fbpx

Punggung sakit saat menyusui bisa jadi tanda kekurangan kalsium. Mengutip dari American Academy of Pediatrics (AAP), wanita kehilangan 3-5 persen kadar kalsium saat sedang menyusui. Jadi, penting sekali memenuhi kalsium untuk Ibu menyusui dengan minum susu pelancar ASI.

Yuk, cari tahu manfaat dan kebutuhan kalsium harian Ibu menyusui, serta rekomendasi susu pelancar ASI yang wajib Mama coba!

Manfaat Kalsium untuk Ibu Menyusui

Kalsium menjadi salah satu kebutuhan nutrisi yang penting selama menyusui. Inilah beberapa manfaat kalsium untuk Ibu menyusui, antara lain: 

1. Mendukung kekuatan tulang dan gigi

Sudah bukan rahasia lagi kalau kalsium berperan dalam mendukung kekuatan tulang dan gigi ya, Ma. Jenis mineral yang satu ini berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah rapuh.

Kalsium juga bisa mencegah Ibu menyusui mengalami osteopenia, kondisi pengeroposan tulang sebelum masuk fase osteoporosis.

Baca juga: 9 Cara Atasi Sakit Punggung Saat Menyusui

2. Menjaga kesehatan mulut

Gigi termasuk bagian yang membutuhkan banyak kalsium, agar lebih kuat dan tidak rapuh. Saat Ibu menyusui kekurangan kalsium, kesehatan mulut juga bisa ikut berpengaruh. Seperti merusak gusi, gigi keropos, berlubang, dan rusaknya lapisan luar akar gigi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Kalsium juga berperan penting dalam kesehatan jantung, seperti proses pembekuan darah, menjaga detak jantung lebih teratur, dan mengendalikan kontraksi ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, kalsium juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Cara kerjanya yaitu dengan mengendurkan otot yang mengelilingi pembuluh darah.

Baca juga: Seberapa Pentingkah Memenuhi Nutrisi Ibu Menyusui?

Kebutuhan Kalsium untuk Ibu Menyusui

Mengutip dari National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Disease, Ibu menyusui kemungkinan akan kehilangan massa tulang selama menyusui. Hal ini karena Ibu memproduksi hormon estrogen yang lebih sedikit. Padahal, hormon tersebut berperan dalam melindungi kekuatan tulang.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019, kebutuhan kalsium Ibu menyusui sekitar 1000-1400 miligram per hari. Pada dasarnya, kebutuhan kalsium tergantung pada jumlah ASI yang diproduksi dan masa waktu menyusui.

Rekomendasi Asupan Kalsium Untuk Ibu Menyusui

Kalau Mama merasa asupan kalsium harian masih kurang, Mama bisa mencoba konsumsi susu pelancar ASI yang kaya akan kandungan kalsium. Ini dia beberapa rekomendasinya, antara lain:

1. Zoya Mix

daun katuk untuk ASI

Zoya Mix merupakan susu pelancar ASI yang mengandung superfood lain seperti katuk, oat, dan brewer’s yeast. Minuman sereal ini terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan nutrisi ASI, serta memenuhi kebutuhan kalsium Mama.

Inilah kandungan nutrisi di dalamnya, diantaranya:

  1. Kedelai

Menurut penelitian, dalam susu kedelai terdapat kandungan protein mencapai 35 %. Selain itu, terdapat isoflavon, alkaloid, polifenol, steroid yang merangsang hormon prolaktin sehingga dapat meningkatkan produksi ASI.

  1. Daun Katuk

Daun katuk mengandung alkaloid dan sterol untuk meningkatkan produksi ASI karena meningkatkan metabolisme glukosa untuk sintesis laktosa sehingga produksi ASI meningkat.

  1. Oat

Oat mengandung beta-glukan yaitu jenis serat yang dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin. Kadar prolaktin yang lebih meningkat dapat berdampak positif pada produksi ASI.

  1. Ekstrak ragi (brewer’s yeast)

Mengandung chromium, selenium dan beta-glukan yang dapat meningkatkan nutrisi, kuantitas, serta menjaga lemak dalam ASI dari proses oksidasi.

2. Almon Mix

Seperti Zoya Mix, Almon Mix juga merupakan pelancar ASI dengan kandungan utamanya kacang almond. Kandungan nutrisi dalam almond dapat meningkatkan hormon prolaktin sehingga mampu meningkatkan produksi dan pengeluaran ASI. Yang terpenting, almond juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium Mama.

Minuman serbuk pelancar ASI ini dikemas dengan individual sachet sehingga praktis dan pastinya higienis. Cara konsumsinya tinggal seduh satu sachet dengan 200 ml air hangat. Bisa juga ditambahkan es batu, biar makin segeeerrr…

Baca juga: Almon Mix MamaBear Rasa Baru, Solusi Lancar ASI Rendah Gula!

Nah, itu dia penjelasan tentang pentingnya kalsium untuk Ibu menyusui. Gimana, Ma, penasaran dengan rekomendasi susu pelancar ASI dari MamaBear? Cek produknya di sini ya, Ma…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources: 

1. Kalsium untuk Ibu Menyusui: Dosis, Fungsi dan Sumber Terbaik. URL: https://www.sehatq.com/artikel/kalsium-untuk-ibu-menyusui-apa-manfaatnya (diakses 11/10/2023)

2. Manfaat dan Kebutuhan Kalsium Ibu Menyusui Setiap Harinya. URL: https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/kalsium-untuk-ibu-menyusui/ (diakses 11/10/2023)

3. Waspada, Ini Bahaya Defisiensi Kalsium pada Bumil. URL: https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-bahaya-defisiensi-kalsium-pada-bumil-1 (diakses 11/10/2023)

4. Waspada, Ini Bahaya Kekurangan Kalsium pada Ibu Hamil. URL: https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kehamilan/waspada-ini-bahaya-kekurangan-kalsium-pada-ibu-hamil (diakses 11/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.