fbpx
Sumber: Klikdokter.com

“Duh, dingin-dingin enaknya makan mie instan kuah”

“Makan malam pasti enak nih makan mie instan”

Hayo, siapa yang gini juga? Sebenarnya boleh nggak ya ibu hamil makan mie instan? Apakah nutrisi yang terkandung di mie instan cukup untuk ibu hamil? Nah, biar nggak bingung lagi, yuk simak pembahasan berikut.

Kandungan Mie Instan

Sebelum membahas lebih lanjut, yuk kita cari tahu kandungan mie instan! Dilansir dari hellosehat, dalam satu porsi mie instan mengandung:

  • 460 kalori;
  • 66 gram karbohidrat;
  • 9 gram protein;
  • 18,8 gram total lemak;
  • 986 sodium.

Wah, dengan kandungan mie instan yang seperti itu, kira-kira apakah boleh ibu hamil makan mie instan? Sebagai ibu hamil, makanan yang dikonsumsi harus mengandung nutrisi yang tinggi seperti vitamin dan juga mineral. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi Mama nantinya akan mempengaruhi pembentukan janin. Nutrisi yang diserap oleh tubuh Mama akan diberikan juga kepada Si Kecil yang ada di dalam rahim.  Itu berarti, jika Mama mengkonsumsi mie instan, maka kandungan sodium lah yang paling banyak diterima oleh Si Kecil. Sementara, sodium dengan kadar berlebih dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kehamilan Mama dan pertumbuhan janin. Sehingga, mie instan tidak disarankan untuk ibu hamil. 

Apa yang akan terjadi jika ibu hamil makan mie instan?

  1. Kelebihan Sodium

Sodium yang terkandung dalam mie instan sangatlah tinggi. Sementara, terlalu banyak sodium dalam tubuh bisa berbahaya bagi tubuh. Dilansir dari Healthline, mengkonsumsi banyak sodium dapat berbahaya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam jangka pendek, Mama bisa mengalami kenaikan tekanan darah dan dehidrasi. Sementara dalam jangka panjang, ketika ibu hamil makan mie instan  memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena serangan jantung, penyakit hati, darah tinggi, dan penyakit lainnya.

  1. Risiko Obesitas dan Penyakit Hati

Tidak hanya sodium yang terkandung pada mie instan, namun mie instan juga mengandung MSG. Salah satu alasan ibu hamil makan mie instan adalah rasa gurih  dari MSG. Namun, MSG memberikan efek kepada tubuh dalam waktu panjang yang bisa membuat obesitas dan penyakit hati. Dalam jangka pendek, MSG bisa memicu nyeri dada, rasa mual, dan detak jantung yang berdebar-debar.

Oleh sebab itu, tidak disarankan ibu hamil makan mie instan karena khawatir bisa mempengaruhi pertumbuhan Si Kecil dalam kandungan Mama.

  1. Meningkatkan Risiko Diabetes

Ketika ibu hamil makan mie instan, risiko terkena diabetes meningkat. Makanan instan mempengaruhi kandungan gula darah di dalam tubuh. Ketika ibu hamil makan mie instan, terutama pada trimester pertama kehamilan, risiko diabetes lebih meningkat. Hal ini diakibatkan karena ketika Mama hamil, tubuh Mama akan memproduksi lebih banyak hormon yang mengakibatkan adanya perubahan pada tubuh Mama seperti berat badan yang naik. Perubahan ini akan menyebabkan tubuh mengurangi efektivitas insulin sehingga kadar gula darah Mama tidak terurai dengan baik.

