fbpx

Mama yang sedang deg-deg an menunggu kelahiran bayi, pasti sudah mempersiapkan berbagai hal jelang persalinan. Namun, biasanya yang sering terlewat adalah persiapan menyusui. Agar semakin siap menghadapi proses menyusui, ada baiknya Mama melakukan konsultasi laktasi. Ini penjelasannya, Ma…

Konsultasi Laktasi Saat Hamil

Konsultasi laktasi merupakan salah satu upaya agar Mama memiliki informasi apa saja yang perlu dilakukan saat masa kehamilan dan saat menyusui agar proses dapat berjalan lancar.

Informasi yang dibahas seputar anatomi payudara, proses produksi ASI, cara menyusui yang benar, membahas manajemen menyusui dan kendala-kendala yang mungkin dihadapi Mama selama proses menyusui.

Menurut WHO, konsultasi laktasi dapat Mama lakukan pada usia kehamilan yaitu pada usia 28-36 minggu.

Pentingnya Konsultasi Laktasi

konsultasi menyusui

Melakukan konsultasi laktasi sejak masa kehamilan bisa meningkatkan percaya diri Mama saat menyambut kelahiran bayi nanti. Percaya bahwa Mama bisa menyusui si Kecil merupakan hal yang penting agar tetap semangat dalam menjalani setiap prosesnya.

Selain itu, konsultasi laktasi juga bisa berpengaruh pada risiko stres yang timbul saat menyusui. Apabila Mama sudah dibekali ilmu seputar menyusui, Mama akan lebih sigap dan tenang saat menemui tantangan dalam proses menyusui.

Yang terpenting lagi, dengan melakukan konsultasi laktasi bisa membantu menyukseskan program ASI eksklusif pada enam bulan pertama kelahiran bayi. Karena ASI merupakan makanan utama si Kecil yang memiliki nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang dan daya tahan tubuh mereka.

Baca juga: 5 Keajaiban Menyusui untuk Stimulasi Indra Si Kecil

Tips Memilih Konselor Laktasi

Seorang konselor laktasi adalah seorang profesional kesehatan yang mengkhususkan diri dalam menyusui. Ada beberapa peran mereka, antara lain:

  • Menjawab pertanyaan apa pun tentang menyusui;
  • Mengajari Mama cara menyusui dengan benar;
  • Membantu Mama mengatasi masalah yang timbul saat proses menyusui, seperti puting lecet, suplai ASI, pelekatan mulut bayi, dan sebagainya.

Sebagai tempat sharing yang terpercaya, pastinya Mama pengen dong memilih konselor laktasi yang cocok. Pilihlah konselor yang sudah memiliki sertifikat, agar lebih kredibel dalam memberikan informasi.

Konselor laktasi bisa Mama temui di beberapa rumah sakit atau klinik. Ada juga konselor menyusui yang membuka sesi konsultasi secara online, seperti MamaBear. Cek infonya di bawah ini ya, Ma…

konsultasi menyusui
Source : Dokumentasi MamaBear

Jangan ragu ya, Ma, untuk menghubungi konselor laktasi agar menyusui no drama drama club dan Mama lebih enjoy menikmati prosesnya.

Dapatkan Informasi seputar ASI dan menyusui dengan mengunjungi Instagram @mamabearid, TikTok @mamabear_id, dan channel YouTube MamaBear Pelancar ASI. Sampai bertemu di artikel edukASI dan inspirASI lainnya!

Sources:

1. What Is a Lactation Consultant? URL: http://What Is a Lactation Consultant? (diakses 11/10/2023)

2. Ini Peran Konsultan Laktasi bagi Ibu Menyusui. URL: https://www.alodokter.com/ini-peran-konsultan-laktasi-bagi-ibu-menyusui (diakses 11/10/2023)

3. What to Expect From a Lactation Consultant. URL: https://www.verywellfamily.com/what-to-expect-from-a-lactation-consultant-431823 (diakses 11/10/2023)

4. The Effectiveness of Lactation Consultants and Lactation Counselors on Breastfeeding Outcomes. URL: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26644419/ (diakses 11/10/2023)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.