fbpx
ibu menyusui sering lapar image mamabear

Mama pasti seringkali merasa lapar saat menyusui si Kecil. Padahal habis makan, eh beberapa jam kemudian udah laper lagi. Tenang, ini normal kok, Ma. Tapi, apa sebenarnya penyebab Ibu menyusui sering lapar? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, baca artikel ini sampai habis ya, Mam.

Alasan Ibu Menyusui Sering Lapar

Inilah beberapa alasan kenapa Ibu menyusui sering merasa lapar, yaitu:

1. Kebutuhan Kalori yang Meningkat

Salah satu alasan Ibu menyusui sering lapar adalah karena kebutuhan kalori yang meningkat. Melansir dari Alodokter, Ibu yang menyusui secara eksklusif membutuhkan 500-700 kalori ekstra tiap hari. Perlu Mama ketahui, kalori saat menyusui sama dengan olahraga lari selama satu jam, lho, Mam.

Hal ini karena tubuh Ibu menyusui harus memproduksi ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Proses produksi ASI ini memerlukan banyak energi, sehingga tubuh Mama akan membakar banyak kalori. Oleh karena itu, tidak heran jika Ibu menyusui sering merasa lapar dan haus setelah menyusui.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui?

2. Adanya Pengaruh Hormon

Melansir laman Lactation Mamas, bayi yang baru lahir menyusui setiap dua jam, begitu pula di malam hari, sehingga menyebabkan Mama kurang tidur. Hal ini menyebabkan kadar hormon kortisol Mama meningkat. Hormon stres ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Mama merasa lapar terus-menerus.

Selain itu, dilansir dari Intregris Health, hormon prolaktin yang berperan memproduksi ASI juga meningkat saat Mama menyusui si Kecil, terutama di malam hari. Peningkatan hormon prolaktin ini juga bisa merangsang nafsu makan Mama.

3. Asupan Nutrisi Ibu Menyusui

Alasan lain Ibu menyusui sering lapar adalah karena pengaruh kualitas asupan nutrisi. Ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, agar ASI yang dihasilkan juga bernutrisi dan bermanfaat bagi bayi.

Sebuah studi menyebutkan makanan yang bergizi dan seimbang biasanya mengandung banyak serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat, yang dapat membuat Mama merasa kenyang lebih lama.

Sebaliknya, jika Mama mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, seperti makanan cepat saji, makanan manis, atau makanan olahan, maka kadar gula darah akan meningkat dengan cepat, dan turun dengan cepat pula, sehingga bisa memicu rasa lapar.

Baca juga: 5 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui, Mudah Dicoba!

Cara Mengatasi Lapar yang Sering Muncul pada Ibu Menyusui

Untuk mengatasi rasa lapar yang sering muncul, Mama bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Minum air putih yang banyak, sekitar 12 gelas atau 3 liter per hari, untuk menghindari dehidrasi dan mengurangi rasa lapar yang tidak beralasan.
  • Istirahat yang cukup, sebisa mungkin tidur saat bayi tidur, untuk mengembalikan energi dan mengatur hormon yang berhubungan dengan rasa lapar.
  • Makan dengan porsi yang sesuai, tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, untuk menjaga keseimbangan kalori dan nutrisi.
  • Makan makanan yang bergizi dan seimbang, dengan mengonsumsi banyak sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, telur, susu, dan produk susu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi.
  • Hindari makanan yang kurang bergizi, seperti makanan cepat saji, makanan manis, makanan olahan, atau makanan yang mengandung banyak garam, gula, lemak jenuh, atau lemak trans, untuk menghindari kenaikan gula darah yang tidak stabil dan penumpukan lemak berlebih.
  • Makan camilan sehat, seperti buah, kacang-kacangan, yogurt, atau roti gandum, untuk mengganjal perut saat merasa lapar di antara waktu makan.

Rekomendasi Camilan Sehat untuk Ibu Menyusui

Aktivitas menyusui yang padat seringkali membuat Mama kesulitan mempersiapkan camilan yang sehat. Tenang, MamaBear punya solusinya, Mam, yaitu Kookie Bites!

Kookie Bites terbuat dari superfood pilihan, seperti almond, oat, flaxseed. kacang hijau, dan kacang mente yang juga rendah gula, gluten free, bebas telur, dan susu. Kukis laktasi ini diformulasikan untuk Ibu menyusui dan bayi yang memiliki riwayat alergi terhadap jenis-jenis makanan tersebut.

Produk ini juga memiliki kandungan ekstrak ragi (brewer’s yeast) yang kaya akan selenium untuk membantu melancarkan keluarnya ASI. Selain itu, Kookie Bites MamaBear juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain: 

  • Tinggi Serat pangan (fiber): membantu mempertahankan dan  memelihara fungsi saluran pencernaan;
  • Vitamin B1:  berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energi;
  • Vitamin B2: berperan sebagai koenzim perubahan karbohidrat menjadi energi;
  • Sumber Zinc: berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh;
  • Vitamin B9: berperan dalam pertumbuhan dan pembelahan sel.

Itulah penjelasan kenapa Ibu menyusui sering lapar. Jadi, selalu penuhi asupan nutrisi Mama dan istirahat yang cukup ya, Mam. Kalau Mama butuh camilan penunda lapar yang sehat dan praktis, ingat Kookie Bites MamaBear!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearidTikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Ini Lho Alasan Mudah Lapar dan Lelah Selama Menyusui. URL: https://www.alodokter.com/alasan-bunda-merasa-lapar-dan-lelah-selama-menyusui (diakses 13/12/2023)

2. Does Breastfeeding Make You Hungry? URL: https://integrisok.com/resources/on-your-health/2023/march/does-breastfeeding-make-you-hungry (diakses 13/12/2023)

3. Why Does Breastfeeding Make You Constantly Hungry? URL: https://lactationmamas.com/why-does-breastfeeding-make-you-hungry/ (diakses 13/12/2023)

4. 8 Makanan Sehat dan Mengenyangkan untuk Ibu Menyusui. URL: https://www.halodoc.com/artikel/8-makanan-sehat-dan-mengenyangkan-untuk-ibu-menyusui (diakses 13/12/2023)

5. Serat Makanan dan Peranannya bagi Kesehatan. URL: https://www.researchgate.net/publication/277822462_SERAT_MAKANAN_DAN_PERANANNYA_BAGI_KESEHATAN (diakses 13/12/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.