Sementara dengan kandungan mie instan yang juga mengandung gula, ini akan menambah kandungan gula di dalam tubuh Mama yang memungkinkan untuk meningkatkan risiko diabetes. Gejala yang dihasilkan bisa berupa sering buang air kecil, mual, lelah, dan gejala lainnya. Jika selama hamil Mama mengalami gejala ini setelah mengkonsumsi mie instan secara rutin atau dalam porsi besar, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

  1. Mempengaruhi Janin

Meskipun janin masih belum makan secara langsung, namun nutrisi dari makanan yang Mama makan akan disalurkan ke Si Kecil, loh, Ma. Ketika ibu hamil makan mie instan, i nantinya nutrisi yang diberikan kepada Si Kecil hanya karbohidrat, protein, sodium, dan lemak. Nutrisi ini tidak ideal untuk janin karena Si Kecil juga membutuhkan nutrisi sehat lainnya seperti vitamin dan mineral agar lengkap dan seimbang untuk mendukung pertumbuhannya.

Alternatif Mie Sehat Untuk Mama

Kalau Mama memang ngidam untuk makan mie instan, Mama tetap bisa memakannya kok dengan catatan di bawah ini!

  1. Kurangi Sodium dan MSG

Ketika Mama sangat ingin makan mie instan, hal pertama yang bisa Mama lakukan adalah dengan mengurangi sodium dan MSG yang terkandung di bumbu mie instan. Jika biasanya Mama menggunakan bumbu sebanyak satu porsi, Mama bisa menguranginya menjadi setengah atau tidak sama sekali. Mama juga bisa menggunakan bumbu sehat yang mungkin Mama buat sendiri juga, loh!

  1. Seimbangkan Kandungan Mie Instan

Yup! Mama bisa menambahkan sayuran yang mengandung vitamin dan mineral seperti bayam, kacang-kacangan, wortel, atau sawi. Tidak hanya itu, Mama bisa menambahkan ikan dan juga telur ke dalam mie instan untuk membuat gizinya lebih seimbang

  1. Makan Mie Instan Sehat

Solusi lain ketika Mama memang ingin makan mie instan, Mama bisa membeli mie instan sehat yang memiliki kandungan sodium dan MSG yang rendah. 

  1. Membuat Mie Sendiri

Jika Mama tidak yakin dengan mie instan yang Mama beli mengandung nutrisi lengkap atau tidak, Mama bisa mencoba untuk membuat mie sendiri! Mama bisa membuat mie yang mengandung vitamin dan mineral menggunakan sayuran yang Mama sukai. Selain itu, Mama jadi bisa untuk berkreasi dan menyajikan mie sesuai dengan keinginan Mama.

Rekomendasi Makanan Pengganti Mie Instan

Tidak hanya mie instan loh, Ma! Ada beberapa rekomendasi makanan pengganti mie instan yang mungkin ingin Mama coba yang tidak kalah enaknya dengan mie instan. Tidak hanya itu, nutrisi yang dikandung oleh makanan berikut pun lebih ideal. Nah, berikut adalah rekomendasi makanan pengganti mie instan.

  • Oatmeal
  • Salad
  • Yogurt
  • Buah Segar
  • Kentang rebus
  • Smoothies

Meskipun rasa mie instan memang sangat menggoda, tapi cobalah untuk meminimalisir konsumsi mie instan selama kehamilan ya.. Seperti menunggu setelah 4 bulan kehamilan atau memakan mie instan hanya sekali dalam 3 bulan. Demi kesehatan Si Kecil, Mama sebaiknya bersabar dan menggantinya dengan makanan lain dengan nutrisi yang ideal untuk Si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Writer: Wendy Belinda

Editor: Mega Pratidina

References:

Can You Eat Instant Noodles During Pregnancy? (parenting.miniklub.in)

Is It Safe For Pregnant Women to Eat Instant Noodles? Here’s What Doctors Say (sg.theasianparent.com)

Is It Safe to Eat Instant Noodles During Pregnancy? (parenting.firstcry.com)

Mie Instan atau Nasi, Mana yang Lebih Cepat Bikin Gemuk? (hellosehat.com)

Is It Safe To Eat Instant Noodles During Pregnancy? (momjunction.com)

Is it safe to eat instant noodles during pregnancy? – BabyCenter India

What Happens If You Eat Too Much Salt? (healthline.com)

Monosodium glutamate (MSG): Is it harmful? – Mayo Clinic

Eating During Pregnancy (for Parents) – Nemours KidsHealth

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.