fbpx

Bercak mongol merupakan salah satu tanda lahir yang muncul pada kulit bayi ketika baru lahir. Bercak mongol umumnya terlihat seperti lebam pada kulit. Dalam istilah medis, bercak mongol disebut sebagai congenital dermal melanocytosis. Bercak mongol terjadi akibat munculnya pigmen pada kulit dengan ditandai bercak berwarna biru keabu-abuan. Umumnya, bercak mongol terlihat di sekitar area punggung dan pantat bayi. Terkadang, bercak Mongol pada bayi seringkali dianggap sebagai tanda lahir, padahal bercak Mongol muncul karena adanya permasalahan pada pigmen kulit. Kehadiran bercak Mongol pada bayi tidak bisa dihindari atau dicegah.

Bayi Baru Lahir dan Bercak Mongol

Bayi yang memiliki bercak Mongol di tubuhnya, umumnya akan terlihat seperti memiliki lebam. Meskipun bercak mongol terlihat seperti lebam, faktanya warna biru keabu-abuan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi. Jadi Mama nggak perlu khawatir jika bayi Mama memiliki bercak mongol di tubuhnya. 

Bercak mongol adalah bercak hiperpigmentasi yang umumnya ditemukan pada bayi yang baru lahir. Warna yang ada pada bercak mongol terjadi akibat terperangkapnya melanosit di dalam lapisan kulit dermis ketika hendak menuju ke epidermis. Melanosit merupakan sel yang dapat menghasilkan pigmen kulit atau warna pada kulit. Ketika melanosit terperangkap dalam lapisan kulit dermis, maka dapat timbul warna biru keabu-abuan, hijau keabu-abuan, atau warna bercak mongol lainnya.

Bercak Mongol pada bayi biasanya bertekstur halus dan memiliki warna biru atau biru keabu-abuan, muncul ketika bayi baru lahir atau beberapa hari setelahnya, memiliki ukuran 2 hingga 8 cm, dan penyebarannya tampak di beberapa bagian tubuh bayi. Umumnya, bercak Mongol pada bayi tidak menimbulkan rasa sakit dan akan pudar seiring dengan bertambahnya usia bayi.

Benarkah Bercak Mongol Berbahaya bagi Bayi?

Bercak Mongol pada bayi tidak berisiko buruk bagi kesehatan. Umumnya, bercak ini hanya akan membuat bayi tampak memiliki lebam di tubuhnya. Namun ketika tumbuh besar, bercak tersebut akan menghilang dari tubuh bayi. Sama seperti bayi lainnya, bayi dengan bercak mongol di tubuhnya dapat tumbuh dengan baik dan normal, tanpa ada masalah kesehatan yang ditimbulkan dari bercak ini. Namun meskipun bercak mongol tidak berbahaya, terdapat beberapa kasus yang menemukan bahwa bercak mongol memiliki hubungan erat dengan kondisi metabolik langka. 

Di sejumlah kecil kasus tersebut, bercak mongol diduga berkaitan dengan penyakit seperti niemann pick, monositosis, dan sindrom Hunter. Untuk memastikan hal tersebut, jika diperlukan Mama bisa mengkonsultasikan bercak Mongol yang ada di bayi Mama kepada tenaga kesehatan. Namun jika bayi tidak menunjukkan reaksi atau gejala sakit tertentu akibat adanya bercak Mongol pada tubuh bayi, Mama tidak perlu risau karena bercak Mongol sama sekali tidak berbahaya bagi bayi. Kondisi tersebut merupakan hal yang umum dan lumrah terjadi pada bayi di kawasan Asia.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bercak Mongol?

Umumnya bercak mongol pada si kecil akan hilang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia anak. Namun, terdapat beberapa kasus di mana bercak mongol akan bertahan sampai anak tumbuh hingga dewasa. Bercak Mongol yang terletak di beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, dan kaki mungkin akan menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi si kecil. Jika si kecil mengalami hal tersebut, Mama tidak perlu khawatir karena terdapat pengobatan yang bisa menghilangkan bercak mongol pada tubuh. Ada perawatan laser bernama laser Alexandrite yang dapat digunakan untuk menghilangkan bercak mongol pada tubuh. Untuk mendapatkan perawatan tersebut, Mama bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan. Jika pengobatan tersebut dibutuhkan, Mama dapat membantu mendampingi anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Baiknya, jika ingin menghilangkan bercak mongol pada tubuh, lakukan perawatan laser ketika anak belum mencapai usia 20 tahun.

Informasi yang telah MamaBear sampaikan di atas, semoga dapat memberi penjelasan pada Mama tentang bercak mongol, ya. Siapa Mama di sini yang bayinya memiliki bercak mongol juga? 

Penulis : Nafisatul Umah

Editor : Mega Pratidina

Source : 

Berbahayakah Bercak Mongol Bagi Si Kecil? Ini Faktanya (halodoc.com)

Mengenal Bercak Mongol, Tanda Lahir Mirip Lebam pada Bayi (cantik.tempo.co) 

Mongolian spots: How important are they? (ncbi.nlm.nih.gov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.