fbpx

ASI eksklusif memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Tapi memberikan ASI eksklusif tidaklah mudah, terutama bagi Ibu yang bekerja. Lalu, apa saja kunci keberhasilan Ibu pekerja agar tetap bisa mengASIhi si Kecil? Baca artikel ini sampai habis ya, Mama…

Kunci Keberhasilan Ibu Pekerja dalam MengASIhi

Dilansir dari beberapa sumber, inilah cara yang bisa Mama lakukan sebagai Ibu pekerja agar sukses mengASIhi si Kecil, antara lain:

1. Mempersiapkan diri sebelum kembali bekerja

Kunci pertama keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum kembali bekerja. Mama bisa membuat jadwal memompa ASI, memikirkan tempat memompa ASI dan tempat menyimpan ASI di tempat Mama bekerja.

Tidak ada salahnya untuk mengkomunikasikan rencana Mama dengan atasan dan rekan kerja, lho. Mama juga bisa meminta mereka untuk mendukung dan menghormati hak Mama sebagai Ibu menyusui.

2. Memompa dan menyimpan ASI dengan rutin dan teratur

Memompa dan menyimpan ASI dengan rutin dan teratur juga menjadi salah satu kunci keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi. Mama bisa memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan Mama.

Baca juga: Contek Ini yuk! Jadwal Pumping Working Mom

Pompa ASI setiap 2-3 jam sekali, selama 20-30 menit, sesuai dengan jadwal menyusui bayi. Mama juga bisa melakukan teknik power pumping, yaitu memompa ASI dengan interval yang lebih pendek, untuk meningkatkan produksi ASI.

3. Menyimpan ASI dengan benar dan aman

Setelah memompa ASI, kunci keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi adalah menyimpan ASI perah dengan benar dan aman, agar kualitasnya tetap terjaga. Mama bisa menyimpan ASI perah di wadah khusus ASI yang bersih dan steril, dan memberikan label yang mencantumkan tanggal dan jam memompa.

Simpan ASI perah Mama di tempat yang dingin, seperti kulkas atau cooler bag. Perhatikan juga daya tahan ASI ya, Ma. ASI perah bisa bertahan hingga 4-6 jam pada suhu ruangan, 5-7 hari di kulkas, dan 3-6 bulan di freezer.

Baca juga: Yuk, Kenali Panduan Memerah ASI yang Baik dan Benar!

4. Memberikan ASI perah kepada bayi dengan cara yang tepat

Pemilihan media pemberian ASI perah juga jadi kunci keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi. Hindari penggunaan dot ya, Ma. Sebagai alternatifnya Mama bisa memberikan ASI perah dengan menggunakan media seperti cup feeder, botol susu, atau sendok, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan bayi.

Jangan lupa hangatkan ASI perah sebelum diberikan kepada bayi, dengan cara merendamnya di air hangat atau menggunakan penghangat botol. Sebaiknya tidak memanaskan ASI perah di microwave atau kompor, karena bisa merusak kualitas ASI ya, Mama..

5. Menyusui bayi secara langsung saat berada di rumah

Kunci keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi yang penting adalah tetap menyusui secara langsung saat di rumah. Ini bertujuan untuk menjaga produksi ASI dan memperkuat ikatan antara Mama dan si Kecil. Mama bisa menyusui bayi secara langsung saat pagi, malam, dan akhir pekan, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan bayi.

6. Memenuhi asupan gizi seimbang

Asupan gizi dan kesehatan mama sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Usahakan selalu konsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan beragam, serta minum air putih yang cukup.

Mama juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, dengan istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan menghindari stres. Tidak ada salahnya juga mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa melancarkan produksi ASI, seperti superfood dari MamaBear.

7. Mengenakan pakaian yang nyaman

Agar makin praktis dan mudah, Mama perlu mengenakan pakaian yang nyaman untuk mendukung keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi.

Pilih pakaian yang mudah dibuka dan ditutup, seperti kancing, resleting, atau kait. Mama juga bisa memakai bra menyusui yang sesuai dan nyaman, serta menggunakan breast pad untuk menyerap rembesan ASI.

8. Memanfaatkan fasilitas yang mendukung keberhasilan Ibu pekerja mengASIhi

Jika di tempat kerja Mama Busui-friendly, tentu ada beberapa fasilitas yang diberikan, salah satunya ruang laktasi. Mama bisa memanfaatkan fasilitas tersebut agar lebih nyaman dan tenang dalam memberikan ASI eksklusif.

Selain itu, Mama sebaiknya mencari tahu apakah tempat kerja Mama memiliki fasilitas dan kebijakan lain seperti kulkas, pompa ASI, cuti menyusui, dan fleksibilitas jam kerja. Jika tidak ada, Mama bisa mengusulkan fasilitas dan kebijakan tersebut kepada pihak kantor ya, Ma.

Baca juga: 5 Tips Menyusui Minim Drama ala Working Mom

9. Mendapatkan dukungan dari orang terdekat

Saat berjauhan dari si Kecil pasti membuat Mama merasa sedih, eitssss tapi jangan sampai hal ini membuat stres dan menurunkan produksi ASI Mama, yaaa. Dukungan dari orang terdekat, seperti suami, keluarga, pengasuh bayi, rekan kerja, dan atasan, sangat dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi.

10. Mencari informasi dan sumber yang terpercaya dan profesional

Informasi dan sumber yang terpercaya dan profesional, seperti konselor laktasi, dokter, bidan, atau komunitas ibu menyusui, sangat berguna bagi keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi.

Mama bisa berkonsultasi, bertanya, atau berbagi pengalaman dengan mereka, serta mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru tentang ASI eksklusif. Selain itu, Mama juga bisa mengikuti berbagai seminar, workshop, atau kelas online yang membahas tentang ASI eksklusif.

Itulah 10 kunci keberhasilan Ibu pekerja dalam mengASIhi si Kecil. Nggak mudah ya, Maa.. Tapi melihat si Kecil bisa tumbuh sehat dan ceria berkat ASI Mama rasanya capek setelah bekerja hilang ya, Ma. Yuk, share di kolom komen pengalaman Mama pekerja dalam mengASIhi si Kecil…

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearidTikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. Sukses Menyusui Saat Bekerja. URL: https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/sukses-menyusui-saat-bekerja-2 (diakses 30/11/2023)

2. ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja. URL: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1364/asi-eksklusif-pada-ibu-bekerja (diakses 30/11/2023)

3. Keberhasilan ibu bekerja memberikan ASI eksklusif. URL: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJND/article/view/311 (diakses 30/11/2023)

4. Faktor keberhasilan ibu pekerja dalam memberikan ASI eksklusif di Puskesmas Sedayu I, Bantul, Yogyakarta. URL: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJND/article/view/314 (diakses 30/11/2023)

5. 9 Kiat Sukses Pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu yang Bekerja. URL: https://www.klikdokter.com/ibu-anak/ibu-menyusui/tips-sukses-ibu-bekerja-memberikan-asi-eksklusif-bagi-bayi (diakses 30/11/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.