang tidak memberikan manfaat bagi tubuh, seperti makanan olahan cepat saji, kafein berlebih, alkohol, dan sebagainya. 

Jika diperlukan dan telah mendapatkan persetujuan dokter, Mama dapat menambahkan suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, misalnya vitamin C, vitamin D, omega 3, omega 6, dan lain-lain. Semua hal baik pasti membutuhkan waktu, bersabarlah dengan proses yang sedang Mama jalani, yaaa… 

Baca juga: Seberapa Pentingkah Memenuhi Nutrisi Ibu Menyusui?

5. Mengurangi asupan kalori secara bertahap

Diet untuk Ibu Menyusui agar Langsing Image MamaBear

Tips diet sehat untuk Ibu menyusui yang terakhir adalah mengurangi asupan kalori dan porsi makan secara bertahap. Meski pun porsinya dikurangi secara bertahap, Mama tetap perlu memperhatikan kelengkapan nutrisinya, yaaa…

Konsumsi makanan bergizi seimbang dengan kalori yang cukup. Salah satu contoh diet sehat untuk Ibu menyusui adalah diet rendah karbohidrat, yaitu mengurangi komponen karbohidrat, seperti pasta, roti, nasi dan tetap melengkapi nutrisinya dengan protein, buah, dan sayuran.

Dilansir dari Lauwers & Swisher (2015), karbohidrat umumnya menyebabkan lebih sering merasa lapar sehingga akan makan lebih banyak. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi karbohidrat akan menurunkan nafsu makan dan tidak menyebabkan kelebihan asupan kalori.

Nah itulah beberapa tips diet sehat untuk Ibu menyusui yang bisa Mama coba. Ingat ya, Ma… Prioritas utama selama menyusui adalah kecukupan nutrisi untuk si Kecil. Usahakan tetap memperhatikan asupan nutrisi Mama.

Baca juga artikel Sehat dan Praktis! Ini 7 Rekomendasi Diet untuk Ibu Menyusui untuk dapatkan tips diet lainnya, Mama!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Breastfeeding Diet 101: What to Eat While Breastfeeding. URL: https://www.healthline.com/nutrition/breastfeeding-diet-101#other-considerations (diakses 11/10/2023)

2. How Much Water Should I Drink While Breastfeeding? URL: https://www.verywellfamily.com/does-drinking-more-water-affect-breastfeeding-284285 (diakses 11/10/2023)

3. Lauwers, J. & Swisher, A. 2015. Counseling the Nursing Mother: A Lactation Consultants Guide. Burlington, MA: Jones & Bartlett Learning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.