Ini Dia Manfaat Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Moms!

Moms, sudah tahu belum dengan IMD? Ya, IMD adalah Inisiasi Menyusu Dini. Banyak loh Moms manfaat IMD jika diterapkan kepada si kecil sejak dini. Hal ini juga berpengaruh pada kegiatan Moms dalam memberikan ASI untuk ke depannya. Apakah Moms ingin tahu manfaat dari IMD ini? Tentunya penasaran, bukan?

manfaat IMD (1)

Manfaat yang Didapat dengan Menerapkan IMD

Moms, banyak sekali manfaat IMD ketika diterapkan saat ini juga. Jangan terlalu berpikir lama-lama loh Moms, karena ini memberikan efek bagus terhadap si kecil. Manfaat yang bisa dirasakan dan paling menonjol adalah bayi akan lebih sering menyusu dibandingkan dengan sebelumnya loh Moms. Moms pasti ingin ASI yang dibutuhkan si kecil tercukupi bukan?

Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain untuk bayi. Manfaat lainnya yaitu mengecilkan risiko hiportemia yang terjadi pada si kecil, menurunkan kadar hormon stress, dan memberikan kesempatan bonding pada bayi. Tidak hanya si kecil juga loh Moms yang mendapatkan manfaatnya! Moms juga akan mendapatkan manfaat IMD yang diterapkan saat ini.

Manfaat IMD saat ini untuk Moms adalah sama halnya dengan si bayi yang mendapatkan kesempatan bonding, meningkatkan hormon oksitosin Moms, dan meningkatkan hormon prolaktin. IMD ini memberikan bermanfaat positif untuk Moms dan si kecil tentunya. Sedikit tambahan untuk Moms, dengan adanya IMD bisa menyalurkan bakteri baik Moms ke si kecil.

Langkah dan Tahapan dalam IMD

manfaat IMD (2)
manfaat IMD (2)

Moms tertarik bukan untuk menerapkan IMD ke bayi? Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh Moms, diantaranya sebagai berikut:

  • Bayi ditengkurapkan di atas perut Moms, ini harus dilakukan segera ketika dilahirkan. Kondisi yang mana si bayi dan Moms sama-sama bertelanjang dada.
  • Moms keringkan seluruh cairan yang ada di tubuh si kecil kecuali telapak tangan. Aroma ketuban pada tangan bayi bisa membantu bayi untuk mencari puting payudara.
  • Memberikan si kecil selimut dan membiarkan mereka menemukan puting Moms. Ketika, bayi sudah menemukannya maka biarkan mereka menyusu pada puting payudara Moms.
manfaat IMD (3)
manfaat IMD (3)

Sudah tahu dengan tahapan-tahapan di dalam IMD Moms? Ada beberapa tahapan yang perlu untuk Moms ketahui loh. Pada menit ke-6, Moms akan melihat bayi membuka kelopak matanya. Menit ke-11, bayi mulai menjilati payudara Moms. Menit ke-12, bayi mulai memasukkan tangannya ke dalam mulut. Menit ke-21, si kecil mulai mencari puting Moms.

Pada menit ke-25, maka si kecil mulai meletakkan tangannya yang basah tadi ke payudara Moms. Menit ke-27, bayi mulai mengeluarkan lidahnya dan menyesap puting dari Moms. Di menit ke-80, maka bayi mulai bisa menyusu sendiri ke payudara Moms. Makanya, yuk, terapkan IMD!

Follow Mamabear di Instagram @mamabearcoid untuk berbagai informasi lainnya, ya!