fbpx

Pete atau petai adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Pete memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga cocok dijadikan sebagai lalapan, sambal, atau campuran nasi goreng. Namun, bagaimana dengan Ibu hamil? Apakah Ibu hamil boleh makan pete selama masa kehamilan? Apa saja manfaat dan efek sampingnya? Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya!

Kandungan Nutrisi Pete untuk Ibu Hamil

Pete atau petai merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan atau polong-polongan. Tanaman iin tumbuh di pohon tinggi di hutan hujan tropis, terutama di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan lain-lain. Pete memiliki nama latin Parkia speciosa.

Kandungan nutrisi pete bermanfaat untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin B2, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, zinc, dan asam folat. Nutrisi-nutrisi ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil dan janin yang sedang berkembang.

Manfaat Ibu Hamil Makan Pete

Menurut beberapa sumber, pete aman untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, asalkan tidak berlebihan dan dengan cara pengolahan yang benar. Dilansir dari situs Your Health Remedy, pete dapat memberikan beberapa manfaat bagi Ibu hamil, antara lain:

1. Mengurangi morning sickness

Morning sickness atau mual muntah adalah salah satu gejala kehamilan yang sering dialami oleh Ibu hamil, terutama pada trimester pertama. Pete dapat membantu mengurangi morning sickness dengan menjaga kadar gula darah atau glikemia, sehingga mencegah rasa mual dan muntah.

2. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah kondisi yang ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi dan berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Ibu hamil berisiko mengalami anemia karena kebutuhan zat besi meningkat untuk membentuk hemoglobin janin. Pete mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada Ibu hamil.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Ibu hamil perlu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan terinfeksi. Pete mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

4. Mendukung perkembangan otak janin

Pete mengandung asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Asam folat juga dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin, seperti spina bifida dan anensefali.

Baca juga: Inilah 4 Manfaat Hebat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Efek Samping Ibu Hamil Makan Pete

Meski terbukti memiliki banyak manfaat selama kehamilan, tampaknya makan pete terlalu banyak selama hamil juga tidak disarankan. Larangan mengonsumsi pete terlalu banyak pun tidak hanya berlaku untuk Ibu hamil, tetapi juga untuk semua kalangan.

Melansir laman Shunchild, berikut ini efek buruk pete selama kehamilan yang perlu Mama ketahui:

1. Menimbulkan bau tidak sedap

Pete mengandung amonia yang cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan bau tidak sedap saat buang air kecil atau kentut. Bau ini mungkin dapat mengganggu Mama atau orang di sekitar Mama.

2. Menyebabkan alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap pete, yang ditandai dengan gatal-gatal, ruam, bengkak, atau sesak napas. Jika Mama mengalami gejala-gejala ini setelah makan pete, segera hentikan dan konsultasikan dengan dokter.

3. Menyebabkan perut begah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa petai mengandung senyawa tertentu yang dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti gas dan kembung. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu hamil tidak makan pete berlebihan karena dapat memperburuk gejala perut begah.

Baca juga: Sering Alami Perut Begah Saat Hamil? Ini Penyebabnya!

4. Menyebabkan diare

Pete kaya akan serat, yang dapat bermanfaat untuk buang air besar secara teratur. Tetapi, asupan serat yang berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan diare, yang dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

5. Menganggu penyerapan nutrisi lain

Pete juga mengandung senyawa asam amino tertentu yang akan mempercepat proses pencernaan yang bisa saja menyebabkan proses penyerapan nutrisi di dalam usus terganggu. Sedangkan, Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi seperti zat besi, kalsium, dan folat.

Oleh karena itu, sebaiknya Ibu hamil tidak makan pete berlebihan karena dapat merugikan Mama dan janin.

Cara Ibu Hamil Makan Pete yang Aman

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Ibu hamil makan pete dengan aman, yaitu:

  • Pilih pete yang segar, utuh, dan tidak berjamur. Cuci bersih pete dengan air mengalir sebelum dimasak atau dikonsumsi, agar terbebas dari kuman atau kotoran yang menempel.
  • Sebaiknya Ibu hamil tidak makan pete mentah. Ibu hamil disarankan merebus atau mengukus pete untuk memastikan matang sempurna dan meminimalkan risiko bakteri, sekaligus mempertahankan nutrisi.
  • Jangan mengonsumsi pete secara berlebihan. Sebaiknya, konsumsi pete tidak lebih dari 100 gram per hari.
  • Jika Mama ragu atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya Mama berkonsultasi dengan dokter kandungan Mama terlebih dahulu sebelum makan pete.

Jadi, bolehkah Ibu hamil makan pete? Jawabannya adalah boleh, asalkan tidak berlebihan dan dengan cara pengolahan yang benar ya, Mam. Apalagi makanan favorit Mama saat hamil? Yuk, share di kolom komentar!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Pete? Cek Faktanya. URL: https://doktersehat.com/ibu-dan-anak/kehamilan/pete-bagi-ibu-hamil/ (diakses 15/2/2024)

2. Petai (Parkia speciosa) or Stink Bean – Side Effects & Health Benefits. URL: https://www.yourhealthremedy.com/medicinal-plants/petai-parkia-speciosa-health-benefits/ (diakses 15/2/2024)

3. Petai And Pregnancy: A Nutritious Addition To A Healthy Diet. URL: https://shunchild.com/article/is-petai-good-for-pregnancy (diakses 15/2/2024)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.