fbpx

Buah duku adalah salah satu buah tropis yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar, serta kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Duku juga dipercaya bisa bantu mencegah anemia. Apakah benar Ibu hamil makan duku, bantu cegah anemia? Apa saja manfaat lain dari buah duku? Baca selengkapnya di artikel berikut ini ya, Mam…

Ibu Hamil Makan Duku, Bantu Cegah Anemia?

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah berkurang. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti lemas, pucat, sesak napas, pusing, dan sakit kepala. Anemia juga dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Salah satu penyebab anemia pada Ibu hamil adalah kekurangan zat besi. Zat besi adalah mineral yang penting untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein yang mengangkut oksigen dalam darah. Kebutuhan zat besi pada Ibu hamil meningkat seiring dengan pertambahan usia kehamilan.

Buah duku mengandung zat besi yang cukup tinggi. Menurut studi dalam jurnal Nutrients (2022), 100 gram buah duku segar mengandung 1 miligram zat besi. Itulah alasannya mengapa Ibu hamil makan duku bisa membantu cegah anemia selama masa kehamilan.

Baca juga: 4 Dampak Makan Buah Nangka Berlebihan Saat Hamil

Apa saja Manfaat Ibu Hamil Makan Buah Duku?

Ada beberapa manfaat Ibu hamil makan buah duku yang perlu Mama ketahui, diantaranya:

1. Sumber vitamin C

Selain zat besi, buah duku juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel darah merah dari kerusakan. Kandungan vitamin C dalam 100 gram buah duku segar adalah 13,4 miligram.

2. Menjaga kesehatan kulit, mata dan rambut

Buah duku juga mengandung vitamin B kompleks, seperti tiamin, riboflavin, dan niacin. Vitamin B kompleks dapat membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Vitamin B kompleks juga penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, mata, dan rambut.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Selain itu, Ibu hamil makan buah duku membantu memperkuat tulang dan gigi karena kandungan kalsiumnya. Selain kalsium, buah duku juga mengandung mineral lain seperti fosfor, kalium, dan magnesium. Mineral-mineral ini dapat membantu mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan, dan mendukung fungsi otot dan jantung.

4. Sumber serat yang baik

Buah duku juga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Ibu hamil makan buah duku membantu mencegah dan mengatasi sembelit, yang sering dialami selama masa kehamilan. Serat juga dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah duku juga memiliki kandungan fitonutrien, seperti limonoid, yang bersifat anti kanker. Limonoid dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan memicu kematian sel kanker. Limonoid juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Melon untuk Bumil dan Cara Mengonsumsinya

Apakah ada Efek Samping Ibu Hamil Makan Buah Duku?

Yap, jika Mama makan buah duku berlebihan selama hamil, dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare dan kembung.

Buah duku memang dapat menjadi salah satu pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Tetapi, Ibu hamil tetap harus mengonsumsi buah duku dalam porsi yang wajar, yaitu sekitar 5-10 butir per hari.

Selain itu, buah duku juga harus dicuci bersih sebelum dikonsumsi untuk menghindari kontaminasi bakteri atau pestisida. Jika memungkinkan, pilihlah buah duku yang organik atau bebas pestisida. Buah duku juga sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar, bukan dalam bentuk jus atau buah kering.

Itulah tadi penjelasan mengenai manfaat buah duku untuk Ibu hamil. Meski banyak manfaatnya, Mama tetap perlu memperhatikan jumlah konsumsinya ya, Mam, agar tidak berdampak buruk selama kehamilan.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Manfaat Duku untuk Ibu Hamil, Cegah Migrain hingga Anemia. URL: https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/manfaat-duku-untuk-ibu-hamil/ (diakses 15/2/2024)

2. Everything you need to know about Duku Fruit. URL: https://fitforthesoul.com/everything-you-need-to-know-about-duku-fruit/ (diakses 15/2/2024)

3. Health benefits of Duku Fruit. URL: https://www.healthbenefitstimes.com/duku-fruit/ (diakses 15/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.