fbpx

Sebagian Mama mungkin mengalami kaki bengkak saat hamil atau disebut juga edema. Kondisi ini sering kali terjadi pada trimester ketiga kehamilan, tetapi bisa juga dialami Mama saat awal-awal kehamilan. Sebenarnya hal ini berbahaya atau tidak? Yuk, cari tahu di sini, Ma!

Kaki Bengkak Saat Hamil

Dilansir dari National Health Service, kaki bengkak saat masa kehamilan bukanlah suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun, dapat membuat Mama tidak nyaman karena tentu mengganggu aktivitas sehari-hari Mama. 

Tetapi, jika terjadi pembengkakan secara tiba-tiba di sekitar wajah atau tangan, Mama sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter.

Hal ini bisa jadi gejala pre-eklampsia, yaitu penyakit yang ditandai dengan timbulnya edema tungkai atau tangan, tekanan darah yang tinggi, serta ditemukannya protein pada urine yang biasanya timbul pada kehamilan trimester dua dan tiga.

Bila bengkak disertai nyeri hebat pada salah satu tungkai saja, bisa disebabkan karena penyumbatan bekuan darah pada vena di tungkai yang biasa disebut Deep Vein Thrombosis (DVT) yang memerlukan penanganan dengan cepat oleh dokter.

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil

Beberapa penyebab kaki bengkak pada fase-fase kehamilan, antara lain:

Trimester Pertama

Dilansir dari Alodokter, kaki bengkak saat hamil pada trimester pertama disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron secara pesat sehingga menyebabkan munculnya sedikit pembengkakan di beberapa bagian tubuh, termasuk kaki.

Perubahan hormon kehamilan adalah hal yang normal terjadi, tetapi jika disertai gejala lain seperti pusing, sakit kepala, nyeri berat pada kaki, atau perdarahan, sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter karena dikhawatirkan adanya gejala gangguan kesehatan pada Mama.

Trimester Kedua

Kaki bengkak yang terjadi ketika menginjak trimester kedua dapat disebabkan oleh volume darah dan cairan di dalam tubuh yang meningkat. Walaupun begitu, ini adalah cara alami tubuh untuk mendukung pertumbuhan janin, menyiapkan persendian dan jaringan panggul agar lebih terbuka untuk persalinan.

Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga, rahim terus membesar seiring berkembangnya janin sehingga dapat menekan pembuluh darah vena di panggul. Tekanan tersebut memperlambat kembalinya darah dari kaki menuju jantung, sehingga darah berkumpul di pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan, Ma…

Baca juga: 5 Tips Nyaman Melewati Trimester Pertama Kehamilan

Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi pembengkakan pada kaki, seperti:

1. Rutin Berjalan Kaki

Mama bisa mencoba berjalan-jalan selama 5-10 menit. Jalan-jalan ringan memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sirkulasi darah dan dapat membantu mengurangi kaki bengkak pada masa kehamilan.

2. Mengenakan Sepatu dan Kaus Kaki yang Nyaman

Mengenakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman bermanfaat untuk mencegah masalah pinggul dan punggung yang dapat muncul saat berat badan semakin bertambah selama kehamilan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan kaki saat hamil.

3. Memakai Pakaian yang Longgar

Jika Mama memakai pakaian yang ketat, terutama di sekitar pergelangan kaki, maka bisa membuat pembengkakan di kaki Mama semakin buruk karena membuat darah tidak mengalir dengan lancar. Untuk mengatasinya, sebaiknya Mama memakai pakaian yang longgar dan nyaman ya, Ma.

4. Mengganjal Kaki dengan Bantal atau Meninggikan Posisi Kaki saat Istirahat

Aktivitas ini berguna untuk memperbaiki sirkulasi darah, selain itu meninggikan posisi kaki saat istirahat dapat membantu mengalirkan cairan yang tertumpuk di kaki sehingga pembengkakan menjadi sedikit berkurang.

5. Melakukan Pijat Relaksasi

Pijat relaksasi bisa membantu mengedarkan cairan yang menumpuk di kaki sehingga mengurangi pembengkakan. Mama bisa meminta bantuan Papa untuk melakukan pijatan di kaki dengan lembut.

Makanan yang Bisa Mengurangi Kaki Bengkak saat Hamil

Selain beberapa cara di atas, ternyata makanan juga bisa berpengaruh meredakan bengkak pada kaki, seperti:

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalium

Beberapa makanan tinggi kalium, yaitu pisang, alpukat, kiwi, pepaya, bayam, daun bawang, selada air, seledri, kubis, kentang, dan yogurt. Asupan kalium pada Mama yang berguna untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

2. Minum Banyak Air Putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi saat hamil sangatlah penting, karena jika Mama mengalami dehidrasi maka akan lebih banyak cairan yang menumpuk sehingga terjadi pembengkakan.

Banyak minum air putih dapat membantu Mama untuk mengimbanginya, serta menjaga ginjal tetap membuang racun. Jadi, sangat disarankan bagi Mama untuk banyak minum air putih, ya.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan Berkafein dan Garam yang Tinggi

Asupan kafein sesekali sebenarnya saat hamil sebenarnya tidak berbahaya. Tetapi, jika berlebihan bisa membuat kaki bengkak menjadi semakin parah. Ada baiknya Mama dapat mengurangi atau mengontrol konsumsi asupan kafein untuk mengurangi pembengkakan kaki.

Selain itu, garam juga bisa membuat tubuh Mama menahan lebih banyak air. Mama bisa mengurangi konsumsi garam dengan tidak terlalu banyak menambahkan garam pada masakan, serta menghindari makanan yang mengandung banyak garam seperti makanan kaleng dan olahan.

Baca juga: Kafein untuk Ibu Menyusui: Pengaruh dan Anjuran Konsumsi

4. Meningkatkan Asupan Diuretik Alami

Mama bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti cuka sari apel, semangka, jahe, lemon, tomat, timun, wortel, dan terong untuk meningkatkan asupan diuretik alami.

Diuretik membantu ginjal Mama melepaskan natrium ke dalam urine. Natrium akan mengurangi kelebihan jumlah cairan dalam darah dengan menariknya keluar sehingga dapat mengurangi kaki bengkak saat hamil.

5. Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein membantu mengentalkan darah yang menahan garam dan air di dalam pembuluh darah, sehingga cairan tidak keluar ke jaringan dan menyebabkan kaki bengkak. Makanan tinggi protein yang bisa Mama konsumsi seperti telur, kacang polong, daging tanpa lemak, dan salmon.

Nah, sekarang Mama bisa lebih paham tentang penyebab, dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil. Bila dirasa semakin tidak nyaman, Mama bisa langsung berkonsultasi dengan dokter terkait hal tersebut. Sehat selalu, ya untuk Mama dan si Kecil!

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Swollen ankles, feet and fingers in pregnancy. URL: https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/swollen-ankles-feet-and-fingers/ (diakses 07/10/2023)

2. Ketahui Berbagai Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil. URL: https://www.alodokter.com/ketahui-berbagai-penyebab-kaki-bengkak-saat-hamil (diakses 07/10/2023)

3. Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kaki Bengkak saat Hamil. URL: https://www.halodoc.com/artikel/kebiasaan-yang-bisa-menyebabkan-kaki-bengkak-saat-hamil (diakses 07/10/2023)

4. Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil. URL: https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-kaki-bengkak-saat-hamil (diakses 07/10/2023)

5. Tips & Foods That Help Reduce Pregnancy Swelling. URL: https://feedmomandme.com/blogs/mama-blog/tips-foods-that-help-reduce-pregnancy-swelling-edema (diakses 07/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.