fbpx

Menyusui adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan nutrisi dan perlindungan bagi bayi. Namun, menyusui juga bisa menjadi tantangan bagi Mama yang sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Untuk itu, banyak Mama yang memilih untuk menggunakan pompa ASI, terutama yang hands free pump.

Hands free pump adalah alat yang dapat memerah ASI secara otomatis tanpa perlu memegangnya dengan tangan. Pompa ASI ini biasanya dipasang di dalam bra menyusui atau bra khusus yang memiliki lubang untuk corong pompa. Dengan begitu, Mama dapat melakukan hal lain sambil memompa ASI, seperti bekerja, membaca, atau bersantai.

Namun, menggunakan hands free pump juga membutuhkan beberapa tips agar hasilnya optimal dan tidak menimbulkan masalah. Yuk, ikuti tips menyusui anti ribet menggunakan hands free pump berikut ini!

Tips Menyusui Menggunakan Hands Free Pump

Melansir dari beberapa sumber, inilah beberapa tips yang dapat Mama coba:

1. Pilih hands free pump yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Mama

Dilansir dari The Asian Parent, ada berbagai jenis dan merek pompa ASI hands free yang tersedia di pasaran, seperti Medela, Mama’s Choice, Mutter, Sidmool, Aolon, Kolibri Minimax, Doobser, dan Haenim.

Mama dapat memilih yang memiliki fitur dan fungsi yang Mama butuhkan, seperti ukuran, bentuk, daya isap, mode, suara, baterai, dan lainnya. Pastikan juga pompa ASI hands free yang Mama pilih memiliki garansi dan layanan after sales yang baik.

2. Pastikan ukuran corong pompa ASI yang sesuai

Corong pompa ASI adalah bagian yang menempel pada payudara dan menghubungkan puting dengan botol ASI. Jika ukuran corong pompa ASI terlalu besar atau terlalu kecil, maka dapat menyebabkan iritasi, lecet, atau bahkan mastitis pada payudara Mama. Ukuran corong pompa ASI yang ideal adalah sekitar 4 milimeter lebih besar dari diameter puting Mama.

Baca juga: Ikuti 3 Cara Mengukur Corong Pompa ASI yang Pas, Ma!

3. Perhatikan posisi puting Mama ketika memasang hands free pump

Pastikan puting Mama berada tepat di tengah lubang corong pompa ASI, tidak miring atau terjepit. Jika posisi puting Mama tidak tepat, maka dapat mengurangi aliran ASI dan menyebabkan nyeri pada payudara Mama. Mama dapat menggunakan cermin untuk memastikan posisi puting Mama.

4. Lakukan pemijatan pada payudara sebelum dan selama memompa ASI

Pemijatan dapat membantu merangsang refleks let down, yaitu proses pelepasan ASI dari kelenjar susu ke saluran susu. Dengan begitu, aliran ASI menjadi lebih lancar dan banyak. Mama dapat melakukan pemijatan dengan tangan atau alat khusus, seperti roller atau alat pijat payudara. Pemijatan juga dapat mencegah terjadinya sumbatan atau bengkak pada payudara Mama.

5. Atur mode dan waktu hands free pump sesuai dengan kebutuhan Mama

Pompa ASI hands free biasanya memiliki beberapa mode yang dapat Mama pilih, seperti mode stimulasi, mode pemerahan, atau mode kombinasi.

Mode stimulasi adalah mode yang berfungsi untuk meniru hisapan bayi yang cepat dan ringan, yang bertujuan untuk merangsang refleks let down. Hal ini berfungsi untuk meniru hisapan bayi yang lambat dan kuat, yang bertujuan untuk memerah ASI.

Mode kombinasi adalah mode yang menggabungkan mode stimulasi dan mode pemerahan secara bergantian. Mama dapat mengatur mode hands free pump sesuai dengan kondisi dan preferensi Mama.

Selain itu, Mama juga dapat mengatur waktu hands free pump sesuai dengan jadwal dan durasi yang Mama inginkan. Biasanya, pompa ASI hands free memiliki timer yang dapat Mama atur mulai dari 5 menit hingga 30 menit atau lebih.

Baca juga: 4 Bagian Pompa ASI Perlu Rutin Diganti agar Tetap Higienis

6. Batasi aktivitas berlebih saat menggunakan hands free pump

Meskipun pompa ASI hands free memungkinkan Mama untuk melakukan hal lain sambil memompa ASI, tetapi Mama tetap harus memperhatikan kesehatan dan kenyamanan Mama.

Sebaiknya Mama tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat, berisiko, atau membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti berolahraga. Hal ini dapat mengganggu proses memompa ASI dan menimbulkan stres atau kelelahan pada Mama.

Mama bisa menggunakan pompa ASI hands free sambil melakukan aktivitas yang ringan, santai, atau menyenangkan, seperti mendengarkan musik. Hal ini dapat membantu Mama merasa lebih rileks dan meningkatkan produksi ASI Mama.

Itulah beberapa tips menyusui anti ribet dengan hands free pump yang dapat Mama coba. Semoga tips ini dapat membantu Mama sukses dalam pemberian ASI eksklusif tanpa meninggalkan aktivitas Mama. Selamat mencoba!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Pumping Tips. URL: https://exclusivepumping.com/category/pumping-tips/ (diakses 5/2/2024)

2. 7 Tips to Make Breast Pumping Easier. URL: https://www.verywellfamily.com/tips-for-pumping-breast-milk-2752633 (diakses 5/2/2024)

3. 5 Tips Sukses Pumping ASI di Kantor. URL: https://www.alodokter.com/5-tips-sukses-pumping-asi-di-kantor (diakses 5/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.