fbpx
keajaiban ciuman mama image mamabear

Si Kecil adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap orang tua. Melihat wajah lucu, kulit lembut, dan wangi bedak bayi, siapa yang tidak ingin menciumnya? Ternyata, mencium si Kecil tidak hanya sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang, tetapi ada keajaiban di balik ciuman Mama.

Melansir dari berbagai penelitian, ciuman Mama punya banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan bayi, lho, Mam. Apa saja keajaiban di balik ciuman Mama? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Keajaiban Ciuman Mama

Inilah beberapa keajaiban ciuman Mama untuk si Kecil, antara lain:

1. Menguatkan sistem imun

keajaiban ciuman mama image mamabear 1

Sebuah penelitian menemukan bahwa keajaiban ciuman Mama bisa meningkatkan imun bayi. Saat Mama mencium bayi baru lahir, Mama secara tidak langsung memberikan patogen yang mungkin masih menempel di kulit bayi ke tubuh Mama. Patogen ini akan merangsang sel tertentu di tubuh Mama untuk memproduksi antibodi yang berfungsi melawan patogen berbahaya.

Antibodi ini kemudian akan disalurkan kembali ke bayi melalui ASI, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Selain itu, mencium bayi juga akan memberikan bakteri baik yang bisa membuat bayi lebih kebal terhadap penyakit seperti radang telinga atau pilek. Ajaib ya, Mam..

Baca juga: Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak, Perlukah?

2. Meningkatkan kualitas IQ sejak dini

keajaiban ciuman mama image mamabear 2

Mencium si Kecil adalah salah satu bentuk dari penunjukan kasih sayang. Namun, yang tidak banyak diketahui oleh orang tua, keajaiban ciuman Mama ternyata bisa merangsang kecerdasan dan inteligensi bayi.

Melansir dari Halodoc, penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Washington membuktikan bahwa cinta dan kasih sayang dari orang tua, termasuk memberikan ciuman pada bayi memiliki pengaruh positif pada perkembangan otaknya.

Pusat belajar dan ingatan di dalam otak yang juga berkaitan dengan respons terhadap stres disebut Hippocampus. Hippocampus pada anak-anak yang dirawat dengan baik oleh orangtuanya, 10% lebih besar dibandingkan anak-anak yang diabaikan oleh orangtua. Itulah kenapa si Kecil yang lebih banyak mendapat cinta dari orang tuanya, tentunya akan lebih cerdas.

Baca juga: 4 Tanda Si Kecil Sayang Mama, Bikin Baper!

3. Membuat si Kecil belajar tentang empati

keajaiban ciuman mama image mamabear 3

Tak hanya perkembangan otak, keajaiban ciuman Mama juga ternyata memberikan manfaat positif bagi perkembangan emosionalnya. Selain membangun hubungan yang erat antara Mama dan si Kecil, ciuman Mama juga membantu anak memiliki kepribadian yang baik.

Si Kecil yang banyak mendapatkan kasih sayang akan lebih peka tentang apa yang dirasakan oleh orang lain. Saat beranjak dewasa, si Kecil akan mampu berinteraksi lebih baik dengan teman, keluarga, serta orang-orang lain dalam lingkungannya. Hal ini membantu anak membangun sifat empati pada orang lain.

Tips Mencium Bayi

keajaiban ciuman mama image mamabear 4

Mencium bayi harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan risiko infeksi atau iritasi pada kulit bayi. Inilah beberapa tips mencium bayi yang bisa Mama lakukan:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum menyentuh bayi. Ini akan membantu mencegah penularan kuman, bakteri, atau virus yang bisa menyebabkan penyakit pada bayi.
  • Menghindari mencium bayi di mulut, hidung, atau mata. Area-area ini sangat sensitif dan mudah terinfeksi. Jika Mama memiliki luka atau sariawan di mulut, Mama juga bisa menularkan penyakit seperti herpes atau mononukleosis pada bayi.
  • Memilih area yang kurang sensitif untuk mencium bayi, seperti pipi, dahi, atau kaki. Sebaiknya tidak mencium bayi terlalu keras atau lama, karena bisa membuat kulit bayi merah atau iritasi. Jika Mama menggunakan lip balm atau lipstik, bersihkan dulu bibir Mama sebelum mencium si Kecil ya, Mam.
  • Jangan biarkan orang lain asal mencium si Kecil, terutama jika mereka tidak sehat, batuk, pilek, atau demam. Jangan segan untuk beritahu mereka bahwa Mama ingin melindungi si Kecil dari paparan kuman dan penyakit. Jika mereka ingin menyentuh si Kecil, minta mereka untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Itulah beberapa keajaiban ciuman Mama untuk si Kecil. Jadi, tunggu apalagi? Ayo cium si Kecil sekarang, sebanyak-banyaknya, sepuas mungkin. Eitssss, tapi tetap lakukan dengan hati-hati ya, Mam, agar si Kecil tetap nyaman.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearidTikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Siapa Sangka, Ternyata Bayi Suka Dicium, Lo! URL: https://www.halodoc.com/artikel/siapa-sangka-ternyata-bayi-suka-dicium-lo (diakses 11/12/2023)

2. Why Mothers Kiss Their Babies: Emotional Bonds and Health Benefits. URL: https://parentingpatch.com/why-mothers-kiss-their-babies-emotional-bonds-and-health-benefits/ (diakses 11/12/2023)

3. Why Mothers Kiss Their Babies? — Does ImmuneSystem Play as a Protective Receptor of ChemicalDeterminants Involved in Mother-Infant Bonding? URL: https://www.academia.edu/44639293/Why_Mothers_Kiss_Their_Babies_Does_Immune_System_Play_as_a_Protective_Receptor_of_Chemical_Determinants_Involved_in_Mother_Infant_Bonding (diakses 11/12/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.